Saya Menguji ‘TV Gratis’ yang Ramai Dibicarakan di Internet dan Hasilnya Jauh Lebih Baik dari yang Diharapkan

June Wan/ZDNET

Hasil Utama ZDNET tentang Telly

Telly menjanjikan TV gratis sebagai imbalan atas data dan beberapa iklan Anda.
Iklan-iklan tersebut tidak seberisik yang saya kira, dan kualitas audio dan video sangat baik.
Kamera bawaan tidak hanya menambahkan fitur yang berguna tetapi juga menawarkan beberapa cara interaksi baru yang menyenangkan.

Ketika pertama kali mendengar tentang program Telly – yang menawarkan televisi 55 inci sepenuhnya gratis jika Anda bersedia melihat beberapa iklan – saya tidak tertarik. Mengapa repot-repot dengan televisi yang akan membanjiri saya dengan iklan jika Anda bisa mendapatkan televisi pintar 55 inci yang cukup baik dengan harga di bawah $400?

Namun, daya tarik dari TV gratis dan rasa ingin tahu sederhana membuat saya mendaftar program ini pada bulan Juni. Saya hampir melupakannya sampai pertengahan Desember ketika saya menerima email yang meminta saya untuk melengkapi pesanan saya karena saya diterima dalam program beta.

Dan sekarang, setelah lebih dari sebulan dengan Telly, saya tidak menyesal mendaftar sama sekali.

Sebelum kita membahas bagian teknis, saya ingin menunjukkan bahwa ini adalah TV terberat yang pernah saya temui dalam waktu yang lama. Ini adalah satu-satunya TV yang pernah saya terima oleh dua orang. Tapi, hal itu masuk akal mengingat adanya layar kedua. Layar bawah juga berarti TV ini sedikit lebih tinggi dari semua TV lain – hampir 40 inci – jadi Anda memerlukan meja yang lebih rendah.

Ketika saya pertama kali menghidupkan TV saya, sebuah iklan aplikasi kredit diputar di layar utama. Layar bawah menampilkan cuaca, skor NFL, artikel berita, berita tergelincir, dan iklan untuk rumah sakit setempat. Iklan itu menempati sekitar seperlima dari layar bawah.

Pikiran pertama saya adalah “Cuman itu?”

Iklan-iklan tersebut tidak seberisik yang saya harapkan. Iklan di bagian bawah kadang-kadang memperluas untuk mengisi seluruh layar kedua, tetapi tidak sering. Dan Telly mengerti apa yang Anda tonton – misalnya, pertandingan NFL, dan menampilkan iklan yang relevan. Saya dengan cepat dapat menavigasi ke tempat yang saya inginkan di layar utama, dan iklan yang berputar di layar bawah cocok dengan informasi lainnya… informasi yang mulai saya temukan berguna.

MEMBACA  Bagaimana membangun kit darurat musim dingin (dan mengapa Anda harus)

Layar bawah menampilkan beberapa widget yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan (saya memilih keluar dari widget harga saham). Pada pengaturan saya, satu widget menampilkan cuaca lokal, satu menampilkan skor NFL, dan satu menawarkan berita utama dari sumber-sumber yang saya pilih. Ada juga berita berjalan di bagian bawah dan iklan kecil di sebelah kanan.

Ketika saya menghidupkan konten pertama saya, saya menemukan bahwa layar kedua sama sekali tidak mengganggu. Bahkan, saya menikmatinya. Melihat skor NFL tanpa harus memeriksa ponsel saya sangat nyaman, dan saya melihat beberapa berita yang membuat saya mencari informasi lebih lanjut. Telly tidak membanjiri saya dengan iklan seperti yang saya pikirkan; sebaliknya, ia memberikan informasi yang berguna yang disesuaikan dengan minat saya.

Satu kekurangan kecil adalah bahwa Telly bukanlah TV pintar. Ia dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang telah diinstal sebelumnya seperti Zoom dan Spotify, tetapi Anda tidak dapat menambahkan lebih banyak. Semua konten streaming Anda diakses melalui dongle Android yang dicolokkan ke port HDMI. Ini tetap dapat diakses dengan sempurna; hanya memerlukan langkah tambahan dan remote kedua.

TV ini memiliki input standar di bagian belakang – sepasang USB, tiga port HDMI 2.1 (satu di antaranya adalah eARC untuk soundbar), dua audio out, dan kabel/antena masuk. Ada juga lampu LED bawaan di bagian belakang. Menu pengaturan memungkinkan Anda mengubahnya menjadi salah satu dari sembilan warna, mengontrol kecerahan, atau menonaktifkannya sepenuhnya. Saya memiliki lampu latar LED pihak ketiga di TV utama saya, dan saya menghargai opsi untuk mengontrol Telly langsung dari pengaturan.

Ada kamera di Telly, yang saya coba dengan panggilan Zoom. Kualitas kamera yang dilihat orang lain tidak luar biasa, tetapi sudah cukup baik untuk tujuan tersebut. Ada janji akan lebih banyak konten yang menggunakan kamera seperti kebugaran, bermain game, dan bahkan acara nonton bareng di mana Anda melihat teman Anda di layar kedua saat Anda semua menonton hal yang sama, tetapi fitur-fitur tersebut belum tersedia. Kamera ditutupi oleh penutup fisik ketika tidak digunakan.

MEMBACA  YouTube akan mengarahkan Anda ke video pertolongan pertama yang tepat saat terjadi keadaan darurat.

TV ini juga dilengkapi dengan koleksi permainan, termasuk beberapa yang dimainkan di layar utama dan beberapa yang dapat dimainkan di layar bawah saat menonton konten di layar utama. Permainan-permainan ini dikendalikan oleh remote TV dan termasuk klasik seperti Asteroids, Breakout, Centipede, Crossy Road, Deal or No Deal, Trivia Crack, dan lainnya. Telly menjanjikan bahwa permainan yang dikendalikan gerakan akan segera hadir.

Lalu, bagaimana penampilan dan suara TV ini? Lebih baik dari yang saya harapkan.

Dalam hal spesifikasi sebenarnya, Telly cukup merahasiakan hal-hal saat datang ke tampilan. Ini memiliki kemampuan 4K dengan refresh rate 60Hz dan dukungan HDR dan HDR10+, tetapi tidak ada dukungan VRR. Pengaturan gambar mencakup penggeser kecerahan dan kontras dasar bersama dengan menu “lanjutan” yang mencakup tuner warna plus saklar untuk pengurangan noise dan mode film.

Saya menemukan kualitas gambar sesuai dengan kebanyakan TV yang saya lihat, dan meskipun TV ini tidak tampak memiliki local dimming, kontrasnya bagus. Saya menonton TV di lingkungan terang dengan banyak cahaya alami, tetapi Telly menanganinya dengan baik. Kecerahan TV secara otomatis disesuaikan dengan ruangan.

Audio dalam TV ini mengejutkan saya, karena kebanyakan televisi dengan harga terjangkau memiliki suara yang kurang baik. Tapi tidak dengan Telly. Tentu saja, suara tersebut secara teknis tidak berasal dari TV karena ada soundbar Dolby bawaan yang terletak di antara kedua layar. Tetapi suaranya cukup keras, mencapai tingkat maksimum yang tidak akan saya gunakan, dan speaker-speaker tersebut memberikan getaran bass yang cukup baik selama adegan-adegan aksi. Dialog terdengar jelas dan jernih, sesuatu yang menurut saya banyak TV kesulitan dalam hal ini.

MEMBACA  Penawaran Terbaik Sonos: Hemat untuk Move, Roam dan Lainnya

Kekurangan kecil adalah tidak adanya pengaturan suara jika Anda ingin menyesuaikan hal-hal – bahkan tidak ada profil suara yang dapat dipilih. Tetapi saya menemukan pengaturan standar cukup baik untuk semua yang saya coba. Ketika saya menyambungkan PS5 saya, saya mendapatkan apa yang saya harapkan – tampilan yang baik yang menangani setiap permainan yang saya coba tanpa buram atau terputus-putus. Tidak ada pilihan atau pengaturan permainan yang mewah seperti TV lainnya, tetapi saya merasa puas bermain game di TV ini.

Rekomendasi pembelian ZDNET

Memang benar bahwa sebagian fitur Telly – kamera bawaan, asisten suara, dan bahkan pencahayaan belakang bawaan, tidak unik. Layar kedua adalah kebaruan di sini. Mengingat bahwa premis Telly pada dasarnya adalah “setiap televisi menjual data Anda, mengapa pelanggan tidak mendapatkan sesuatu sebagai imbalan?” Saya berharap layar kedua tersebut menjadi banjir iklan yang jelas. Sebaliknya, saya mendapat dorongan halus untuk memeriksa skor kredit saya dan membeli sepatu.

Seperti semua televisi, saya yakin bahwa Telly mengumpulkan data tentang acara yang saya tonton dan mengirimkannya ke tempat yang tidak diketahui. Tetapi, jika Anda bersedia menghadapi fakta tersebut (yang Anda lakukan jika Anda memiliki hampir semua TV pintar), Telly adalah kesempatan yang cukup bagus untuk mendapatkan TV inovatif dan gratis. TV ini tidak akan memenangkan penghargaan untuk kualitas video dan tidak memiliki pilihan canggih untuk para gamer, tetapi ini cukup baik untuk sebagian besar pengguna – termasuk saya sendiri.