Inflasi konsumen China bulan Juni meleset dari ekspektasi di tengah permintaan yang lemah

BEIJING (Reuters) – Harga konsumen China tumbuh selama lima bulan pada bulan Juni tetapi melebihi ekspektasi, sementara deflasi harga produsen tetap berlanjut, karena langkah-langkah dukungan pemerintah menggerakkan pemulihan yang bergejolak bagi ekonomi terbesar kedua di dunia.

Beijing telah berusaha untuk menghidupkan kembali konsumsi setelah pemulihan pasca-COVID yang tersendat, tetapi kekhawatiran masih mengendap terkait isu-isu yang lebih fundamental termasuk penurunan pasar perumahan yang berkepanjangan dan ketidakpastian pekerjaan. Hal ini telah merusak aktivitas konsumen dan industri, dan memperkuat panggilan untuk kebijakan yang lebih efektif.

Indeks harga konsumen (CPI) pada bulan Juni naik 0,2% dari tahun sebelumnya, melawan kenaikan 0,3% pada bulan Mei, laju terendah dalam tiga bulan, data dari Biro Statistik Nasional (NBS) menunjukkan pada hari Rabu, di bawah kenaikan 0,4% yang diprediksi oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters.

“Risiko deflasi belum lenyap di China. Permintaan domestik tetap lemah,” kata Zhiwei Zhang, ekonom kepala di Pinpoint Asset Management.

Harga makanan turun lebih banyak, meskipun gangguan pasokan yang disebabkan oleh cuaca buruk, menegaskan permintaan yang lemah.

Harga makanan turun 2,1% secara tahunan, dibandingkan dengan penurunan 2% pada bulan Mei. Terutama, harga sayuran segar turun 7,3%, turun dari 2,3% pada bulan Mei, dan penurunan harga buah segar menjadi 8,7% dari 6,7% pada bulan Mei.

CPI turun 0,2% secara bulanan, dibandingkan dengan penurunan 0,1% pada bulan Mei dan memburuk dari perkiraan penurunan 0,1%.

Indeks harga produsen (PPI) turun 0,8% pada bulan Juni dari tahun sebelumnya, kurang dari penurunan 1,4% pada bulan sebelumnya, dan sesuai dengan perkiraan penurunan 0,8%. Penurunan PPI adalah yang terkecil dalam 17 bulan.

MEMBACA  Pemilihan India berakhir dengan penghitungan suara pada hari Selasa. Inilah yang perlu diketahui.

(Pelaporan oleh Qiaoyi Li dan Ryan Woo; Pengeditan oleh Jacqueline Wong)