Laptop Surface terbaru dari Microsoft disebut-sebut akan menjadi ‘PC AI’ pertamanya

Microsoft bersiap untuk meningkatkan jajaran produk Surface-nya dengan fitur-fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), menurut laporan dari Windows Central. Sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 yang akan datang akan dilengkapi dengan unit pemrosesan saraf (NPU) generasi baru, bersama dengan pilihan Intel dan berbasis Arm.

Pc berbasis Arm dari Microsoft akan ditenagai oleh chip Snapdragon X terbaru dari Qualcomm, melaporkan Windows Central. Pc ini, yang memiliki kode nama CADMUS, kabarnya dirancang untuk menjalankan fitur-fitur AI yang Microsoft kemas dalam rilis Windows mendatang. Mereka juga akan dilengkapi dengan peningkatan kinerja, masa pakai baterai, dan keamanan yang sejajar dengan teknologi Apple silicon, menurut Windows Central. Sementara itu, versi Intel dari pc ini kabarnya akan menggunakan chip generasi ke-14 terbaru dari perusahaan tersebut.

Selain peningkatan internal, Surface Pro 10 kabarnya akan memiliki layar yang lebih terang yang mendukung teknologi HDR dan dilapisi dengan lapisan anti silau, serta memiliki opsi resolusi 2160 x 1440 atau 2880 x 1920. Bahkan mungkin memiliki sudut yang melengkung, mirip dengan lini produk Microsoft Surface Laptop Studio, dan mendukung Type Cover baru dengan tombol yang membuka Windows Copilot, menurut Windows Central.

Sementara itu, Windows Central melaporkan bahwa Surface Laptop 6, yang merupakan model yang lebih kecil, akan memiliki layar berukuran sedikit lebih besar, yaitu 13,8 inci (naik dari layar 13,5 inci pada Surface Laptop 5), sementara model 15 inci akan tetap sama ukurannya. Seperti Surface Pro 10, perangkat ini kabarnya akan memiliki tampilan melengkung dengan bezel yang lebih tipis. Menurut Windows Central, perangkat ini juga dapat memiliki banyak port baru, termasuk dua port USB-C, satu port USB-A, dan satu port untuk pengisian Surface Connect. Perangkat ini juga dikabarkan dilengkapi dengan touchpad haptik dan tombol keyboard yang didedikasikan untuk Windows Copilot.

MEMBACA  Ella Purnell Membahas Twist Besar Akhir Musim Fallout

Microsoft diperkirakan akan merilis Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 pada tahun depan. Namun, menurut laporan Windows Central, perubahan desain yang lebih signifikan untuk Surface Pro mungkin akan hadir pada tahun 2025, bersama dengan Surface Laptop Studio yang diperbarui.