Gerhana matahari 2024 yang akan datang adalah langka. Namun seberapa langka sebenarnya itu?

Anda mungkin telah mendengar bahwa gerhana matahari total yang sangat keren akan segera terjadi — dan Anda sebaiknya jangan melewatkannya, karena kejadian seperti ini jarang terjadi. Namun, seberapa jarang sebenarnya?

Gerhana matahari total — ketika bulan melewati antara matahari dan Bumi dan sepenuhnya menutup matahari selama beberapa menit — rata-rata terlihat di suatu tempat di planet kita setiap 18 bulan. Namun, lebih dari 70 persen permukaan planet kita adalah lautan, sehingga berada di tempat yang dapat diakses (di daratan) jauh lebih jarang. Dan lebih jarang lagi adalah tinggal di tempat di mana peristiwa ini terjadi — artinya Anda tidak perlu melakukan perjalanan ratusan mil atau bahkan ke benua lain untuk melihatnya.

“Jarang bagi gerhana itu datang ke Anda,” kata Richard Fienberg, seorang ahli astronomi dan penasihat senior di American Astronomical Society, kepada Mashable.

Berapa sering gerhana matahari total terjadi?
Ketika bulan sepenuhnya menutup matahari, itu menciptakan bayangan di Bumi. Saat bayangan ini bergerak, itu menciptakan “jalur totalitas,” yang merupakan pita yang relatif sempit yang melintasi permukaan. Siapa pun yang berdiri di dalam jalur ini akan melihat gerhana matahari total (jika cuaca dan awan memungkinkan). Pada 8 April 2024, pita gerhana ini akan memiliki lebar 115 mil.

Secara krusial, jarang bagi lokasi tertentu di Bumi untuk mengalami gerhana matahari total. “Secara rata-rata, sekitar 375 tahun berlalu antara munculnya dua gerhana total dari tempat yang sama. Tetapi interval tersebut terkadang bisa jauh lebih lama!” NASA menjelaskan.

Ada jenis gerhana matahari lain yang terjadi, seperti gerhana sebagian atau annular, namun ini tidak ada duanya dengan gerhana matahari total, di mana korona samar matahari terungkap.

MEMBACA  Co-Pilot Pro Baru dari Microsoft Menghadirkan Fitur Office yang Didukung AI kepada Konsumen

Karena alasan ini, para penggemar gerhana (kadang disebut “pemburu gerhana”) mengejar bayangan gerhana total di mana pun mereka jatuh, yang seringkali berada di laut. Gerhana matahari total terjadi sekitar setiap satu atau dua tahun sekali. “Itulah mengapa sebagian besar gerhana yang pernah saya saksikan terjadi di atas kapal pesiar,” kata Fienberg, yang perjalanan untuk melihat gerhana yang akan datang pada 8 April 2024 akan menjadi pengalamannya yang ke-15.

Jadi jika ada gerhana di daratan, dan di tempat yang dapat diakses, itu adalah kesempatan yang menarik. Hampir pasti itu adalah satu-satunya kesempatan bagi jutaan orang untuk mengalami totalitas dari rumah. Misalnya, setelah gerhana matahari total pada 8 April 2024 — yang melintasi jalur timur laut panjang di Amerika Serikat — 48 negara bagian tidak akan mengalami gerhana seperti itu lagi selama lebih dari 20 tahun, hingga 23 Agustus 2044. Dan peristiwa itu hanya melintasi sebagian kecil Amerika Serikat sebelum melintasi ke utara melalui Kanada dan ke Arktik. Namun, gerhana lain akan melintasi sebagian besar negara itu pada tahun 2045.

Mengalami totalitas, ketika Anda dapat melihat korona matahari, dunia menjadi gelap, dan hewan-hewan mulai bertindak aneh, adalah pengalaman yang mengharukan. Itulah mengapa Fienberg pasti mendorong siapa pun yang tinggal di jalur atau dekat dengannya untuk melihatnya. Dan dari pengalaman pribadi, jika Anda memiliki kesempatan, itu juga layak melakukan perjalanan jauh untuk pemandangan luar biasa tersebut. Jadikan itu sebagai perjalanan.

Kisah ini telah diperbarui dengan informasi lebih lanjut tentang gerhana matahari total pada 8 April 2024.