Berapa Harga iPhone 16? Ini yang Perlu Diharapkan

Di luar semua presentasi mencolok tentang spesifikasi kamera dan kapasitas baterai, salah satu pertanyaan paling penting yang mengintai setiap pengungkapan ponsel baru adalah berapa harganya? Bulan-bulan sebelum pengumuman iPhone 16 yang diantisipasi, pertanyaan tersebut sudah mulai dibahas dan dispekulasikan.

Rumor bertebaran mengenai generasi berikutnya dari handset Apple, yang diperkirakan akan disebut iPhone 16. Itu termasuk tebakan tentang penampilan ponsel, ukuran layar, dan fitur AI yang akan datang. Meskipun perangkat tidak diharapkan akan dirilis hingga musim gugur, orang-orang yang berharap untuk meng-upgrade mungkin ingin segera mulai merencanakan anggaran sekarang, terutama karena iPhone unggulan dihargai dalam kisaran premium. Jadi, berapa harga yang mungkin kita lihat?

Baca lebih lanjut: Fitur-fitur yang Kita Harapkan Dari iPhone Berikutnya Apple

Meskipun fitur yang ditingkatkan, harga awal dari model dasar iPhone tetap konsisten selama beberapa tahun terakhir. Setiap model dasar antara iPhone 12 dan 15 dihargai $799 pada saat rilisnya. Perangkat Pro juga tetap di $999 sepanjang waktu tersebut.

Kenaikan harga terjadi pada iPhone 15 Pro Max yang mahal tahun lalu, yang dijual dengan harga $1,199, $100 lebih dari pendahulunya. Apple menghilangkan opsi penyimpanan 128GB terendahnya, membuat 256GB menjadi dasar yang baru (lebih mahal). 15 Pro Max juga memiliki lensa periskop, yang menawarkan zoom 5x yang tidak ditemukan bahkan pada 15 Pro yang lebih kecil.

Saat inflasi meningkatkan harga hampir semua hal lain, dan rumor menunjukkan bagian-bagian baru iPhone menjadi lebih mahal, tidak jelas apakah Apple dapat menahan diri untuk tidak menaikkan harga untuk ponsel unggulannya. Inilah yang kami dengar.

Komponen dan kamera: iPhone 16 terduga biaya naik

MEMBACA  Segala Sesuatu yang Dihilangkan oleh Big Tech pada 2023

Faktor eksternal seperti biaya produksi yang lebih tinggi berpotensi mendorong Apple untuk menaikkan harga pada lini produk mendatangnya. Menurut Nikkei Asia, biaya produksi yang diperkirakan dari iPhone 15 Pro Max adalah $558, meningkat 12% dibandingkan dengan 14 Pro Max. Biaya komponen untuk perangkat lain dalam lini iPhone 15 juga dilaporkan meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya: 15 Pro sebesar 8%, Plus sebesar 10%, dan standar sebesar 16%. Meskipun Apple belum menaikkan harga ritel sebagai hasilnya, Nikkei Asia menyarankan bahwa perlu melakukannya, atau “laba perusahaan akan akhirnya terkena dampak.”

Rumor tentang kamera yang lebih mahal di iPhone 16 Pro dan Pro Max lebih lanjut menunjukkan bahwa perangkat tersebut mungkin memiliki harga yang lebih tinggi juga. Menurut Economic Daily, Apple mungkin menggunakan lensa kaca cetak tinggi untuk membuat ponselnya lebih ringan dan lebih tipis serta meningkatkan jarak zoom optik.

Di satu sisi, Apple mungkin merasa terdorong untuk mendorong biaya yang semakin meningkat ini kepada pelanggannya. Di sisi lain, biaya hidup yang lebih tinggi membuat banyak konsumen untuk menahan diri, dan Apple mungkin tidak ingin mengisolasi calon kandidat untuk meng-upgrade ponsel.

Rumor lain telah menyarankan harga sebenarnya bisa turun untuk iPhone 16, menurut salah satu sumber, karena Apple bisa mengubah cara membuat chipset A17 Bionic-nya untuk mengurangi biaya. Biaya produksi yang lebih rendah itu potensial dapat memberikan keuntungan kepada konsumen, tetapi itu hanya spekulasi.

Jadi, apa artinya semua ini pada akhirnya bagi harga iPhone 16? Mungkin, mengingat biaya produksi yang meningkat dan komponen yang lebih canggih, kita akan melihat kenaikan harga di seluruh lini produk mendatang, meskipun tidak jelas seberapa besar. Masih terlalu dini sehingga sama mungkinnya untuk mengasumsikan harga bisa tetap stagnan. Sementara itu, kami akan terus memperbarui ini dengan detail baru dalam rangkaian menuju pengungkapan musim gugur yang diantisipasi dari lini produk mendatang Apple.

MEMBACA  Pendorong Premium 'gratis' X memberikan orang tanda centang biru yang tidak diminta