Android 15 diumumkan: Inilah 8 fitur menarik (atau berguna) yang akan datang ke ponsel Anda

Google melakukan serangan di Mountain View, California, mengumumkan sejuta dan satu kemajuan dalam AI, perubahan yang akan datang ke produk dan layanannya, dan — tentu saja — Android 15. Versi baru dari sistem operasi seluler paling banyak digunakan akan tiba nanti tahun ini, dan selama konferensi pengembang I/O perusahaan, kami mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang versi baru ini akan mampu lakukan.

Juga: 9 pengumuman terbesar di Google I/O 2024: Gemini, Pencarian, Proyek Astra, dan lainnya

Jawaban singkatnya? Banyak, tetapi tidak ada yang akan membuat Android tidak dikenali. Google terus membangun di atas Material You dan platform Android yang matang, sambil juga membantunya beradaptasi dengan faktor bentuk baru seperti lipatan. Perusahaan ini juga mengambil pendekatan yang sangat berorientasi pada privasi, kemungkinan untuk lebih baik bersaing dengan semua fitur privasi di iOS Apple.

Di atas sejumlah fitur AI baru yang didukung oleh Gemini, serta fitur yang sudah ditemukan dalam beta awal sistem, berikut delapan fitur baru yang baru saja dikonfirmasi oleh Google sedang dalam perjalanan ke Android 15.

1. Ruang Pribadi Google

Ponsel Android telah memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengunci aplikasi tertentu di belakang sidik jari atau sandi untuk beberapa waktu, tetapi sekarang, Google membangun kemampuan ini langsung ke dalam Android 15 melalui Ruang Pribadi.

Fitur ini memungkinkan Anda mengunci aplikasi apa pun yang tidak ingin dilihat atau digunakan oleh mata-mata, seperti aplikasi perbankan atau kesehatan. Kemudian akan mengisolasi data dan pemberitahuan dari aplikasi tersebut sehingga tetap benar-benar tersembunyi, dan Anda bahkan dapat menyembunyikan keberadaan ruang pribadi Anda sama sekali. Fitur ini menggunakan sidik jari Anda untuk keamanan, tetapi Anda selalu dapat mengatur kunci kustom jika Anda ingin membuatnya lebih sulit untuk ditembus.

Jelas, perusahaan pihak ketiga akan mengintegrasikan Ruang Pribadi dengan berbagai cara, tetapi landasan fitur tersebut sekarang akan berakar pada Android 15.

MEMBACA  "Saya hancur" - Penderitaan sandera Israel atas suaminya yang ditahan di Gaza oleh Hamas

2. Pengalaman yang lebih baik di layar yang lebih besar

Android 15 membuat lebih mudah bagi pengembang untuk menyesuaikan aplikasi mereka dengan tampilan yang lebih besar yang ditemukan pada tablet dan lipatan, semua berkat perpustakaan tata letak adaptif Compose AI baru.

Dengan menggunakan Compose, Google mengatakan pengembang akan lebih mudah memastikan UI aplikasi mereka beradaptasi dengan baik di berbagai ukuran jendela, layar, orientasi, dan lainnya. API menyediakan komponen yang membuat lebih mudah elemen UI untuk beradaptasi dengan tampilan di mana mereka berada, bukan hanya meregang atau menyusut tergantung seberapa besar layar itu. API membuat lebih mudah untuk menyembunyikan elemen tertentu, mengubah orientasi, menggunakan ekstensi panel untuk menyembunyikan atau menunjukkan bagian-bagian tertentu dari aplikasi, dan lainnya.

Juga: Fitur AI yang halus (tapi bermanfaat) ini adalah pengumuman favorit saya di Google I/O 2024

Google juga meningkatkan pengalaman stylus di Android 15 dengan alat pengembang baru untuk memastikan latensi tetap rendah di aplikasi pihak ketiga. Menulis dengan stylus Anda sambil memanipulasi layar dengan tangan lain seharusnya juga berfungsi lebih baik. Selain itu, perusahaan memastikan bahwa pengembang memiliki alat yang mereka butuhkan untuk membuat penggunaan keyboard dan mouse lebih ramah pengguna saat di aplikasi pihak ketiga, serta memastikan bahwa game beradaptasi dengan baik dengan layar seberapa pun besarnya. Ini adalah titik kesulitan besar bagi pengguna ponsel lipat karena sulit bagi aplikasi untuk tahu cara meregangkan konten mereka, jadi semoga perubahan di balik layar ini akan memperbaiki hal-hal.

3. Lebih banyak ‘barang’ di Google Wallet

Anda tahu bagaimana Anda memiliki banyak “barang” di dompet fisik Anda, seperti kartu keanggotaan dan tiket? Sekarang, Anda dapat mendigitalkannya semua dan menambahkannya ke Google Wallet Anda. Perusahaan menambahkan opsi untuk menambahkan versi digital dari setiap tiket yang berisi teks, sehingga Anda dapat memuat kartu keanggotaan gym Anda, kartu perpustakaan Anda, tiket untuk band favorit Anda, dan lainnya langsung ke ponsel Anda.

MEMBACA  Samsung mengkonfirmasi tanggal 17 Januari untuk acara perkenalan S24

Juga: 5 alasan mengapa saya beralih ke dompet digital, dan Anda juga harus

4. Pencuri akan kesulitan mencuri ponsel Anda

Salah satu fitur paling keren yang melibatkan keahlian AI Google disebut Theft Detection Lock. Jika smartphone Android Anda mendeteksi bahwa seseorang telah mencurinya dan mencoba lari, bersepeda, atau mengendarainya, ponsel Anda merasakan gerakan tersebut dan seharusnya segera mengunci layar. Ini juga akan terkunci secara otomatis jika mendeteksi aktivitas mencurigakan, seperti upaya konstan untuk memutuskan hubungan telepon Anda atau berbagai upaya masuk yang gagal.

Sementara Theft Detection Lock akan tersedia di ponsel yang berasal dari Android 10, perlindungan reset pabrik tetap eksklusif untuk Android 15. Jika seorang pencuri mencoba mereset ponsel curian Anda, fitur baru ini mencegah mereka untuk mengatur ulangnya lagi kecuali mereka memiliki kredensial akun Google Anda. Ini pada dasarnya fitur Find My iPhone Apple, yang mengunci iPhone ketika mereka diatur ulang. Hal ini membuat ponsel Android Anda tidak berguna bagi siapa pun yang tidak memiliki informasi login akun Google Anda, yang mungkin membantu mengurangi pencurian.

5. Panggilan telepon yang lebih aman

Di Android 15, Google melawan penipu yang menggunakan simulator situs seluler dan pesan teks penipuan untuk menipu Anda dengan menambahkan pemberitahuan ketika koneksi jaringan seluler Anda tidak dienkripsi. Ini akan berguna jika Anda secara khusus ditargetkan oleh penjahat yang ingin memata-matai sinyal seluler Anda.

Juga: Cara mendaftar di Google Labs – dan 5 alasan mengapa Anda harus

Google juga menambahkan Identifier Disclosure Transparency, yang dapat membantu pengguna yang berisiko seperti jurnalis mengetahui kapan ponsel mereka sedang disadap melalui stasiun dasar seluler palsu atau alat surveilans. Kedua fitur ini akan memerlukan OEM untuk mendukungnya, tetapi Google mengatakan bahwa mereka mengantisipasi bahwa banyak produsen ponsel akan ingin melakukannya.

6. Peningkatan kinerja sedikit

Di sisi pengembang, Android 15 akan mendukung perangkat yang menggunakan halaman 16KB yang lebih besar, yang pada gilirannya akan menghasilkan beberapa peningkatan kinerja. Ini seharusnya membuat waktu peluncuran aplikasi lebih cepat, meningkatkan efisiensi daya, memungkinkan Anda membuka aplikasi kamera Anda lebih cepat, dan menghidupkan ponsel Anda lebih cepat. Tentu saja, semua ini bergantung pada ponsel apa yang Anda miliki dan spesifikasinya, tetapi bagus melihat Google fokus pada peningkatan kecepatan bagaimanapun.

MEMBACA  Apel dilaporkan memperbarui pembicaraan dengan OpenAI tentang mendukung fitur baru iPhoneApel dilaporkan kembali berbicara dengan OpenAI tentang mendukung fitur baru iPhone

7. AR di Google Maps

Segera, Google Maps akan menambahkan kemampuan untuk melihat konten AR di ponsel Anda, yang akan membantu Anda belajar lebih banyak tentang tempat yang Anda kunjungi. Masih tahap awal, tetapi Google mengatakan bahwa pengalaman yang dibangun untuk tempat-tempat di Singapura dan Paris akan datang lebih dulu.

Fitur ini adalah perpanjangan dari platform realitas tambahan (XR) yang sedang dibangunnya dengan Snapdragon dan Qualcomm untuk ekosistem Android, jadi harapkan hal AR di Maps akan meningkat seiring waktu.

8. Integrasi dengan pelacak pihak ketiga di Temukan Perangkat Saya

Google sedang meningkatkan Temukan Perangkat Saya dengan kemampuan untuk melacak tag pelacak dari perusahaan seperti Chipolo dan Pebblebee. Ini berarti Anda akan dapat menemukan ponsel, earbud, bagasi, ransel, dan lainnya semua dari satu tempat, mirip dengan jaringan Temukan Saya milik Apple di platformnya.

Juga: Pemilik iOS dan Android sekarang akan diberi tahu jika pelacak yang tidak dikenal bergerak bersama mereka

Selain itu, tag-tag lain dari Eufy, Jio, dan Motorola akan didukung lebih lanjut tahun ini.

Kapan Android 15 keluar?

Menurut grafik Google, Android 15 akan mencapai stabilitas platform pada bulan Juni atau Juli, dengan bagian akhir grafik menunjukkan bahwa rilis publiknya akan terjadi setelah itu. Tahun lalu, Android 14 tidak keluar sampai bulan Agustus, jadi sepertinya aman untuk mengasumsikan bahwa Android 15 akan mengikuti jejak itu.

Masih banyak lagi yang harus diungkap dari I/O 2024, jadi pastikan untuk tetap terhubung dengan ZDNET untuk liputannya.