Pertumbuhan Ekonomi Ukraina di Tahun 2023 Tetap Terjadi Meski Dalam Kondisi Perang

Ekonomi Ukraina mencatat pertumbuhan positif tahun ini meskipun tantangan perang yang signifikan, kata Menteri Ekonomi Yulia Svyrydenko pada 28 Desember.

“Angka kunci yang menggambarkan tahun ini secara ekonomi adalah pertumbuhan PDB hampir 5 persen. Ekonomi kami tidak hanya tidak jatuh tetapi tumbuh dengan kecepatan yang tidak ada yang mengharapkannya,” ujarnya.

Ukraina berusaha mempertahankan stabilitas ekonomi karena ketidakpastian seputar pendanaan dari donor-donor Barat terbukti menjadi tantangan jangka panjang yang kritis sementara negara ini menderita serangan Rusia terhadap infrastruktur kunci.

Pengeluaran untuk operasi militer dihitung dalam angka PDB dan dapat memberikan dorongan pengeluaran jangka pendek.

Pada awal Desember, Ukraina setuju dengan para kreditor dari G7 dan Paris Club untuk memperpanjang restrukturisasi utang hingga tahun 2027.

Presiden Zelensky di Kyiv pada 19 Desember mengatakan kepada wartawan bahwa ia berencana untuk mengurangi pengeluaran pemerintah karena diperlukan pendanaan yang signifikan untuk upaya mobilisasi baru.

Ukraina menghadapi risiko resesi ekonomi serius pada tahun 2024 kecuali pendukung baratnya dapat mengumpulkan cukup dana untuk mengisi kekurangan anggaran yang besar, kata Menteri Keuangan Serhiy Marchenko kepada Politico pada bulan November.

Baca juga: Anggota parlemen AS tidak akan mencapai kesepakatan pada 2023 untuk bantuan Ukraina lebih lanjut

Kami telah bekerja keras untuk memberikan berita independen dan berasal dari sumber lokal di Ukraina. Pertimbangkan untuk mendukung Kyiv Independent.

MEMBACA  3 Saham Pertumbuhan yang Mendidih untuk Dibeli di Tahun 2024 dan Seterusnya