Trump mendukung Republikan North Carolina sebagai ketua RNC, menantu perempuan Lara Trump sebagai co-chair Oleh Reuters

© Reuters. Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump diperkenalkan oleh Ketua Partai Republik Carolina Utara, Michael Whatley, sebelum berbicara di makan malam konvensi GOP Carolina Utara di Greenville, Carolina Utara, AS, 5 Juni 2021. REUTERS / Jonathan Drake / File Photo

Oleh Nathan Layne dan Gram Slattery

(Reuters) – Donald Trump pada hari Senin mendukung Ketua Partai Republik Carolina Utara, Michael Whatley, sebagai ketua berikutnya dari Komite Nasional Partai Republik dan menantunya, Lara Trump, sebagai wakil ketua, untuk memperkuat pegangannya atas organisasi tersebut saat ia mendekati pencalonan presiden.

Trump, yang menjadi kandidat terdepan untuk menjadi calon partai dan menghadapi Presiden Demokrat Joe Biden pada bulan November, mengatakan dia membutuhkan RNC untuk melakukan pekerjaannya “dengan sempurna” dan menjadi “mitra yang baik” dengan kampanyenya untuk pemilihan tahun 2024.

Langkah untuk mendukung Whatley mengikuti beberapa minggu laporan media yang menunjukkan bahwa Trump telah frustrasi dengan ketua saat ini, Ronna McDaniel, atas penggalangan dana yang kurang memuaskan dan kinerja partai di kotak suara.

Selama masa jabatan McDaniel, Trump kalah pada tahun 2020, dan partai tersebut menunjukkan kinerja yang lebih lemah dari yang diharapkan pada pemilihan paruh waktu 2022.

“Saya pikir teman saya Michael Whatley harus menjadi pemimpin RNC berikutnya. Michael telah bersama saya sejak awal, telah melakukan pekerjaan yang baik di negara bagian asalnya, Carolina Utara,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

“Menantu saya yang sangat berbakat, Lara Trump, telah setuju untuk maju sebagai Wakil Ketua RNC … Dia mengatakan kepada saya bahwa dia ingin menerima tantangan ini dan akan HEBAT.”

Sebagai bagian dari perombakan, Trump mengatakan Chris LaCivita, seorang co-manager kampanyenya, akan menjabat sebagai kepala operasional RNC. LaCivita adalah seorang operator politik berpengalaman yang bekerja di RNC selama perlombaan 2016, membantu menggagalkan tantangan terhadap pencalonan Trump di lantai konvensi.

MEMBACA  Cathie Wood dan Warren Buffett Masing-Masing Memiliki Saham Kecerdasan Buatan (AI) Ini. 1 Analis Wall Street Memprediksi Saham Ini Bisa Melonjak 26%.

Sumber telah memberi tahu Reuters pekan lalu bahwa McDaniel berencana untuk mengundurkan diri setelah pemilihan primer Carolina Selatan pada 24 Februari, yang diperkirakan akan dimenangkan oleh Trump dengan jajak pendapat menempatkannya jauh di depan satu-satunya pesaingnya, Nikki Haley, di negara bagian tersebut.

Jubir RNC mengatakan kepada Reuters pada hari Senin setelah pernyataan Trump bahwa McDaniel akan terus bekerja keras untuk mengalahkan Biden musim gugur ini, menambahkan: “Tidak ada yang berubah, dan tidak akan ada keputusan atau pengumuman tentang rencana masa depan sampai setelah Carolina Selatan.”

Steve Scheffler, anggota Komite Nasional Partai Republik dari Iowa, mengatakan dia mengharapkan tim pimpinan yang disetujui oleh mayoritas dari 168 anggota badan tersebut, yang bertanggung jawab untuk secara resmi memilih ketua partai.

“Jika dia akan menjadi calon yang diharapkan dan akan menghadapi perlombaan yang sulit, dia membutuhkan tim yang siap sebelum daripada nanti,” kata Scheffler kepada Reuters. “Saya curiga tidak akan ada penentangan terhadap ini.”

Dalam pernyataannya, Trump mengatakan dia berharap RNC, yang memainkan peran penting dalam mengumpulkan sumber daya dan menggerakkan pemilih, juga akan bekerja untuk “memastikan pemilihan yang adil dan transparan” – sebuah isyarat tersirat pada klaim palsunya bahwa dia kalah pada tahun 2020 karena kecurangan.

Whatley telah mendukung klaim tersebut, Komite Nasional Demokrat (DNC) mencatat dalam pernyataan yang menghujat pilihan Trump.

“Whatley sudah sekali mengancam demokrasi kita ketika dia menyebarkan kebohongan tentang hasil pemilihan 2020,” kata Direktur Respons Cepat DNC Alex Floyd. “Trump memberinya penghargaan dalam pertunjukan terbaru bahwa demokrasi akan ada dalam pemilihan pada bulan November ini.”

Lara Trump telah menjadi salah satu pendukung terkuat ayah mertuanya. Dia sering muncul di program berita konservatif dan sempat bermain-main dengan pencalonan untuk kursi Senat AS di Carolina Utara pada tahun 2022.

MEMBACA  Hiburan Lumba-lumba menambahkan So Yummy ke dalam portofolio oleh Investing.com

Meskipun Whatley dan LaCivita memiliki catatan prestasi dalam mengumpulkan dana dan aspek teknis memenangkan kampanye, Lara Trump “menimbulkan beberapa pertanyaan di kolom nepotisme,” kata Jeanette Hoffman, seorang konsultan politik Republik.

Namun, Hoffman mencatat bahwa Trump telah bekerja erat dengan putrinya Ivanka dan anggota keluarga lainnya selama masa jabatannya di Gedung Putih. “Jadi ini bukan hal baru bagi dunia Trump. Keluarganya adalah salah satu penasihat terdekatnya.”

Salah satu tugas yang paling penting adalah membalikkan keuangan yang memburuk dari RNC. Memenangkan pencalonan akan membuka jalan bagi kampanye Trump dan RNC untuk meluncurkan komite pengumpulan dana bersama dan mengumpulkan uang dari para donor besar.

“Jika orang-orang baru masuk dan memahami pengeluaran serta memenangkan kepercayaan para donor besar, itu akan sangat membantu kampanye,” kata Alex Conant, seorang ahli strategi Republik yang pernah bekerja pada kampanye presiden 2016 Senator AS Marco Rubio.

Dalam pernyataan, manajer kampanye Haley, Betsy Ankney, mengkritik perubahan kepemimpinan yang diusulkan oleh Trump sebagai upaya untuk “merombak kursi dalam kapal Titanic.” Dia menggambarkan RNC sebagai “efektif bangkrut” dan mengatakan bahwa jika terpilih, Haley akan memecat semua orang di organisasi ini dan melakukan audit keuangan.