Blinken mendesak pemimpin Timur Tengah untuk mendesak Hamas agar menghentikan penyebaran senjata di Gaza oleh Reuters

Oleh Daphne Psaledakis

CAIRO (Reuters) – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Senin, ketika ia memulai perjalanan ke Timur Tengah, bahwa ia mendesak pemimpin di wilayah tersebut untuk mendorong Hamas agar mengatakan ya terhadap proposal gencatan senjata untuk menghentikan pertempuran di Gaza.

Blinken mengatakan Hamas adalah satu-satunya pihak yang tidak menerima proposal untuk kesepakatan tiga fase yang melibatkan pembebasan sandera dan pembicaraan menuju akhir pertempuran, yang kata Blinken telah disetujui oleh Israel.

\”Pesan saya kepada pemerintah di seluruh wilayah, kepada masyarakat di seluruh wilayah, jika Anda menginginkan gencatan senjata, desaklah Hamas untuk mengatakan ya,\” kata Blinken kepada wartawan sebelum berangkat dari Mesir untuk mengunjungi Israel.

Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa komentar Blinken mengenai gencatan senjata di Gaza \”memihak kepada Israel\”.

Blinken bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo sebelum melakukan perjalanan ke Israel, di mana ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant.

Blinken sedang dalam kunjungan kedelapannya ke wilayah tersebut sejak militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, memicu episode paling berdarah dalam konflik Israel-Palestina yang berlangsung puluhan tahun.

Diplomat AS teratas tersebut mengatakan bahwa ia juga akan membahas rencana untuk tata pemerintahan dan rekonstruksi di Gaza pasca konflik selama perjalanannya, di mana ia juga akan bertemu dengan pemimpin regional di Yordania dan Qatar.

Serangan Hamas menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang lain, menurut data Israel. Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan terhadap Jalur Gaza yang telah membunuh lebih dari 37.000 warga Palestina, kata kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas tersebut dalam pembaruan Minggu lalu, dan menjadikan enklaf itu menjadi tanah kering.

MEMBACA  Utusan AS dijadwalkan tiba di Beirut untuk melanjutkan pembicaraan penurunan eskalasi oleh ReutersTranslated to Indonesian: Utusan AS dijadwalkan tiba di Beirut untuk melanjutkan pembicaraan penurunan eskalasi oleh Reuters

Kunjungan ini datang setelah Presiden AS Joe Biden pada 31 Mei menguraikan proposal gencatan senjata tiga fase dari Israel yang membayangkan akhir permanen terhadap pertempuran, pembebasan sandera Israel dan tahanan Palestina, serta rekonstruksi Gaza.

Blinken mengatakan pejabat Mesir telah berkomunikasi dengan Hamas hingga beberapa jam yang lalu.

Ada rasa mendesak untuk mendapatkan jawaban dari Hamas mengenai kesepakatan tersebut, katanya, namun ia menolak untuk lebih rinci tentang pembicaraannya.

Pembicaraan gencatan senjata telah intensif sejak pidato Biden dan direktur CIA William Burns bertemu dengan pejabat senior dari mediator Qatar dan Mesir pada Rabu di Doha untuk membahas rencana tersebut.

Biden telah berulang kali menyatakan bahwa gencatan senjata hampir tercapai dalam beberapa bulan terakhir, namun baru ada satu, gencatan senjata selama seminggu, pada bulan November.

Pasukan Israel menyelamatkan empat sandera yang ditahan oleh Hamas sejak Oktober dalam sebuah serbuan di Gaza pada Sabtu, di mana 274 warga Palestina tewas, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Blinken tidak merespons pertanyaan apakah serbuan tersebut telah memperburuk harapan untuk kesepakatan.

\”Pada akhirnya, saya tidak bisa – tidak ada dari kita yang bisa – memasuki pikiran Hamas atau para pemimpinnya,\” kata Blinken. \”Jadi kita tidak tahu apa jawabannya akan menjadi.\”

Perjalanan Blinken ini datang setelah menteri Israel Benny Gantz mengumumkan pengunduran dirinya dari pemerintahan darurat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Minggu, menarik kekuatan tengah tunggal dalam koalisi kanan jauh pemimpin yang sedang berlangsung perang di Gaza.

Blinken dijadwalkan bertemu dengan Gantz pada hari Selasa, kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri. Mereka telah bertemu selama kunjungan sebelumnya oleh Blinken ke Israel.

MEMBACA  Apakah Investor Harus Membeli Saham Super Micro Computer di Saat Harga Turun?

Kepergian partai tengah Gantz tidak akan menimbulkan ancaman langsung bagi pemerintah. Namun hal itu bisa memiliki dampak serius, meninggalkan Netanyahu bergantung pada kaum keras, tanpa akhir dalam pandangan perang dan kemungkinan eskalasi pertempuran dengan Hezbollah Lebanon.