Minum 4 Ramuan Tradisional Ini Ternyata Dapat Membuat Kulit Kencang dan Tetap Muda.

Rabu, 12 Juni 2024 – 07:38 WIB

VIVA Lifestyle – Minum jamu tradisional ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh agar tetap bugar. Sebab, beberapa jamu jamuan tradisional dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kecantikan kulit.

Baca Juga :

Mengintip Rahasia Awet Muda ala Wanita Tiongkok, Ternyata Sering Konsumsi Ini

Salah satunya saja, membuat kulit tetap kencang dan awet muda. Hal ini karena jamu tersebut mengandung senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. 

Melansir dari Healthline, kunyit pada jamu tradisional telah diteliti memiliki manfaat untuk merangsang kolagen, yang berguna untuk peremajaan kulit. Yuk scroll untuk info lengkapnya!

Baca Juga :

7 Ramuan Tradisional Ampuh Turunkan Berat Badan, Bahannya Mudah Didapat!

Jamu Tradisional untuk Kulit Kencang 

Mengobati gatal kulit dengan daun sirih

Baca Juga :

Rasanya Terkenal Super Pahit, Ternyata Sambiloto Punya 6 Khasiat Ampuh Ini untuk Kesehatan

Berikut beberapa jamu tradisional yang dapat membantu menjaga kulit tetap kencang:

1. Kunyit Asam

Seperti disebutkan tadi, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin dapat membantu meredakan peradangan pada kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Lalu, asam jawa, yang sering dikombinasikan dengan kunyit, juga mengandung vitamin C yang baik untuk kulit dan dapat membantu memperbaiki kerusakan kolagen, sehingga menjadikan kulit lebih kencang dan bersinar.

2. Temulawak

Kemudian, ada temulawak yang mengandung senyawa kurkuminoid. Serupa dengan kunyit, temulawak memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang kuat. Penggunaan temulawak dalam jamu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

3. Kulit Manggis

MEMBACA  Mobile SIM Center in Bandung Today, Tuesday March 19, 2024" "Pusat SIM Keliling di Bandung Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan kuat yang disebut xanthone. Kandungan inilah yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Xanthone juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, yang dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan muda.

4. Daun Sirih

Di urutan selanjutnya, yaitu daun sirih. Bahan jamu ini memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Ekstrak daun sirih sering digunakan dalam jamu untuk membantu membersihkan kulit dari kuman dan bakteri penyebab infeksi.

Selain itu, daun sirih juga dapat membantu mengencangkan pori-pori dan merangsang produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekenyalan kulit.

Itulah beberapa jenis jamu tradisional yang bisa membantu kamu mempunyai kulit kencang. Meski begitu, penting untuk diingat bahwa hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada individu dan faktor-faktor lain seperti pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya

Seperti disebutkan tadi, kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin dapat membantu meredakan peradangan pada kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.