Menguatkan Keterampilan untuk Tidak Ketinggalan Jauh

Selasa, 13 Februari 2024 – 00:37 WIB

Jakarta – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, memberikan pesan kepada generasi Zilenial, yang merupakan gabungan dari dua generasi muda, yaitu Gen-Z dan milenial, agar terus meningkatkan dan memperkuat keterampilan mereka dalam menghadapi tantangan zaman. Saat ini, tantangan zaman semakin kompleks dengan perkembangan teknologi yang pesat.

Baca Juga :

Masa Jabatan Khofifah Berakhir, Ini Sosok yang Jadi Plh Gubernur Jawa Timur

“Dengan perkembangan zaman yang cepat saat ini, jika tidak diimbangi dengan keterampilan yang memadai, kita akan tertinggal jauh,” kata Emil Dardak, dikutip Selasa, 13 Februari 2024.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Baca Juga :

Elite NasDem Ingatkan Pemerintah Harus Adil pada Pemilu 2024

Emil menambahkan bahwa selain keterampilan, generasi muda juga perlu meningkatkan kreativitas agar dapat terus berinovasi untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, dia berharap forum-forum diskusi yang inovatif dapat terus didorong dan diwarnai oleh Zilenial, terutama dalam mengembangkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang masih besar di Indonesia.

“Inilah pentingnya forum-forum seperti Dialog Bermakna ini, ini adalah investasi kita untuk memikirkan masa depan,” ujarnya.

Baca Juga :

Luncurkan bjbpreneur, bank bjb Ingin Lahirkan UMKM Berdaya Saing dan Berdampak Bagi Lingkungan

Lebih lanjut, Emil juga menjelaskan betapa pentingnya pengelolaan bakat generasi muda agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Dia memberi contoh tentang pusat pekerjaan milenial yang dibukanya di Jawa Timur, yang berhasil mengembangkan potensi kreativitas dan meningkatkan keterampilan yang nantinya akan bermanfaat bagi pertumbuhan UMKM.

Menurut Emil, ini juga dapat dikaitkan dengan program penyaluran kredit yang didorong oleh pemerintah. “Pemerintah mendorong 460 triliun untuk kredit usaha rakyat (KUR) agar lebih banyak UMKM yang dapat mengakses keuangan tersebut,” jelasnya.

MEMBACA  Apple memberikan diskon hingga $150 untuk Beats Studio Pro dan Studio Buds Plus

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Di sisi lain, kehadiran dan pemaparan Emil sangat diapresiasi oleh Partisipasi Bermakna. Koordinator Nasional Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan, menilai bahwa semangat yang dimiliki Emil dalam peran sebagai Wakil Gubernur telah membuka mata mengenai bagaimana generasi muda dapat menavigasi tantangan zaman.

“Mas Emil merupakan sosok yang selaras dengan jiwa Partisipasi Bermakna. Kami ingin bagaimana anak-anak muda dapat menjadi bagian dari pembuatan kebijakan publik yang dapat dirasakan oleh semua kalangan, bukan hanya kalangan muda saja,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya

Sumber: Humas