Situs penampungan penggemar wiki Fandom meluncurkan fitur AI kontroversial

Fandom, yang menjadi tuan rumah wiki untuk banyak fandom, akan meluncurkan fitur AI generatif yang sebelumnya diuji coba namun sekarang menjanjikan pengguna dapat memilih untuk tidak menggunakannya.

Fitur AI yang paling menonjol adalah Quick Answers, yang menghasilkan dropdown dalam format tanya jawab yang merangkum informasi menjadi kalimat yang mudah dimengerti. Misalnya, ketika mengunjungi wiki untuk The Witcher, siapa pun yang ingin tahu siapa yang melatih Geralt of Rivia dapat mengklik pertanyaan tersebut dan mengetahui bahwa jawabannya adalah Vesemir.

Fandom juga akan menambahkan AI ke proses peninjauan gambar “untuk memastikan penghapusan konten yang tidak pantas dengan cepat dan akurat.” Perusahaan bekerja sama dengan Coactive AI untuk mengembangkan Image Review. Admin wiki dapat secara otomatis menyetujui atau menolak foto-foto. Perusahaan mengatakan akan menambahkan auto-tagging untuk SEO.

Quick Answers memungkinkan pengunjung dengan mudah menemukan jawaban tentang fandom tertentu, yang merupakan salah satu alasan utama orang mengunjungi halaman-halaman Fandom. Namun, ketika Fandom pertama kali menguji fitur ini pada Agustus 2023, anggota komunitas mengeluh bahwa AI sering memberikan jawaban yang salah dan kadang-kadang tidak pantas. Pencipta wiki menuntut fitur pengeditan atau opsi untuk keluar. Setidaknya satu proyek penggemar, Hollow Knight Wiki, mengumumkan bahwa mereka akan meninggalkan Fandom sebagian karena fitur ini – dengan menyatakan bahwa Fandom tidak menguji fitur AI seperti Quick Answers atau berkonsultasi dengan para pencipta, di antara masalah lain dengan perusahaan. Fandom menunda Quick Answers pada bulan September untuk menambahkan fitur pengeditan.

Sekarang, Fandom mengatakan admin dan editor wiki dapat meninjau jawaban untuk memastikan hanya mengembalikan jawaban yang benar untuk fandom tersebut. Ini akan menjadi fitur opsional, tetapi Fandom mengatakan tersedia di halaman karakter untuk situs-situs paling populer mereka, termasuk Avatar (seperti pengendalian udara, bukan alien biru), Harry Potter, The Last of Us, dan The Witcher. Admin wiki dapat menggunakan Quick Answers AI untuk mengatur konten mereka dengan mengotomatisasi format situs mereka.

MEMBACA  Paket Langganan Musim MLS di Apple TV: Cara Menonton dan Streaming Major League Soccer pada Tahun 2024

“Produk-produk baru ini adalah hasil langsung dari umpan balik dari para pencipta kami, dan Fandom berkomitmen untuk menyediakan fungsionalitas yang mereka butuhkan untuk melayani komunitas mereka lebih baik,” kata Brandon Rhea, Wakil Presiden Komunitas Fandom, dalam sebuah pernyataan.

Fandom mengatakan mereka menjadi tuan rumah 45 juta halaman wiki, dengan lebih dari 350 juta pengunjung unik setiap bulannya.