Arab Saudi Mendorong Konsumsi Buah Lokal: Bukan Hanya Kurma

Arab Saudi meluncurkan kampanye kesadaran yang disebut “Musim Panen”. Gerakan ini bertujuan mempromosikan buah-buahan yang diproduksi secara lokal dan meningkatkan efisiensi sistem pemasarannya untuk mendukung petani Saudi.

Saudi Press Agency atau SPA melaporkan bahwa kampanye tersebut merupakan bagian dari upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi buah-buahan lokal; mempromosikan gaya hidup sehat dengan membeli produk lokal; dan menyebarkan pengetahuan tentang produk pertanian.

“Kampanye ini bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang manfaat kesehatan dan nutrisi dari berbagai buah-buahan lokal yang tersedia di musim berbeda sepanjang tahun, dan untuk mencapai serangkaian tujuan yang sejalan dengan kebijakan dan strategi kementerian serta tujuan Visi 2030,” ujar Juru bicara Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Arab Saudi, Saleh Bindakhil.

Bindakhil menambahkan “Musim Panen” juga bertujuan untuk mendukung produksi barang-barang lokal; meningkatkan kualitas dan keamanannya; meningkatkan kesadaran akan hasil pertanian dan manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah-buahan lokal; membantu pemasaran produk lokal; dan mendukung petani lokal, sekaligus meningkatkan pendapatan mereka sesuai dengan Visi Saudi 2030, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan meningkatkan kualitas hidup.

Dia mengakui dukungan besar yang dinikmati sektor pertanian dari kepemimpinannya, yang telah berkontribusi dalam meningkatkan keberlanjutan produksi tanaman lokal dan meningkatkan kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto Kerajaan hingga SR100 miliar atau setara Rp298.831 triliun.

Dukungan ini secara langsung berkontribusi pada peningkatan dan penguatan angka swasembada sejumlah buah-buahan dan tanaman pertanian, termasuk kurma, buah ara, melon, semangka, anggur, mangga, dan delima.

(mhy)

MEMBACA  Rumor Raffi Ahmad Siap Sumbangkan Rp 500 Juta untuk Pernikahan Halda, Arafah Rianti Bereaksi