Pemutar Video Baru Facebook Terinspirasi dari TikTok

Facebook mengambil langkah dari buku panduan TikTok. Raksasa media sosial tersebut akan meluncurkan pemutar video yang diperbarui yang mencakup semua panjang dan format video, termasuk Reels, video lebih panjang, dan video langsung. Sebagai bagian dari pembaruan ini, video horizontal dapat dibuka dalam mode layar penuh, dan slider akan muncul untuk memungkinkan Anda melompat ke depan dalam video yang lebih panjang. Pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi video yang lebih “berkaitan” di Feed mereka dan di Tab Video, terlepas dari panjang video.

Jika semua ini terdengar familiar, itu karena tata letak ini mirip dengan apa yang sudah Anda temukan di pesaing TikTok. Saat menjelajahi halaman For You (atau halaman “beranda”) aplikasi tersebut, Anda akan menemukan kombinasi video lebih panjang dan lebih pendek, slider untuk maju atau mundur, dan video langsung tersebar di seluruhnya. TikTok dilaporkan sedang bereksperimen dengan video sepanjang 30 menit, yang berpotensi mengganggu wilayah YouTube.

Ketuk video untuk membuka mode layar penuh di Facebook. Pembaruan terbaru Facebook akan diluncurkan di iOS dan Android di AS dan Kanada sebelum akhirnya tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang. Untuk membuka pemutar, ketuk video di mana saja di aplikasi Facebook.

Meta, perusahaan induk Facebook, bukanlah asing dalam mengadopsi fitur populer dari pesaing. Instagram secara mencolok meniru fitur cerita Snapchat pada tahun 2016 dan meluncurkan Reels pada tahun 2020 dalam upaya bersaing dengan raksasa video pendek TikTok. Sekarang, Facebook bertaruh pada tata letak yang telah berhasil bagi TikTok, yang kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Ada fitur yang ditambahkan oleh Facebook yang tidak ada di TikTok: opsi untuk melompat maju atau mundur dalam selang waktu 10 detik. Mengetuk video akan menampilkan kontrol yang memungkinkan Anda melompat ke depan atau mundur dengan sekali tekan tombol. Tombol jeda/putar juga akan muncul.

MEMBACA  Visi Pro Headset dari Apple Menunjukkan Masa Depan Komputasi yang Besar dan Aneh

Facebook juga mengatakan bahwa mereka akan menampilkan lebih banyak Reels “untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk format ini.” Lihat juga: Pengaturan Privasi Ini Membantu Mencegah Instagram dan Facebook Melacak Anda.