fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj

Ilya Sutskever Mengundurkan Diri dari OpenAI

Ilya Sutskever, co-founder dan chief scientist OpenAI, mengumumkan dia akan meninggalkan perusahaan pada hari Selasa. OpenAI mengonfirmasi kepergian tersebut dalam sebuah rilis pers. Keluaran resmi Sutskever datang hampir enam bulan setelah dia membantu memimpin usaha dengan anggota dewan lain untuk memberhentikan CEO Sam Altman, langkah itu gagal beberapa hari kemudian.

Saya Beri Salinan Mata Saya kepada Sam Altman | Teknologi Masa Depan

“Setelah hampir satu dekade, saya telah membuat keputusan untuk meninggalkan OpenAI,” kata Sutskever melalui tweet pada hari Selasa sore. “Saya sangat menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya – sebuah proyek yang sangat penting bagi saya yang akan saya bagikan detailnya pada saat yang tepat.”

“Ilya dan OpenAI akan berpisah,” kata Altman dalam sebuah tweet sesaat setelahnya. “Ini sangat sedih bagi saya; Ilya dengan mudah adalah salah satu pikiran terbesar dari generasi kita, cahaya pemandu di bidang kita, dan sahabat yang baik.”

Altman melanjutkan dengan mengatakan bahwa Jakub Pachocki, seorang peneliti senior di tim Sutskever, akan menggantikannya sebagai Chief Scientist OpenAI. Sutskever mencatat sebuah proyek yang tidak diungkapkan yang sangat “bermakna” baginya ke depan. Belum jelas saat ini apa proyek tersebut.

Jan Leike, seorang eksekutif OpenAI lainnya yang bekerja dengan Sutskever dalam menjaga keamanan AI masa depan, juga mengundurkan diri pada hari Selasa, menurut The Information. Leike dan Sutskever memimpin tim superalignment OpenAI, yang bertugas untuk memastikan AI super-kuat perusahaan tidak berbalik melawan manusia.

Selama enam bulan terakhir, status Sutskever tidak jelas di OpenAI. Ketika Altman kembali ke perusahaan pada akhir Nov. 2023, dia mengatakan ini tentang Sutskever: “kami berharap dapat melanjutkan hubungan kerja kami dan sedang mendiskusikan bagaimana dia dapat melanjutkan pekerjaannya di OpenAI.” Sutskever adalah satu-satunya anggota OpenAI yang tertinggal dalam kebimbangan pada saat itu – tidak dipecat dan tidak dipekerjakan kembali.

MEMBACA  Pembaharuan 'Sex' untuk 'Cult of the Lamb' Menjadi Tanda Baik bagi Video Game yang Menggairahkan

Sejak itu, Altman menolak untuk menjawab pertanyaan tentang status Sutskever di perusahaan dalam beberapa wawancara. Kita hampir tidak pernah mendengar langsung dari Sutskever selama periode ini. Ini adalah tweet pertama Sutskever dalam lebih dari lima bulan, dan chief scientist OpenAI absen dari pengumuman penting seperti Sora dan GPT-4 Omni minggu ini.

Awal tahun ini, anggota pendiri OpenAI Andrej Karpathy meninggalkan perusahaan. Dalam kasus itu juga, Karpathy tidak memberikan alasan tertentu untuk kepergiannya, dan kemudian menjelaskan bahwa dia akan bekerja pada proyek pribadi.

Sutskever memposting foto bersama pemimpin OpenAI Altman, Mira Murati, Greg Brockman, dan Jakub Pachocki sesaat setelah mengumumkan kepergiannya. Beberapa yang ditampilkan dalam foto tersebut memposting pesan-pesan baik tentang masa jabatan Sutskever di OpenAI, memuji ilmuwan terkemuka tersebut atas kontribusinya dalam dunia kecerdasan buatan.

fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj