Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa kunci, hari 811 | Berita Perang Rusia-Ukraina

Ketika perang memasuki hari ke-811, ini adalah perkembangan utama. Berikut adalah situasi pada hari Rabu, 15 Mei 2024.

Pertempuran:
Setidaknya 20 orang terluka di Kharkiv timur laut, kota terbesar kedua di Ukraina, setelah Rusia menyerang area hunian, termasuk gedung apartemen tinggi, dengan bom pandu dan peluru artileri.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan setidaknya delapan warga sipil tewas dan 35 terluka sejak Rusia memulai serangan baru di wilayah timur laut pada hari Jumat. PBB meminta Rusia untuk “segera menghentikan serangan bersenjatanya terhadap Ukraina – sesuai dengan resolusi-reolusi yang relevan dari Majelis Umum PBB” – dan mundur ke batas yang diakui secara internasional. Pasukan militer Ukraina mengatakan pasukannya mundur ke posisi baru di dua wilayah di daerah Kharkiv dan memperingatkan tentang penumpukan pasukan Rusia di utara dekat wilayah Sumy. Rusia mengatakan telah membuat kemajuan lebih lanjut dan merebut desa perbatasan ke-10, Buhruvatka. Angkatan Udara Ukraina mengatakan sistem pertahanan menghancurkan semua 18 drone serangan yang diluncurkan Rusia di beberapa wilayah, termasuk wilayah Kyiv dan garis depan. Pejabat Rusia mengatakan satu orang terluka dan beberapa bangunan rusak dalam serangan udara Ukraina di kota perbatasan Belgorod, dengan pertahanan udara Rusia menghancurkan 25 peluru kendali di wilayah Belgorod yang lebih luas. Media Rusia mengatakan serangan drone Ukraina membuat kereta barang keluar jalur dan menyebabkan kebakaran di tangki diesel di wilayah Rusia selatan Volgograd, merusak beberapa ratus meter rel. Russian Railways mengatakan insiden tersebut adalah hasil dari “campur tangan oleh orang-orang yang tidak berwenang”.

Politik dan diplomasi:
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, dalam kunjungan kejutan ke Kyiv, menjanjikan Ukraina bahwa bantuan militer yang akan membuat “perbedaan nyata” di medan perang sedang dalam perjalanan. Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Tiongkok dari 16-17 Mei untuk pembicaraan dengan Presiden Xi Jinping. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan keduanya akan membahas “hubungan bilateral, kerja sama dalam berbagai bidang, dan masalah internasional dan regional yang menjadi kepentingan bersama”. Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengkonfirmasi partisipasi Seoul dalam pertemuan perdamaian Ukraina yang akan diadakan di Swiss pada bulan Juni, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menulis di X. Mahkamah Agung Rusia menolak banding oleh Vladimir Kara-Murza, warga ganda Rusia-Inggris dan kritikus Kremlin dan perang terkemuka, terhadap hukuman penjara 25 tahun atas tuduhan pengkhianatan dan tuduhan lainnya. Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan keputusan itu adalah “kenaikan” dan bahwa Kara-Murza adalah tahanan politik. Jaksa Pengadilan Pidana Internasional (ICC) Karim Khan mengatakan dia tidak akan terintimidasi oleh ancaman saat kantornya menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Ukraina. Rusia menempatkan Khan di daftar pencarian setelah ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Putin dan komisioner anak-anak Rusia untuk peran mereka dalam deportasi yang diduga anak-anak Ukraina dari wilayah yang diduduki ke Rusia. Irlandia mengatakan akan memotong pembayaran mingguan untuk semua pengungsi Ukraina di akomodasi pemerintah dari 220 euro ($238) menjadi hanya 38,80 euro ($41,96) mulai Agustus. Sedikit lebih dari 100.000 warga Ukraina telah melarikan diri ke Irlandia sejak invasi penuh skala Rusia pada Februari 2022. Hampir separuh tinggal di akomodasi yang disediakan negara.

MEMBACA  Bill Walton, juara NBA dan penyiar yang dicintai, meninggal pada usia 71 | Berita Bola Basket

Senjata:
Menteri Pertahanan Sebastien Lecornu mengatakan Prancis akan mengirim lebih banyak rudal permukaan-ke-udara Aster untuk sistem pertahanan udara SAMP/T-MAMBA Prancis-Italia yang membela Kyiv. Rusia mengatakan rudal balistik antarbenua Bulava yang diluncurkan dari kapal selamnya telah dijadikan layanan, elemen kunci dalam modernisasi arsenal nuklirnya.