jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV

Di mana kini letak floppy disk? Pesawat, kereta api, dan semua tempat lainnya

Sebuah beberapa disket floppy 5,35″ dari awal tahun 80an. Saya tidak ingat kapan pertama kali saya mulai menggunakan disket floppy di pertengahan tahun 70an. Itu mungkin saat menginstal firmware di mainframe IBM S/370 atau di workstation perpustakaan khusus untuk membuat catatan katalog Perpustakaan Kongres. Oh, kehidupan yang mendebarkan yang saya jalani! Dalam kedua kasus itu, itu pasti akan menjadi disket floppy satu sisi, 8 inci, yang menyimpan luar biasa 79,7 KiloByte (KB) data.

Hai, percayalah, itu adalah hal besar pada saat itu ketika pilihan penyimpanan portabel kita yang lain adalah kartu berlubang IBM 12 baris/80 kolom atau pita 9-track. Mereka, dalam satu kata, menyulitkan.

Juga: BASIC berusia 60 tahun: Mengapa kesederhanaan adalah anugrah dan kutukan bahasa pemrograman ini

Disket floppy mendahului saya mulai terlibat dalam komputasi. Pada akhir tahun 1960-an, insinyur IBM Alan Shugart dan David L. Noble membayangkan solusi yang kompak dan portabel untuk menyimpan data. Karya pionir ini, Proyek Minnow, mengarah pada penciptaan disket floppy 8 inci pertama yang layak secara komersial pada tahun 1971. Penyimpanan 79K mungkin terlihat seperti tidak ada bagi Anda, tetapi itu menyimpan setara dengan 3.000 kartu berlubang.

Mana yang lebih baik untuk jatuh? Sebuah disk tunggal atau ribuan kartu? Ya, itulah yang kita semua pikirkan juga.

Saat komputer pribadi semakin populer pada tahun 1970-an, disket floppy berpindah dari dunia saya mainframe dan workstation ke PC. Di sana, disket floppy menemukan tempatnya sebagai solusi penyimpanan yang terjangkau dan mudah diakses.

Kemudian, pada tahun 1976, seorang pria bernama Steve Wozniak ingin menambahkan drive floppy ke komputer berikutnya. Temannya, Steve Jobs, mendapatkan disket floppy 5,25 inci dari perusahaan baru Shugart, Shugart Associates, pada tahun 1976, dan setelah banyak peretasan, Woz berhasil membuat drive floppy pertama berjalan pada apa yang akan menjadi Apple II.

MEMBACA  Bulan Sedang Mengecil dan Itu Berita Buruk untuk Program Artemis NASA

Disket-disket mutakhir ini awalnya memiliki kapasitas 90 hingga 110KB. Lalu disket floppy ditingkatkan pertama menjadi 160KB dan kemudian 360KB, yang merupakan ukuran default yang banyak dari kita pikirkan. Itu sampai munculnya disk berukuran 1,2 Megabyte (MB) pada tahun 1984 bersamaan dengan PC IBM/AT. Kami sangat menyukai disk-disk tersebut dan komputer 6MHz yang super cepat itu.

Juga: Dell berusia 40 tahun: Bagaimana seorang remaja mengubah $1.000 perangkat PC menjadi raksasa teknologi

Mulai dari sana, disket floppy melesat. Dengan kemampuan mendistribusikan program-program pada disket portabel ini, perusahaan-perusahaan perangkat lunak sekarang bisa menjual produk mereka melalui pos atau toko ritel. Pasar perangkat lunak pertama muncul dari disket floppy.

Bukan hanya perusahaan besar, disket floppy memungkinkan siapa pun untuk membuat dan menjual program-program, yang memicu gerakan perangkat lunak gratis dan berbagi. Mereka juga memungkinkan orang untuk berbagi data dengan mudah untuk pertama kalinya. Jauh sebelum kita menggunakan modem dan Sistem Papan Bulletin (BBS) untuk berbagi program, gambar, dan data, kita akan berbagi dengan “sneakerware.” Yakni, secara harfiah membawa informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan tangan membawa disket.

Pada tahun 1981, Sony memperkenalkan disket floppy 3,5 inci. Disket ini dengan cepat menjadi populer karena ukurannya yang lebih kecil dan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dibanding pendahulunya. Disket ini juga jauh lebih stabil daripada model-model sebelumnya. Mereka sering rusak terlalu cepat akibat penggunaan.

Juga: Mac berusia 40 tahun: Bagaimana rebel PC Apple hampir gagal lagi dan lagi

Meskipun tidak lagi “floppy,” format ini menjadi standar untuk disket floppy. Popularitasnya bertahan hingga tahun 1990-an, memperkuat posisi disket floppy sebagai media penyimpanan yang umum. Desain ini dimulai dengan penyimpanan 720KB, tetapi versi paling populernya menyimpan 1,44MB.

MEMBACA  Google Bard kini dilengkapi dengan pembuat gambar AI yang dilengkapi dengan tanda air digital.

Saat jaringan komputer dan format penyimpanan baru seperti USB flash drive dan kartu memori muncul, masa kejayaan disket floppy mulai meredup pada pertengahan hingga akhir tahun 1990-an. Akhir era disket floppy datang dengan diperkenalkannya iMac tanpa disket pada tahun 1998.

Pada awal tahun 2000-an, disket floppy semakin jarang digunakan, terutama digunakan dengan hardware lama dan peralatan industri. Sony memproduksi disket floppy terakhir pada tahun 2011.

Meskipun sudah ketinggalan zaman, warisan disket floppy tetap bertahan. Desain ikoniknya telah menjadi simbol penyimpanan data, dan ikon disket floppy masih muncul di banyak desktop komputer sebagai simbol penyimpanan file.

Namun, seiring teknologi yang sudah usang, disket floppy masih digunakan hingga sekarang. Misalnya, mesin bordir industri dari tahun 1990an dibangun untuk membaca pola dan desain dari disket floppy. Beberapa mesin dan peralatan industri yang lebih tua, seperti mesin kontrol numerik komputer (CNC), masih menggunakan disket floppy untuk memuat pembaruan perangkat lunak dan program.

Juga: Anda tahu cerita asal-usul Apple tetapi tahukah Anda cerita asal-usul Samsung? Hampir terlalu gila untuk dipercaya

Beberapa model Boeing 747 yang lebih tua masih menggunakan disket floppy untuk memuat pembaruan database navigasi kritis dan perangkat lunak ke sistem avionik mereka. Memang, Tom Persky, presiden floppydisk.com, yang menjual dan mendaur ulang disket floppy, mengatakan pada tahun 2022 bahwa industri maskapai penerbangan tetap menjadi salah satu pelanggan terbesarnya.

Lebih dekat dengan tanah, di San Francisco, kereta ringan Muni Metro, yang diluncurkan pada tahun 1980, tidak akan menyala setiap pagi kecuali Sistem Kontrol Kereta Otomatisnya di-boot dengan disket floppy. Mengapa? Karena tidak memiliki hard drive dan terlalu tidak stabil untuk dibiarkan menyala, jadi setiap pagi, masukkanlah disket, dan kereta pun berangkat. Akan diganti, meskipun… suatu saat nanti. Proyek penggantian yang diperbarui saat ini dijadwalkan akan selesai pada 2033/4.

MEMBACA  Poster Resmi Peringatan 25 Tahun The Phantom Menace Kini Tersedia

Drive floppy juga masih digunakan dalam perangkat medis seperti CT scanner dan mesin USG. Terkenal, atau terkenal buruk, hingga tahun 2019, situs rudal nuklir AS masih menggunakan disket floppy 8 inci sebagai bagian dari sistem untuk mengoordinasikan komponen operasional. Dengan cara yang lebih menghibur, figur animatronik Chuck E. Cheese yang Anda lihat di pesta ulang tahun ke-8 Anda? Ya, mereka didorong oleh disket floppy.

Juga: Perangkat NAS terbaik tahun 2024

Dan, tentu saja, beberapa orang, seperti musisi Espen Kraft, masih menggunakan disket floppy dengan synthesizer dan sampler lama untuk memuat suara dan membuat musik. Dia tidak sendirian; kolektor dan penggemar komputasi retro lainnya terus menggunakan dan menukar disket floppy hingga hari ini.

Mengapa mereka bertahan? Seperti yang dikatakan Persky kepada NPR, mereka “sangat stabil, sangat dipahami, tidak benar-benar dapat diretas, dan melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk data-data kecil.”

Nah, itu sebagian dari ceritanya. Tapi, bagian lainnya adalah utang teknis. Beberapa mesin di mana disket berada sangat mahal. Selama mereka terus berjalan, dan Anda dapat menemukan disket segar untuk digunakan di mesin-mesin tersebut saat yang lama habis, tidak ada yang mau membayar untuk menggantinya. Dalam beberapa kasus yang lebih ekstrem, tidak tersedia mesin pengganti untuk hardware lama tersebut.

Pada akhirnya, semua mesin itu harus mengganti peralatan lama mereka. Tetapi, saya tidak akan terkejut sedikit pun ketika, pada saat saya meninggalkan dunia ini, seseorang, di suatu tempat, masih akan menjalankan drive floppy di sistem produksi.

jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV