Di Balik Billboard LA Viral yang Menggertak Microsoft dan Perusahaan Game Lainnya

Minggu lalu, sementara para peserta Summer Game Fest bergerak antara pengumuman dan demo permainan di Los Angeles, sebuah papan iklan digital yang tidak biasa menarik perhatian jutaan orang secara online dan offline. “Hilang tapi tidak terlupakan,” begitu tulisannya, mencantumkan studio-studio yang tutup seperti Arkane Austin, Tango Gameworks, dan Volition, “+ semua yang dipecat, dirumahkan, & ‘tidak diperlukan lagi.’ Terima kasih untuk permainan yang luar biasa.” Ketika papan iklan itu berkedip ke pesan keduanya ke pusat kota LA, itu sama langsungnya: “Kami mencintaimu. Kami merindukanmu. Kami benci uang.”

Pesan itu ditandatangani “teman-teman Anda di New Blood,” dan segera setelah reporter Game File Stephen Totilo memposting video papan iklan itu ke X pada hari Kamis, itu menjadi viral, akhirnya mengumpulkan lebih dari 3 juta tayangan dan menjadi berita utama di situs berita game. Pendiri New Blood Interactive, Dave Oshry, yang membayar iklan viral itu, mengatakan dia ingin orang-orang di industri game untuk “melihatnya dan berkata ‘Hell yeah, good shout’ dan menuangkan satu untuk studio-studio itu dan hanya mengingat permainan yang mereka buat.” Tetapi apa yang sebenarnya dia lakukan adalah mengejek industri yang sedang mencekik pengembang tepat saat para bosnya menuju ke LA untuk memamerkan rilis baru mereka yang mewah.

Tahun ini telah menjadi tahun yang sangat brutal bagi para pengembang di studio besar maupun kecil. Indie terus tutup atau pergi “istirahat,” langkah yang lebih berharap bahwa mereka suatu hari akan kembali. Studio-studio terkenal telah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pengembang dalam jumlah besar. Microsoft khususnya bertanggung jawab atas penutupan terbaru dalam daftar papan iklan itu, Arkane Austin dan Tango Gameworks.

MEMBACA  7 Destinasi Wisata yang Menarik di Miami untuk Dikunjungi oleh Wisatawan

Awalnya, kata Oshry kepada Totilo, dia ingin memposting nama semua studio yang baru-baru ini tutup, tetapi tidak cukup ruang di papan iklan. Namun, tindakannya beresonansi dengan para pengembang yang telah kehilangan pekerjaan tahun ini, dan orang lain yang ingin mendukung mereka.

Oshry mengatakan dia telah menerima banyak pesan dari orang-orang yang dulunya bekerja di studio-studio tersebut, jadi “misi tercapai.” Dia menolak memberikan rincian tentang berapa biaya papan iklan itu, hanya memberi tahu WIRED melalui DM X bahwa harganya “$xx,xxx.” “Itu mahal tapi tidak begitu mahal,” tambahnya.

Berapapun biayanya, kemungkinan jauh lebih sedikit daripada uang yang dikeluarkan studio-game untuk berpartisipasi dalam Summer Game Fest, di mana menampilkan trailer satu menit dikabarkan dapat biaya $250,000. Selama akhir pekan Game Fest, perusahaan-perusahaan mulai dari Microsoft hingga Blumhouse mendapatkan sorotan besar dengan debut awal permainan seperti Doom: The Dark Ages dan Sleep Awake, tetapi banyak pembicaraan juga beralih ke lelucon Oshry.

Oshry mengatakan kepada Game File bahwa pesan asli yang dia pikirkan bersama rekan-rekannya di New Blood jauh lebih langsung daripada yang mereka posting. “Orang-orang mulai menyarankan: ‘Anda harus melepaskan tembakan pada eksekutif,” kata Oshry. “Pasang gambar Phil Spencer di sana dan katakan, ‘Hei man, apa yang terjadi?'”

Spencer, CEO Microsoft Gaming, berbicara dengan IGN akhir pekan lalu tentang keputusan perusahaan untuk menutup studio seperti Tango Gameworks—langkah kontroversial mengingat pengembang membuat Hi-Fi Rush yang banyak diakui. “Pada akhirnya, saya telah mengatakan berulang kali, saya harus menjalankan bisnis yang berkelanjutan di perusahaan dan tumbuh, dan itu berarti kadang-kadang saya harus membuat keputusan sulit yang sejujurnya bukan keputusan yang saya cintai, tetapi keputusan yang seseorang perlu buat,” kata Spencer.

MEMBACA  Korban Pelecehan Rektor UP Berbicara Terbuka tentang 'Sosok' yang Mengintimidasi untuk Mencabut LaporanKorban Pelecehan Rektor UP Berbicara Terbuka tentang 'Sosok' yang Mengintimidasi untuk Mencabut Laporan