Ayo Mulai Sideload iPhone! iOS 17.5 Memungkinkan Pengguna UE untuk Mengunduh Aplikasi dari Web

Maria Diaz/ZDNET

Pengembang iOS 17.5 beta telah dirilis, dan memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunduh aplikasi langsung dari situs web selama berada di Uni Eropa. Apple mengambil langkah untuk mengontrol aplikasi yang didistribusikan di luar App Store setelah dipaksa untuk mengizinkan sideloading oleh Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa.

Pengembang yang ingin menawarkan aplikasi mereka untuk diunduh melalui situs web harus terdaftar dalam Program Pengembang Apple selama setidaknya dua tahun berturut-turut, memiliki aplikasi dengan lebih dari satu juta instalasi pertama kali di iOS di UE dalam setahun terakhir, dan mematuhi proses notarisasi Apple, termasuk menyediakan kebijakan pengumpulan data yang jelas.

Setelah kualifikasi dipastikan, Apple akan memberikan akses kepada pengembang aplikasi ini ke API untuk unduhan web. Aplikasi yang diunduh dari situs web harus terlihat dan berfungsi seperti aplikasi lain yang diunduh di App Store. Pengguna dapat mencadangkan, memulihkan, dan memperbarui aplikasi ini seperti aplikasi lainnya.

Ini adalah pertama kalinya Apple secara resmi mengizinkan sideloading aplikasi di iPhone, yang memungkinkan pengembang untuk menghindari membayar komisi Apple hingga 30%. Pengembang aplikasi yang didistribusikan di luar App Store masih akan dikenakan Biaya Teknologi Inti sebesar 0,50 Euro.

DMA memaksa Apple untuk mengizinkan sideloading aplikasi di UE mulai Maret 2024. Meskipun Apple awalnya berencana agar aplikasi sideload hanya tersedia melalui pasar alternatif, perusahaan tersebut mengumumkan pada bulan Maret bahwa juga akan mengizinkan aplikasi diunduh langsung dari situs web.

Karena DMA hanya mencakup UE, kemampuan untuk sideload aplikasi ini dibatasi hanya untuk pengguna iPhone yang tinggal di UE. Mengunduh aplikasi langsung dari situs web hanya tersedia di iPhone, bukan iPad.

MEMBACA  Inilah pilihan teratas dari bintang-bintang hedge fund yang sedang naik di Sohn, termasuk salah satunya yang hampir bisa menggandakan.