Arm mengumumkan pengubah grafis sumber terbuka untuk ponsel pintar

Arm meluncurkan upscaler miliknya sendiri untuk permainan seluler. Perancang chip mengatakan Arm Accuracy Super Resolution (ASR) dapat membuat permainan terlihat lebih baik, sambil menurunkan konsumsi daya di ponsel Anda. Mereka juga membuat teknologi upscaling tersebut tersedia untuk pengembang di bawah lisensi sumber terbuka MIT.

Upscaling sangat berguna untuk kartu grafis berdaya rendah yang sebalumnya tidak dapat menjalankan permainan dengan frame rate yang dapat dimainkan. AMD FSR, Nvidia DLSS, dan Intel XeSS semuanya adalah upscaler yang bekerja pada GPU desktop dan laptop. Arm ASR adalah salah satu dari sedikit yang akan bekerja pada ponsel seluler, yang bisa berdampak besar pada daya baterai.

Anda bisa melihat seberapa Arm ASR sebanding dengan AMD FSR 2 dan teknologi GSR Qualcomm di grafik di atas yang dibuat oleh Arm. Arm mengklaim ASR menghasilkan frame rate 53 persen lebih tinggi daripada merender pada resolusi asli pada perangkat dengan GPU Arm Immortalis-G720 dan layar 2800 x 1260, mengalahkan AMD FSR 2.

Mereka juga menguji ASR pada perangkat yang menggunakan chip MediaTek Dimensity 9300 dan menemukan bahwa merender pada 540p dan melakukan upscaling dengan ASR menggunakan daya yang jauh lebih sedikit daripada menjalankan permainan pada resolusi asli 1080p.

MEMBACA  AMD mengumumkan prosesor laptop Ryzen AI 9 seri 300