Apakah Pencuri Menggunakan Pemadam Wi-Fi di Rumah? Ini yang Harus Anda Ketahui

Keamanan rumah pintar memiliki penawaran besar yang dapat membuat rumah Anda lebih aman dan nyaman. Namun, Anda mungkin telah melihat cerita terbaru pada tahun 2024 tentang perampok menggunakan teknologi baru untuk memblokir sinyal Wi-Fi, mengganggu koneksi ke sistem kamera berharga atau bel pintu video untuk membuatnya tidak berguna. Berita ini membahas peringatan dari polisi tentang Los Angeles dan Glendale yang menggunakan pemblokir Wi-Fi, dan berikut adalah cerita yang terdengar menakutkan tentang perampok yang menggunakan pemblokir di rumah-rumah di Minneapolis.

Jika Anda khawatir, Anda bergabung dengan pemilik rumah lain yang khawatir bahwa perangkat mereka – terutama kamera dan sensor Wi-Fi – tidak akan memberi tahu mereka, menangkap pencuri, atau bahkan memanggil stasiun pemantauan untuk mendapatkan bantuan dalam kehadiran pemblokir Wi-Fi bergerak.

Jangan terlalu khawatir
Pemblokir Wi-Fi memang ada, tetapi kemungkinan tidak akan mengancam rumah Anda atau perangkat Anda. Mari kita ringkas alasan Anda untuk tetap tenang:
Laporan di atas adalah pesan umum dari polisi untuk komunitas mereka, dan sedikit bukti yang disajikan bahwa pemblokir Wi-Fi digunakan, hanya bahwa lingkungan kaya sedang dirampok. Dalam beberapa kasus, laporan lokal membuat jelas bahwa polisi hanya mengatakan bahwa perampok “mungkin” menggunakan pemblokir, bukan bahwa mereka menangkap siapa pun yang sedang beraksi. Beberapa penangkapan perampok seperti kejadian di Connecticut pada tahun 2023 memang menunjukkan bukti perangkat pemblokir, tetapi itu hanya salah satu dari sedikit kali di mana hal itu dikonfirmasi.
Enkripsi rumah pintar membantu mencegah serangan semacam ini dan dapat memberi tahu pemilik segera tentang masalah (lebih lanjut tentang hal ini di bawah).
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya dalam panduan kami tentang peretasan rumah, perampok kemungkinan besar tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk membeli dan mempelajari teknologi baru. Mereka akan merusak jendela Anda atau mengebor palang pintu mati Anda – memblokir Wi-Fi tidak benar-benar dalam rencana mereka.
Lebih mungkin bahwa kegagalan keamanan rumah pintar yang mencurigakan disebabkan oleh baterai yang habis dalam perangkat nirkabel, atau deteksi gerakan yang tidak berfungsi karena masalah dengan zona gerakan atau sensitivitas deteksi. Menurut laporan FBI tahun 2019, perampokan hanya menyumbang 16% dari kejahatan properti, dengan hanya sekitar 60% melibatkan perampokan rumah tangga dan hanya sekitar separuh perampokan melibatkan jenis pemasukan paksa apa pun. Perhatikan juga bahwa jumlah perampokan secara umum berkurang sekitar 50% antara tahun 2010 dan 2020.
Namun, teknologi pemblokir Wi-Fi memang ada, dan meskipun undang-undang FCC melarang penjualannya, perampok masih dapat menemukan dan membeli pemblokir secara online. Jadi mari kita telusuri lebih dalam tentang teknologi pemblokir ini dan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa perlu mengambil tindakan lebih lanjut.

MEMBACA  UE mengusulkan pengurangan polusi sebesar 90 persen pada tahun 2040.

Kami menguji pemblokiran nirkabel untuk diri kami sendiri dalam pengaturan yang aneh ini yang dirancang untuk mengandung gangguan RF. Tyler Lizenby/CNET

Pemblokiran Nirkabel 101
Kekhawatiran tentang pemblokiran bukanlah hal baru, dan itu bukan unik untuk sistem keamanan. Setiap perangkat yang dibangun untuk menerima sinyal nirkabel pada frekuensi tertentu dapat dibanjiri oleh sinyal yang lebih kuat masuk pada frekuensi yang sama. Untuk perbandingan, mari kita katakan Anda ingin “memblokir” percakapan antara dua orang – yang perlu Anda lakukan hanyalah berteriak di telinga pendengar.

Memblokir radio nirkabel memerlukan pengetahuan tentang frekuensi siaran (315 MHz, 433 MHz, 900 MHz, dll.) serta peralatan yang tepat untuk memblokir frekuensi itu. Itu juga memerlukan niat kriminal, karena pemblokiran sangat ilegal. Membeli atau menjual perangkat-perangkat ini tanpa sertifikasi yang tepat juga ilegal.

Hal itu membuat mustahil bagi seorang perampok untuk memblokir sistem keamanan rumah kecuali mereka membeli teknologi pasar gelap (yang benar-benar berfungsi) dan mempelajari sebuah rumah cukup lama untuk mengetahui perangkat apa yang digunakannya, kemudian belajar untuk meneliti sinyal-sinyal yang dihasilkan dan mengunduh firmware yang tepat.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini jarang terjadi. Polisi dalam cerita di atas mengasumsikan bahwa pemblokir Wi-Fi digunakan karena perampokan terjadi di lingkungan yang sangat kaya, tetapi detailnya sedikit dan bukti tentang perangkat pemblokir tampak tipis. Bahkan dalam kasus Connecticut yang kami sebutkan di atas, perampok hanya mencoba menggunakan pemblokir karena mereka mendapatkan informasi rinci tentang sistem keamanan rumah dari rekan kerja pemilik rumah – sekali lagi, serangkaian peristiwa yang tidak mungkin terjadi.

Beberapa sistem menggunakan perangkat lunak untuk mendeteksi gangguan RF yang disengaja. Screenshot oleh Ry Crist/CNET

MEMBACA  Penghargaan Oscar 2024: 10 hal yang kami temukan dalam foto kelas Academy Awards

Langkah-langkah Pencegahan
Penyedia keamanan nirkabel sering mengambil langkah-langkah untuk membantu melawan ancaman serangan pemblokiran. Misalnya, SimpliSafe, pemenang penghargaan Editors’ Choice kami dua kali, menggunakan algoritma propietary yang mampu memisahkan gangguan RF insidental dari serangan pemblokiran yang ditargetkan. Ketika sistem mengira sedang diblokir, itu akan memberi tahu Anda melalui pemberitahuan dorong di ponsel Anda. Dari sana, terserah Anda untuk memicu alarm secara manual.

Kami menguji algoritma pemblokiran itu kembali pada tahun 2015 setelah para peneliti keamanan menyuarakan kekhawatiran bahwa sistem tersebut rentan terhadap serangan semacam itu.

Setelah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengendalikan gangguan RF ke laboratorium uji kami, kami menguji serangan itu sendiri, dan berhasil memverifikasi bahwa itu memungkinkan dengan peralatan yang tepat. Namun, kami juga memverifikasi bahwa algoritma anti-pemblokiran SimpliSafe berfungsi. Itu menangkap kami sedang beraksi, mengirimkan pemberitahuan ke ponsel terhubung, dan juga mencantumkan gangguan RF kami pada log kejadian sistem.

Terakhir, teknologi rumah pintar telah sangat meningkat sejak uji coba kami. Enkripsi dari produsen besar telah membaik, masalah-masalah baru telah ditemukan dan diperbaiki, dan protokol-protokol baru seperti Thread membantu menjaga keamanan perangkat individu.

Masih khawatir? Hindari Wi-Fi sama sekali
Reolink menawarkan berbagai kamera PoE bagi mereka yang tidak ingin menggunakan Wi-Fi.

Jaminan panjang di atas seharusnya memuaskan Anda tentang keamanan perangkat keamanan rumah nirkabel, tetapi kami tahu beberapa pemilik rumah mungkin masih memiliki kekhawatiran. Jika Anda tinggal di lingkungan kaya tanpa patroli keamanan atau dengan upaya peretasan yang sering terjadi (dan pemantauan konstan), Anda mungkin ingin mengambil langkah keamanan tambahan. Dalam hal itu, Anda memiliki pilihan, termasuk:
Pilih perangkat PoE (Power over Ethernet): Kamera PoE menggunakan koneksi kabel untuk daya listrik dan Ethernet untuk akses Internet. Tidak ada Wi-Fi yang terlibat dan tidak perlu khawatir tentang daya baterai. Beberapa pemilik rumah yang sadar akan keamanan mencari model cadangan baterai yang berfungsi jika daya mereka dipotong. Reolink adalah salah satu merek kamera PoE terbaik yang tersedia, tetapi perusahaan lain juga menjual peralatan PoE.
Gunakan sistem keamanan rumah ZigBee: ZigBee adalah protokol rumah pintar alternatif pada frekuensi yang berbeda dari Wi-Fi, sehingga jauh lebih tidak mungkin menjadi target upaya pemblokiran. Masalahnya adalah bahwa sangat sedikit sistem rumah pintar menggunakan hanya ZigBee saat ini. Salah satu yang sedikit tersisa adalah produk keamanan rumah Sonoff.

MEMBACA  Memutuskan Hubungan dengan Ryu Jun Yeol, Apakah Agensi Meminta Maaf? Terjemahan: Putsus dengan Ryu Jun Yeol, Permintaan Maaf Dihapus oleh Agensi?

Intinya
Skenario perampokan yang paling mungkin jauh adalah kejahatan peluang yang tidak canggih, biasanya melibatkan jendela pecah atau jenis pemasukan paksa lainnya. Bahkan serangan dari perangkat yang lebih santai seperti Flipper Zero tidak memiliki banyak efek terhadap sistem keamanan rumah yang diperbarui secara teratur saat ini. Sistem keamanan rumah membantu mencegah skenario kejahatan properti umum dan menakutkan intruder melalui campuran kamera yang terlihat, pencahayaan pintar, tanda-tanda halaman, dan, tentu saja, kemampuan untuk menyalakan audio dan berteriak, “Hei kamu!” Mereka juga dapat terhubung langsung ke pusat pemantauan dan profesional. Peningkatan rumah pintar ini menjaga rumah tetap lebih aman daripada sebelumnya.

Tidak ada sistem teknologi yang tak terkalahkan, tetapi risiko teknologi anti-keamanan bukanlah kekhawatiran bagi pemilik rumah rata-rata. Hal ini terutama berlaku untuk sistem keamanan rumah terbaik dari merek-merek yang secara konsisten memperbarui firmware, meningkatkan enkripsi, dan memperbaiki kerentanan dalam sistem mereka.