jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV

Ancaman Pemilihan Umum AS Sudah Jelas. Apa yang Harus Dilakukan Tentang Mereka Justru Tidak Jelas

Pada hari Rabu, anggota Komite Intelijen Senat mempertanyakan pejabat senior keamanan nasional tentang bagaimana mereka berencana untuk merespons serangan terhadap infrastruktur pemungutan suara dan upaya untuk mempengaruhi pemilu menggunakan deepfakes, AI generatif, dan informasi yang salah. Meskipun semua orang di ruangan tersebut sepakat tentang apa ancaman tersebut, para senator mengungkapkan kekhawatiran tentang bagaimana tepatnya lembaga pemerintah akan merespons.

Dalam sesi yang beragam, Direktur Intelijen Nasional Avril Haines, direktur Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur Jen Easterly, dan Direktur Eksekutif FBI Larissa fokus terutama pada ketersediaan luas alat AI yang semakin canggih yang memudahkan lebih banyak orang untuk membuat video dan audio palsu yang meyakinkan dan menipu. Para senator mendesak mereka tentang apa yang akan dilakukan jika salah satu palsu AI tersebut menjadi viral di tengah pemilihan presiden.

“Saya tidak berpikir saya memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang siapa yang bertanggung jawab dan bagaimana kita akan merespons,” kata Marco Rubio, senator dari Florida dan wakil ketua komite. “Saya tidak ingin ada area abu-abu.”

Haines menunjuk ke “kerangka pemberitahuan” pemerintah AS, yang memberikan panduan untuk membuat pengungkapan publik sambil mempertimbangkan metode pengumpulan intelijen sensitif yang digunakan oleh pemerintah AS.

Membangun dari pertanyaan Rubio, ketua komite Mark Warner, senator dari Virginia, memuji respons pemerintahan Trump setelah aktor terkait Iran menyamar sebagai Proud Boys dalam upaya untuk mengintimidasi pemilih. Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya pada saat itu, pejabat penegak hukum senior dan intelijen secara publik mengaitkan penyamaran tersebut dengan aktor terkait Iran dalam beberapa hari.

Senator Angus King dari Maine menyebut kerangka kerja itu “mimpi buruk birokratis” dan mendorong untuk pengungkapan upaya pengaruh yang lebih cepat.

MEMBACA  Ibu Santri Banyuwangi yang Meninggal di Pesantren Memohon Bantuan Hotman Paris untuk Menghapus Air Mata

“Apa yang ingin saya dorong adalah pengungkapan sumber ketika Anda mengetahuinya segera,” kata King.

Haines menjawab bahwa kerangka kerja itu mungkin “terdengar cukup birokratis,” tetapi bahwa pemerintah telah dapat mempercepat proses pengambilan keputusan untuk terjadi dalam waktu dua hari.

Warner mencatat bahwa sekarang lebih mudah dari sebelumnya bagi negara lain untuk mencoba ikut campur dalam pemilihan. “Hambatan masuk untuk pengaruh jahat asing termasuk pengaruh pemilihan menjadi hampir menghilang,” kata Warner. “Skala dan kompleksitas serangan semacam ini terhadap pemilihan kita bisa dipercepat beberapa kali lipat oleh apa yang sekarang menjadi alat AI mutakhir.”

Dia juga mengkritik upaya untuk meremehkan keparahan campur tangan dalam pemilihan 2016. “Saya pikir ada beberapa penulisan ulang setelah 2016 yang entah bagaimana beberapa aktivitas di Rusia, atau bahkan pada 2020 dengan Iran, itu agak tidak berbahaya,” kata Warner.

Haines setuju, menunjuk ke Iran sebagai contoh aktor asing yang melakukan upaya serius untuk menimbulkan kekacauan di antara warga Amerika.

“[Iran] semakin agresif dalam upaya mereka mencari untuk menimbulkan kekacauan semacam ini dan mempromosikan kekacauan serta merusak keyakinan pada integritas proses dan mereka menggunakan platform media sosial, benar-benar, untuk mengeluarkan ancaman, [dan] menyebarkan disinformasi,” kata dia.

Dan Iran tidak sendirian; pejabat memberikan gambaran tentang negara lain yang mencari untuk mempengaruhi pemilihan presiden yang akan datang. Haines mengatakan bahwa Rusia “tetap menjadi ancaman asing paling aktif bagi pemilihan kita.”

jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV