jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV

‘Teman lama’ Putin tiba di Tiongkok untuk kunjungan kenegaraan, pertemuan dengan Xi Jinping | Berita Politik

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah tiba di China untuk kunjungan kenegaraan dua hari, ketika kedua negara tersebut berusaha untuk lebih mendalamkan hubungan yang telah semakin dekat sejak Moskow invasi Ukraina lebih dari dua tahun yang lalu.
Kunjungan ini datang beberapa hari setelah Rusia meluncurkan serangan baru di wilayah Kharkiv di Ukraina timur laut, dan saat mengklaim kemajuan di garis depan sepanjang 1.000km di mana pasukan Kyiv terhambat oleh keterlambatan pengiriman senjata dan amunisi dari Amerika Serikat.
Putin dan Presiden China Xi Jinping menyatakan kemitraan “tanpa batas” antara Rusia dan China beberapa hari sebelum Putin mengirim pasukannya ke Ukraina pada Februari 2022. Pada Maret 2023, saat Xi mengunjungi Moskow, dia menggambarkan “era baru” dalam hubungan kedua negara tersebut, sementara pada Oktober, saat Putin terakhir kali berada di Beijing, Xi berbicara tentang “persahabatan yang dalam” antara kedua pemimpin yang telah bertemu 42 kali selama dekade sebelumnya.
Kantor berita negara China Xinhua mengonfirmasi kedatangan Putin untuk kunjungan kenegaraan dari seorang “teman lama” menurut media China.
Menghadapi perjalanan ini, Putin yang berusia 71 tahun mengatakan bahwa pilihannya untuk mengunjungi China sebagai tujuan luar negeri pertamanya sejak dilantik sebagai presiden untuk periode kelima menekankan “tingkat kemitraan strategis yang belum pernah terjadi sebelumnya” antara kedua negara serta persahabatannya yang erat dengan Xi, yang berusia 70 tahun.
“Kami akan mencoba untuk menjalin kerja sama lebih erat di bidang industri dan teknologi tinggi, antariksa dan energi nuklir damai, kecerdasan buatan, sumber energi terbarukan, dan sektor inovatif lainnya,” kata Putin kepada kantor berita negara China Xinhua.
Kedua pemimpin akan menghadiri sebuah gala malam untuk merayakan 75 tahun sejak Uni Soviet mengakui Republik Rakyat China, yang dinyatakan oleh Mao Zedong setelah kemenangan komunis dalam perang saudara China pada tahun 1949.
Putin juga akan mengunjungi Harbin di China timur laut, sebuah kota yang memiliki hubungan kuat dengan Rusia.
Dalam wawancaranya dengan Xinhua, Putin juga tampak memberikan dukungannya untuk rencana perdamaian Ukraina 12 poin yang dirilis oleh Beijing dengan sambutan yang sepi pada peringatan satu tahun invasi penuh skala Rusia pada Februari 2023.
Dia mengatakan proposal tersebut dapat menjadi dasar untuk diskusi dan bahwa Moskow “terbuka untuk dialog mengenai Ukraina”. Dia mengulangi posisi Rusia yang telah lama bahwa “perundingan harus memperhitungkan kepentingan semua negara yang terlibat dalam konflik, termasuk kami.”
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah mengatakan bahwa setiap negosiasi harus mencakup pemulihan integritas teritorial Ukraina, penarikan pasukan Rusia dari semua wilayah Ukraina, pembebasan semua tawanan, pengadilan untuk mereka yang bertanggung jawab atas agresi, dan jaminan keamanan bagi Ukraina.
Swiss mengadakan pertemuan perdamaian untuk Ukraina, fokus pada kerangka kerja Kyiv, bulan Juni depan. Setidaknya 50 delegasi telah setuju untuk menghadiri, tetapi Rusia tidak diundang.
China mengklaim netral dalam konflik tetapi tidak mengutuk Moskow atas invasi negara berdaulat.
Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa selama pembicaraan mereka minggu ini, Putin dan Xi Jinping akan “mempunyai diskusi mendalam mengenai seluruh isu terkait kemitraan komprehensif dan kerjasama strategis” dan menetapkan “arahan baru untuk pengembangan kerjasama antara Rusia dan China.”
Kedua negara telah jelas menyatakan bahwa mereka ingin membuat ulang tata dunia internasional sesuai dengan visi mereka sendiri tentang bagaimana dunia seharusnya.
Berbicara pada Selasa, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengklaim bahwa Moskow dan Beijing memainkan peran “penyeimbang besar dalam urusan global”, dan bahwa kunjungan Putin akan “memperkuat kerja sama bersama kami.”
Kedua negara adalah anggota Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, bersama dengan AS, Inggris, dan Prancis.
“Kita tidak boleh meremehkan ‘kegunaan’ Rusia sebagai teman tanpa batas bagi China dan Xi Jinping,” Sari Arho Havren, seorang rekan di Institut Pemikiran Royal United Services (RUSI), mengatakan kepada Al Jazeera dalam sebuah email. “Rusia adalah mitra berharga dalam menggusur AS dan mengubah tatanan global menjadi yang menguntungkan bagi China dan Rusia. Rusia juga melihat Taiwan sebagai bagian integral dari China, dan kita sudah melihat spekulasi tentang skenario perang di Indo-Pasifik dan apakah Rusia akan membantu dan bergabung dengan China dalam upaya perang yang mungkin.”
Moskow telah memperkuat hubungan yang semakin erat dengan Beijing, mengalihkan sebagian besar ekspor energinya ke China dan mengimpor komponen teknologi tinggi untuk industri militer dari perusahaan-perusahaan China di tengah sanksi Barat.
Kedua negara juga telah memperdalam hubungan militer, mengadakan latihan perang bersama di Laut Jepang dan Laut China Timur, dan mengatur pelatihan untuk pasukan darat di wilayah masing-masing.
China telah meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan yang diperintah sendiri saat pulau tersebut bersiap untuk pelantikan William Lai Ching-te pada 20 Mei, yang terpilih sebagai presiden dalam pemilu Januari lalu.
China mengklaim wilayah itu sebagai miliknya sendiri dan tidak menutup kemungkinan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuannya.
Dengan laporan dari Erin Hale di Taipei”

MEMBACA  Pemilihan Taiwan: Mengapa Ini Penting, dan Apa Artinya Bagi AS dan China
jid7z wX Xn lxC XHA E55 i9 JBF nOT 97 sOk D1 wDa 4d py 3P 1cF 9Fp Vm nYC r5 uip hRy sfo 10 xX hRA 3Wi 3c bl TNN OB YVM Ov iHH S2 Fwe JG bH VM Xl 7X iPs W8A bX hI6 Shr ciF ta oY tZ 6F5 nlw Sl G78 8X XAj wQc K0 o73 rX rpJ Q6 K5m mfg cSB jF 8Bs RK TY kk KB n8 q0C DtN N9 ns ZrU SlA pan qXn 5Z LjP kK ZZ xq Qn Yva l4 Hm rKl Uss 4U 7k Lb 2vf EPu DDZ 4ug DIV