goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

7 Makanan Terbaik untuk Tidur Lebih Baik, Menurut Para Ahli

Tidur memengaruhi setiap aspek kesejahteraan kita. Ini memainkan peran penting dalam menjaga fungsi pikiran dan tubuh kita, dan istirahat yang cukup membantu kita membangun sistem kekebalan yang lebih kuat, meningkatkan kesehatan mental dan fisik, serta membuat kita lebih produktif. Jika Anda tidak mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur berkualitas setiap malam seperti yang direkomendasikan, Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan depresi. Selain itu, kondisi serius lainnya seperti diabetes, gagal jantung, atau stroke juga dapat terjadi.

Mulai dari mengonsumsi suplemen tidur seperti melatonin hingga mengubah rutinitas sebelum tidur, kebanyakan orang yang kelelahan akan mencoba berbagai trik untuk tidur lebih baik. Salah satu hal yang banyak orang lewatkan dalam pencarian tidur yang lebih baik adalah pola makan mereka. Makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Berikut adalah tujuh makanan terbaik yang dapat Anda sertakan dalam diet Anda untuk membantu meningkatkan tidur.

Untuk cara lain untuk meningkatkan istirahat, lihatlah trik tidur favorit editor kesehatan kami, atau lihat bagaimana tidur dengan menggunakan kaus kaki dapat membantu.

Baca selengkapnya: Kasur Terbaik, Diuji oleh Para Ahli Kami

Bagaimana makanan kaya nutrisi membantu Anda tidur

Makanan di bawah ini membantu Anda tidur lebih baik karena mereka semua mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan secara umum, dan pada gilirannya meningkatkan tidur. “Makanlah berbagai makanan alami yang tidak diproses yang kaya akan antioksidan dan serat,” kata Josh Axe, seorang ahli gizi klinis dan salah satu pendiri Ancient Nutrition. “Usahakan untuk mengombinasikan makanan yang menyediakan berbagai macronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein), yang memastikan kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi,” kata Axe.

MEMBACA  Kunci pintar Matter-over-Thread dari Aqara membawa rumah lebih dekat ke keamanan yang mulus

Ia juga menambahkan bahwa ide baiknya berhenti makan dua hingga tiga jam sebelum tidur agar Anda memiliki waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur dan tidak mengalami masalah dengan refluks asam.

Di luar macronutrien, Axe mengatakan beberapa mikronutrien juga dapat mempengaruhi tidur. Jika Anda curiga kekurangan sesuatu, Anda harus meminta dokter Anda melakukan tes lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak. “Kekurangan vitamin D atau magnesium dapat mengganggu tidur. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin E dan C, serta vitamin B12 dan B6 mungkin juga mengalami masalah tidur,” kata Axe. “Setiap nutrisi ini mempengaruhi siklus tidur dengan cara yang berbeda, seperti berperan dalam ritme sirkadian Anda dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melatonin dan bahan kimia yang menenangkan lainnya.”

Yogurt, kacang-kacangan, dan buah-buahan adalah contoh makanan yang dapat membantu Anda tidur lebih baik.

Konsumsilah 7 makanan ini untuk tidur lebih baik

“Makanan yang membantu tidur termasuk yang mengandung triptofan (asam amino yang membantu pelepasan serotonin), magnesium, vitamin D, dan karbohidrat kompleks,” kata Axe. “Makanan yang tinggi vitamin C dan vitamin B juga bisa membantu.”

Inilah pilihan utama Axe untuk makanan yang membantu tidur:

1. Gandum utuh seperti oats atau quinoa.

2. Protein seperti unggas dan ikan.

3. Sayuran hijau dan sayuran cruciferous.

4. Telur dari unggas yang dibiarkan berkeliaran.

5. Pisang, kiwi, jeruk, beri, dan buah-buahan lainnya.

6. Susu dan yogurt.

7. Kacang-kacangan seperti almond dan kenari.

Pentingnya makanan seimbang

“Diet seimbang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi peradangan, yang penting untuk mencegah rasa sakit dan mendapatkan tidur yang nyenyak,” kata Axe. “Mendapatkan cukup macronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) juga membantu tubuh Anda dalam menciptakan bahan kimia yang menenangkan seperti serotonin dan melatonin, yang membantu Anda merasa rileks dan mengantuk.”

MEMBACA  Pemecah Otak OpenAI Sora, Proyeksi Visi Hilang Gemerlapnya, dan Berita Teknologi Besar Lainnya

Beberapa makanan tertentu dapat membantu Anda tidur lebih baik jika Anda mengonsumsinya sebelum tidur atau ketika Anda terbangun di tengah malam – tetapi ketujuh makanan di atas dapat meningkatkan istirahat tidak peduli kapan Anda mengonsumsinya. Lagi pula, kunci untuk makan dengan baik demi tidur adalah dengan mengonsumsi makanan secara sadar dan seimbang secara keseluruhan. Tidak ada satu makanan pun yang merupakan solusi ajaib, tetapi makanan-makanan ini dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan.

Diet Anda mungkin bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi tidur. Pelajari bagaimana Anda dapat tidur lebih cepat dengan mengurangi kecemasan dan bagaimana tidur lebih baik saat pola tidur berubah seiring bertambahnya usia.