goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

23andMe Dalam Sorotan. Pendirinya Tetap ‘Optimis’

Anda memiliki kemitraan eksklusif dengan GlaxoSmithKline selama lima tahun, dari 2018 hingga 2023. Seberapa sukses itu?

Hasilnya sangat produktif. Ada lima puluh target obat yang dihasilkan, jauh lebih banyak dari yang kami harapkan. Mereka memperpanjangnya untuk satu tahun lagi, tahun keenam, meskipun sekarang tidak eksklusif. Kami sekarang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dataset untuk diri kami sendiri, serta bermitra dengan kelompok lain. Tim 23andMe dan GSK merasa bahwa ada begitu banyak hal di dalamnya, tidak mungkin satu kelompok bisa mengekstrak semuanya. Ini adalah sumber daya nyata yang dapat kami terapkan pada berbagai organisasi untuk penemuan obat mereka sendiri.

Apakah ada area penyakit tertentu yang sangat Anda minati?

Kami telah mempersempit upaya penemuan kami sendiri ke dalam imunologi peradangan, terutama pada asma. Kami juga fokus pada program imunoonkologi kami, tetapi lebih pada sisi pengembangan obat.

Berbicara tentang itu, Anda memiliki obat dalam uji coba Fase 2, yaitu antibodi untuk kanker tumor padat, dan baru saja mengumumkan bahwa Anda akan memulai uji coba Fase 1 untuk obat kedua, yang dikenal sebagai aktivator sel pembunuh alami, juga untuk kanker. Apakah Anda mengidentifikasi obat-obatan itu berdasarkan data genetik Anda?

Ya, kami melakukannya. Sangat menarik melihat data genetik berubah menjadi hipotesis yang menjadi obat dan benar-benar melihat dampaknya pada pasien.

Apakah Anda berpikir sebagian besar pelanggan 23andMe menyadari bahwa jika mereka memilih untuk berpartisipasi dalam penelitian, mereka juga memilih agar data mereka digunakan oleh mitra farmasi potensial?

Ini bukan data tingkat individu, kecuali mereka secara eksplisit menyetujui untuk data tingkat individu. Saya pikir sebagian besar orang ingin melihat perbaikan dalam hidup mereka. 23andMe dapat membawa kita sejauh ini. Tetapi kemudian kita perlu bermitra dengan orang lain untuk benar-benar mempercepat dalam berbagai area penyakit yang berbeda.

MEMBACA  Bagaimana Menjadi Lebih Anonim Online

Sejak awal sejarah perusahaan, seberapa awal Anda mulai memikirkan pengembangan obat sebagai arah yang mungkin ditempuh oleh 23andMe?

Penemuan obat selalu sangat menarik bagi saya. Saya sangat menyukai bidang ini. Saya pikir sangat menarik untuk dapat memahami genetika dan kemudian menerapkannya untuk membantu memahami dan menjelaskan biologi. Iterasi awalnya adalah tentang kami tidak melakukan terlalu banyak sendiri tetapi bermitra dengan perusahaan farmasi lainnya.

Sudah lebih dari 20 tahun sejak Proyek Genom Manusia selesai, namun integrasi genetika dan genomik ke dalam perawatan medis belum sepenuhnya terwujud. Mengapa hal itu terjadi?

Pertanyaan terbesar seputar genetika adalah tentang biaya. Dalam sistem perawatan kesehatan AS, karena majikan membayar sebagian besar perawatan kesehatan dan rata-rata waktu kerja karyawan di sebuah pekerjaan adalah tiga tahun, maka Anda melihat: Berapa jangka waktu investasi Anda dalam tiga tahun, dan apakah itu akan menguntungkan dalam jangka waktu tersebut? Jadi, saya pikir ini banyak tentang, tahu sampai kapan perawatan pencegahan itu bermanfaat? Saya pikir salah satu hal yang sedikit menyedihkan bagi individu adalah bahwa apa yang sebaiknya untuk seluruh populasi tidak selalu sebaiknya untuk Anda.