Layanan Pengawal Perbatasan Negara menggambarkan situasi terkini di perbatasan Ukraina-Polandia

Pagi ini, sekitar 1.250 truk sedang mengantri di perbatasan antara Ukraina dan Polandia.

Sumber: Andrii Demchenko, juru bicara Layanan Penjaga Perbatasan Negara, saat tampil di siaran berita nasional 24/7 bersama

Kutipan: “Saat ini, ada lima pos pemeriksaan seperti itu (di mana lalu lintas truk diblokir – red.).

…Sejumlah kecil truk diizinkan untuk melintas. Antara satu hingga tiga truk diizinkan melintas setiap jamnya ke arah dua arah. Para pengorganisir dan peserta mogok menetapkan kuota mereka sendiri. Jenis kendaraan lainnya [seperti mobil pribadi dan kendaraan komersial ringan] tidak terpengaruh.”

…Pagi ini, total 1.250 truk mengantri di lima pos pemeriksaan ini. Antrean terbesar berada di Yahodyn dan Rava-Ruska. Truk-truk ini terjebak di Polandia menunggu untuk menyeberang perbatasan ke Ukraina. Situasinya lebih baik di Ustyluh dan Uhryniv, di mana hampir tidak ada antrian.

Namun, setiap pos pemeriksaan memiliki kekhasannya sendiri: di beberapa tempat, truk dengan berat lebih dari 7,5 ton, yaitu truk besar, dapat melintasi perbatasan. Misalnya, truk kosong dengan berat lebih dari 7,5 ton dan truk yang lebih kecil dapat melintasi perbatasan di Ustyluh dan Uhryniv.

Kami juga melihat penurunan jumlah truk yang melintasi perbatasan. Ini terutama terlihat di arah pos pemeriksaan Yahodyn. Sebelum lalu lintas diblokir, sekitar 1.200-1.400 truk melintasi pos pemeriksaan ini ke arah dua arah. Tetapi kemarin, misalnya, 95 truk melintasi perbatasan, tujuh di antaranya menuju Polandia dan sisanya menuju Ukraina.”

Latar Belakang:

Pada hari Jumat, petani dari seluruh Polandia meluncurkan protes lain, yang diperkirakan akan berlangsung selama 30 hari. Ini melibatkan, antara lain, pemblokiran jalan dan perbatasan dengan Ukraina.

MEMBACA  Investasi TI Lebih Didahulukan pada Sektor Swasta dan Perusahaan Negara: Anies

Pada hari Minggu, dekat pos pemeriksaan Dorohusk, para demonstran menumpahkan sejumlah biji-bijian dari truk-truk Ukraina yang telah menyeberang perbatasan.

Kedutaan Ukraina di Polandia mengharapkan reaksi keras dari pihak Polandia setelah insiden di perbatasan.

Dukung UP atau jadilah pendukung kami!