Pembunuhan Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico: Apa yang Harus Diketahui

Perdana Menteri Robert Fico dari Slovakia ditembak lima kali pada hari Rabu, dalam serangan paling serius terhadap seorang pemimpin Eropa dalam beberapa dekade. Para pejabat mengatakan tindakan tersebut adalah upaya pembunuhan yang memiliki motif politik, menimbulkan kekhawatiran bahwa politik Eropa yang semakin polarisasi dan penuh kebencian bisa berujung pada kekerasan.

Tuan Fico, seorang politisi veteran, menjalani operasi darurat selama berjam-jam setelah terluka kritis di sebuah kota di Slovakia tengah. Pejabat rumah sakit dan pemerintah mengatakan Kamis bahwa kondisi Tuan Fico telah stabil semalam namun tetap serius.

Inilah yang kami ketahui tentang penembakan.

Bagaimana kejadiannya?

Video dari lokasi menunjukkan bahwa Tuan Fico ditembak di Banikov Square, di pusat kota Handlova, di mana perdana menteri telah mengadakan pertemuan pemerintah.

Penyerang terlihat dalam video berdiri dengan orang lain di belakang pagar besi sebelum melangkah maju dan menembak Tuan Fico dari jarak beberapa kaki saat dia datang menyapa mereka.

Tuan Fico membungkuk di pinggang dan jatuh ke belakang ke bangku, dan petugas keamanan membawanya masuk ke dalam mobil hitam. Tuan Fico diangkut dengan helikopter ke rumah sakit di Banska Bystrica, sebuah kota dekat Handlova, menurut pejabat Slovakia.

Bagaimana kondisi Tuan Fico?

Kondisi Tuan Fico stabil semalam, dan para dokter melakukan lebih banyak prosedur dalam upaya untuk memperbaiki kondisinya, kata Wakil Perdana Menteri Robert Kalinak Kamis pagi di luar rumah sakit tempat perdana menteri dirawat.

Miriam Lapunikova, direktur rumah sakit, mengatakan Tuan Fico telah menjalani lima jam operasi untuk luka tembak. Dia mengatakan bahwa kondisinya tetap “benar-benar sangat serius” dan bahwa dia tetap berada di unit perawatan intensif.

MEMBACA  Ringkasan Jumat: Apakah Korea Utara Akan Menyerang?

Siapa penembaknya?

Seorang tersangka telah didakwa dengan pembunuhan berencana, kata menteri dalam negeri negara itu pada hari Kamis, menggambarkan pria itu sebagai “serigala sendirian” yang tidak berafiliasi dengan kelompok politik “radikal”.

Pihak berwenang tidak menyebutkan nama tersangka, namun mereka mengatakan bahwa bukti awal menunjukkan bahwa tindakan itu “jelas” memiliki motif politik.

“Pertama kalinya dalam 31 tahun republik berdaulat demokratis kita, terjadi bahwa seseorang memutuskan untuk mengekspresikan pendapat politik bukan dalam pemilihan, tetapi dengan senjata di jalan,” Matus Sutaj Estok, menteri dalam negeri Slovakia, menulis di Facebook.

Presiden Slovakia, Zuzana Caputova, menyebut upaya pembunuhan itu sebagai “serangan terhadap demokrasi.”

Tuan Estok mengatakan informasi lebih lanjut tentang penembak akan dibuka kepada publik “dalam beberapa hari mendatang.”

Bagaimana reaksi?

Di Slovakia, upaya pembunuhan meningkatkan polarisasi dan menambahkan kebencian pada lanskap politik yang sudah terbagi, dengan sekutu Tuan Fico menuduh lawan memiliki “darah di tangan mereka.” Lubos Blaha, seorang perwakilan partai Tuan Fico, Smer, mengatakan lawan dan yang ia sebut “media liberal” telah “membangun tiang gantungan” untuk perdana menteri.

Di luar negeri, penembakan menarik kecaman dari pemimpin dunia, termasuk presiden Rusia, Vladimir V. Putin. Tuan Putin memuji Tuan Fico, yang telah menyatakan pandangan pro-Rusia, dan mengatakan bahwa “Kejahatan mengerikan ini tidak bisa memiliki alasan apa pun.”

Viktor Orban, perdana menteri Hungaria dan sekutu Tuan Fico, mengatakan bahwa dia “sangat terkejut oleh serangan keji terhadap teman saya.”

Kecaman juga datang dari Amerika Serikat dan Uni Eropa. Presiden Biden menyebut tindakan itu sebagai “tindakan kekerasan yang mengerikan,” dan Ursula von der Leyen, presiden Komisi Eropa, menyebut serangan itu “keji” di media sosial.

MEMBACA  Melihat Insiden Pecco Vs Binder Vs Bezzecchi di Sprint MotoGP Spanyol, Siapa yang Bersalah? - See the Incident of Pecco Vs Binder Vs Bezzecchi in Spanish MotoGP Sprint, Who is at Fault?

Presiden Volodymyr Zelensky dari Ukraina, yang menghadapi dukungan yang menurun dari Slovakia meskipun mengirimkan pesawat tempur ke Ukraina ketika perang dimulai, juga mengutuk serangan itu.

Siapakah Tuan Fico?

Tuan Fico, yang telah menjabat sebagai perdana menteri lebih lama dari pemimpin Slovakia lainnya, telah menyajikan dirinya sebagai pejuang bagi rakyat biasa, dan musuh elite liberal. Seperti Tuan Orban dari Hungaria, Tuan Fico menentang imigrasi dari luar Eropa dan bantuan kepada Ukraina.

Dia memulai karir politik tiga dekade di kiri, namun selama bertahun-tahun telah merangkul pandangan politik kanan, begitu juga partainya, Smer.

Tuan Fico sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri dari tahun 2006 hingga 2010 dan dari tahun 2012 hingga 2018. Dia digulingkan setelah protes jalanan pada tahun 2018 atas pembunuhan seorang jurnalis yang sedang menyelidiki korupsi pemerintah, namun terpilih kembali tahun lalu setelah kampanye di mana dia mengambil sikap pro-Rusia, menjanjikan konservatisme sosial, nasionalisme, dan program kesejahteraan yang murah hati.

Kritikusnya telah menggambarkan beberapa rencana Tuan Fico sebagai upaya untuk mengembalikan Slovakia ke zaman Uni Soviet yang represif, dan telah mengkritik upaya pemerintahannya untuk mengubah penyiaran negara untuk membersihkan apa yang mereka anggap sebagai bias liberal dan membatasi pendanaan asing organisasi nonpemerintah yang dianggapnya sebagai agen asing.

Pelaporan ini didukung oleh Andrew Higgins, Lauren Leatherby, Cassandra Vinograd, dan Matthew Mpoke Bigg.