Saham Cadence Design Systems Anjlok Setelah Penghasilan di Investing.com

SAN JOSE, Calif. – Cadence Design Systems, Inc. (NASDAQ: CDNS) melaporkan hasil keuangan kuartal keempat dan tahun fiskal 2023-nya, melebihi ekspektasi analis dengan pendapatan per saham (EPS) kuartal keempat sebesar $1,38, naik $0,04 dari konsensus $1,34. Pendapatan perusahaan juga melebihi perkiraan, mencapai $1,07 miliar dibandingkan dengan perkiraan $1,06 miliar. Meskipun hasil keuangan melebihi ekspektasi, sahamnya turun 7,5%.

Pendapatan kuartal keempat menandai peningkatan sebesar 18,8% dari $900 juta yang dilaporkan pada kuartal yang sama tahun lalu, mencerminkan pertumbuhan tahun ke tahun yang kuat. Marjin operasi yang disesuaikan juga meningkat signifikan, dari 36% pada Q4 2022 menjadi 43% pada kuartal ini.

Presiden dan CEO Cadence, Anirudh Devgan, mengatributkan kinerja yang kuat ini kepada solusi inovatif perusahaan dan pelaksanaan strategi Desain Sistem Cerdas mereka, dengan penekanan khusus pada peluang kecerdasan buatan (AI) dan 3D-IC.

Untuk tahun fiskal 2023, Cadence melihat peningkatan pendapatan total sebesar 15%, mencapai $4,09 miliar, naik dari $3,562 miliar pada tahun 2022. EPS yang disesuaikan untuk tahun ini naik lebih dari 20%, menjadi $5,15 dibandingkan dengan $4,27 pada tahun sebelumnya. Perusahaan juga melaporkan backlog sebesar $6,0 miliar dan kewajiban kinerja yang tersisa (cRPO) sebesar $3,2 miliar.

Menghadapi masa depan, Cadence memberikan panduan untuk tahun fiskal 2024, dengan proyeksi kisaran EPS antara $5,87 hingga $5,97, yang mencakup konsensus analis sebesar $5,89. Proyeksi pendapatan untuk tahun ini berada di kisaran $4,55 miliar hingga $4,61 miliar, dengan titik tengah sedikit di bawah konsensus $4,583 miliar.

Untuk kuartal pertama 2024, perusahaan memperkirakan pendapatan antara $990 juta hingga $1,01 miliar, yang di bawah konsensus $1,08 miliar. Kisaran EPS yang disesuaikan untuk kuartal pertama, yaitu $1,10 hingga $1,14, juga di bawah perkiraan analis sebesar $1,37.

MEMBACA  3 Saham Kecerdasan Buatan Teratas untuk Dibeli dengan $1,000 dan Dipegang dalam Jangka Panjang

CFO John Wall menyatakan kepuasannya dengan pertumbuhan perusahaan dan backlog yang mencatat rekor, yang menurutnya menempatkan Cadence dalam posisi yang baik untuk tahun 2024. Segmen Desain dan Analisis Sistem perusahaan tumbuh 22% secara tahun ke tahun, dan kerja sama strategis dengan pemimpin industri seperti NVIDIA, Arm, dan Intel diperluas. Namun, penurunan saham setelah laporan keuangan menunjukkan bahwa investor mungkin lebih mempertimbangkan panduan yang hati-hati daripada kinerja kuartal sebelumnya.

Wawasan dari InvestingPro menunjukkan kekuatan keuangan dan kinerja pasar perusahaan yang lain, termasuk margin keuntungan kotor yang mengesankan sebesar 89,18% dalam dua belas bulan terakhir hingga Q3 2023. Ini menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan profitabilitas dan mengelola biaya produksi dengan efektif.

Investor perlu memperhatikan bahwa meskipun kinerja perusahaan yang solid, analis telah menurunkan perkiraan laba mereka untuk periode mendatang, yang mungkin telah berkontribusi pada penurunan harga saham setelah laporan keuangan dirilis. Meskipun saham perusahaan diperdagangkan dengan multiple earning yang tinggi dengan rasio P/E sebesar 86,64, perlu dipertimbangkan bahwa Cadence Design Systems juga diperdagangkan dengan rasio P/E yang tinggi relatif terhadap pertumbuhan laba jangka pendek, yang dapat menjadi sinyal bahwa saham tersebut dinilai optimis dibandingkan prospek pertumbuhannya.

Wawasan tambahan dari InvestingPro mengungkapkan beberapa aspek lain dari kesehatan keuangan perusahaan dan kinerja pasar:

– Kapitalisasi Pasar (Disesuaikan): 83,41 miliar USD
– Pertumbuhan Pendapatan (Triwulanan) untuk Q3 2023: 13,36%
– Total Pengembalian Harga dalam Satu Tahun hingga hari ke-44 tahun 2024: 65,09%

Untuk pembaca yang tertarik dengan analisis yang lebih mendalam, terdapat lebih dari 20 Tips InvestingPro tambahan yang tersedia untuk Cadence Design Systems, yang dapat memberikan pandangan yang lebih kompleks tentang prospek keuangan perusahaan. Tips ini dapat ditemukan di https://www.investing.com/pro/CDNS. Jangan lupa menggunakan kode kupon PRONEWS24 untuk mendapatkan diskon tambahan 10% untuk langganan Pro dan Pro+ tahunan atau dua tahunan, yang akan memperkaya strategi investasi Anda dengan wawasan ahli.

MEMBACA  Komentar Trump mengenai Rusia dan NATO 'mengerikan dan tidak terkendali,' juru bicara Gedung Putih Menurut ReutersKomentar Trump mengenai Rusia dan NATO 'mengerikan dan tidak terkendali,' kata juru bicara Gedung Putih Menurut Reuters

Artikel ini dibuat dengan dukungan dari kecerdasan buatan dan ditinjau oleh seorang editor. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat T&C kami.