fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj

Kebakaran hutan di Kanada memicu perintah evakuasi, peringatan: Apa yang perlu Anda ketahui | Berita Krisis Iklim

Ribuan orang telah dievakuasi karena kebakaran hutan besar dan tidak terkendali melanda wilayah luas di Kanada barat, dengan negara itu berjuang menghadapi apa yang bisa menjadi musim kebakaran yang menghancurkan lagi.

Pekan ini, warga kota kecil Fort Nelson, di British Columbia timur laut, dipaksa meninggalkan rumah mereka ketika kobaran api tumbuh “dramatis” hanya dalam beberapa hari dan bergerak menuju komunitas itu.

Di provinsi tetangga Alberta, otoritas memberikan waktu dua jam kepada penduduk di sebagian wilayah Fort McMurray – sebuah kota di pusat wilayah tar sands Kanada – untuk pergi karena kebakaran hutan yang mendekat.

Kanada mengalami musim kebakaran paling intensif dalam sejarahnya tahun lalu, dengan ratusan kebakaran hutan terbakar di provinsi dan wilayah di seluruh negara dalam krisis yang para ahli katakan diperparah oleh perubahan iklim.

Berikut yang perlu Anda ketahui tentang kebakaran hutan saat ini.

Asap meningkat dari kebakaran hutan MWF017 di sisi selatan lembah Sungai Athabasca dekat Fort McMurray, Alberta, 10 Mei [Alberta Wildfire/Handout via Reuters]

Berapa banyak kebakaran hutan yang terjadi di Kanada?

Lebih dari 130 kebakaran hutan saat ini sedang terjadi di seluruh negara, menurut perhitungan oleh Canadian Interagency Forest Fire Centre (CIFFC).

Dari jumlah tersebut, 40 dianggap tidak terkendali pada hari Rabu pagi.

Hingga saat ini tahun ini, Kanada telah mengalami lebih dari 1.000 kebakaran hutan yang telah membakar sekitar 336.000 hektar (830.000 acre) tanah, CIFFC temukan.

Di mana kebakaran sedang terjadi?

Sebagian besar kebakaran terjadi di British Columbia dan Alberta, kata CIFFC di situs webnya.

Kebakaran juga telah terjadi di Saskatchewan, Manitoba, dan Wilayah Barat Laut, di antara bagian lain negara.

MEMBACA  Penangkapan Mantan Wakil Presiden Ekuador di Kedutaan Besar Meksiko Memicu Pecahnya Hubungan Diplomatik

Di mana perintah evakuasi dikeluarkan?

Sekitar 3.500 orang dievakuasi dari Fort Nelson dan Fort Nelson First Nation, di British Columbia timur laut, karena kebakaran Parker Lake. Hingga Selasa, kobaran api telah tumbuh menjadi lebih dari 8.400 hektar (20.700 acre).

Pada Selasa sore, otoritas di Alberta juga mengeluarkan perintah evakuasi untuk daerah Abasand, Beacon Hill, Prairie Creek, dan Grayling Terrace di Fort McMurray.

Kota itu sendiri, yang dilanda kebakaran hutan yang menghancurkan pada tahun 2016, saat ini berada di bawah “peringatan evakuasi”, yang berarti penduduk harus siap untuk pergi jika perintah evakuasi dikeluarkan.

Badan Kebakaran Alberta mengatakan pada hari Rabu pagi bahwa angin yang menguntungkan diharapkan akan mendorong kebakaran menjauh dari Fort McMurray sementara kru terus bekerja untuk mengekang kobaran api.

Sementara itu, orang-orang juga dievakuasi di bagian utara Manitoba, di Kanada bagian tengah. Kebakaran hutan yang tak terkendali di dekat kota-kota kecil Flin Flon dan The Pas – dekat perbatasan provinsi dengan Saskatchewan – telah tumbuh menjadi 31.600 hektar (78.000 acre).

Kebakaran hutan Parker Lake bersinar di dekat Fort Nelson, British Columbia, 10 Mei [Andrei Axenov/BCEHS/Handout via Reuters]

Apa yang menyebabkan kebakaran hutan?

Secara umum, kebakaran hutan di Kanada disebabkan baik oleh petir atau perilaku manusia.

Beberapa kobaran api yang sedang terjadi di negara ini adalah apa yang dikenal sebagai “kebakaran holdover”. Istilah ini mengacu pada kebakaran yang terus terjadi di bawah salju selama musim dingin dan menyala kembali ketika suhu menjadi hangat di musim semi.

Otoritas mengatakan kondisi kekeringan dan angin kencang mendorong kebakaran.

Ben Boghean, spesialis perilaku kebakaran dengan BC Wildfire Service, mengatakan wilayah timur laut British Columbia “telah mengalami beberapa tahun kekeringan, dengan salju di bawah normal musim dingin lalu”.

MEMBACA  Colliers memperkirakan pertumbuhan di tengah sumber pendapatan yang beragam oleh Investing.com

“Sebagai hasil dari hal ini, hutan kami di zona Fort Nelson sangat responsif terhadap pengapian kebakaran baru dan laju penyebaran yang cepat,” katanya, menjelaskan bahwa kebakaran Parker Lake menyala di tengah angin kencang dan tumbuh delapan kilometer (lima mil) dalam empat jam setelah pertama kali terdeteksi.

“Pertumbuhan cepat ini menyoroti seberapa kering dan mudah terbakar bahan bakar hutan di sini,” kata Boghean.

Apakah krisis iklim memainkan peran?

Para ahli mengatakan suhu yang lebih tinggi telah memperpanjang musim kebakaran Kanada, yang biasanya berlangsung dari akhir April hingga September atau Oktober, dan meningkatkan petir – penyebab utama kebakaran.

Mike Flannigan, ketua penelitian untuk layanan prediksi, manajemen darurat, dan ilmu kebakaran di Thompson Rivers University di British Columbia, mengatakan kepada Al Jazeera tahun lalu bahwa atmosfer yang lebih hangat juga mengeringkan bahan bakar kebakaran, seperti vegetasi di lantai hutan.

Bahan bakar yang lebih kering ini kemudian membuat lebih mudah bagi kebakaran untuk memulai dan menyebar, dan mereka menyebabkan kebakaran yang lebih intensitas yang “sulit hingga tidak mungkin untuk dipadamkan”, kata Flannigan.

Kekeringan berkelanjutan dan suhu yang lebih hangat di Kanada telah memicu kebakaran hutan di British Columbia. #ParkerLakeWildfire telah melahap lebih dari 13.000 hektar dan memicu evakuasi di #FortNelson. Periksa gambar dari #MusimKebakaran Kanada 2023 di sini: https://t.co/F79iU4jVY3 pic.twitter.com/kxpiiaW7CE

– USGS Landsat (@USGSLandsat) 14 Mei 2024

Apa efek lain yang ditimbulkan kebakaran hutan?

Peringatan kualitas udara telah dikeluarkan di beberapa provinsi Kanada, serta di Amerika Serikat.

Selama seminggu terakhir, peringatan dikeluarkan untuk bagian Montana, North dan South Dakota, Iowa, dan Minnesota karena asap kebakaran hutan Kanada, laporan media AS.

MEMBACA  Apa yang Dipecahkan oleh Misteri Pembunuhan - The New York Times

Musim kebakaran Kanada yang rekor pada tahun 2023 juga menghasilkan plume asap besar ke selatan perbatasan AS.

“Pertanyaan mendesak yang ada di pikiran banyak orang: ‘Apakah ini keadaan normal yang baru?'” tiga profesor di University of Iowa menulis di The Conversation minggu ini. “Dari perspektif kami sebagai ilmuwan kualitas udara, kami pikir jawabannya kemungkinan ‘ya’.”

fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj