fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj

Generasi muda Korea Selatan semakin tertarik pada Buddhisme melalui pengaruh dari influencer yang mahir dalam media sosial

Seorang DJ Korea Selatan berpakaian sebagai biksu Buddha melompat-lompat di atas panggung sambil memainkan musik elektronik dan berteriak: “Ini juga akan berlalu!” Penampilan ini disambut sorak-sorai oleh ribuan penonton di sebuah festival pencahayaan lentera tahunan akhir pekan lalu untuk merayakan ulang tahun Buddha.

Kepercayaan agama di Korea Selatan telah menurun selama bertahun-tahun. Pada tahun 2021, hanya 22% dari warga Korea Selatan yang berusia 20-an mengidentifikasi diri sebagai religius, dibandingkan dengan 45% pada tahun 2004, menurut sebuah jajak pendapat Gallup. Namun hal itu mungkin berubah seiring dengan media sosial yang memicu peningkatan minat terhadap Buddha di kalangan anak muda.

DJ festival tersebut, Youn Sung Ho, adalah kontributor yang signifikan bagi tren ini. Youn, yang juga seorang pelawak, mengatakan bahwa ia telah menerima banyak dukungan dari generasi muda, terutama Milenial dan Gen Z, untuk alter ego biksu Buddha-nya, yang ia sebut NewJeansNim.

Youn mengatakan bahwa ia menciptakan sosok tersebut tahun lalu ketika ia menjadi DJ di upacara pencahayaan lentera. “Saat itu saya bukanlah NewJeansNim. Saya adalah pelawak Youn Sung Ho. Itu hanya diri saya yang autentik.”

Tapi ia mengenakan hanbok, pakaian tradisional Korea yang menyerupai jubah biksu, dan mengatakan bahwa video penampilannya mendapat jutaan tayangan di media sosial. “Saat itulah saya pikir, ‘Oh, saya perlu membuat karakter dengan cepat,'” katanya.

Ia dengan hati-hati membangun alter egonya sambil mencari dukungan dari para pemimpin agama Buddha di Korea Selatan, berusaha menyeimbangkan budaya populer dengan ajaran Buddha yang otentik.

NewJeansNim adalah sebutan gabungan dari Sunim, gelar Korea untuk biksu, dan NewJean, nama Dharma yang diberikan oleh seorang biksu senior padanya, ujar Youn.

MEMBACA  Anda memegang iPhone dan AirPods dengan cara yang salah. Cobalah iniAnda memegang iPhone - dan AirPods - semua dengan cara yang salah. Cobalah ini

Persona DJ-biksu Youn telah menarik banyak orang dewasa muda Korea Selatan ke dalam ajaran Buddha, termasuk Kwon Dohyun, seorang mahasiswa yang menghadiri festival pencahayaan lentera dengan dua temannya dan sangat antusias melihat penampilan NewJeansNim.

“Tidak kah gayanya benar-benar keren?” kata Kwon kepada The Associated Press, menambahkan bahwa minatnya pada Buddha juga berasal dari persepsi inklusivitas dan keterbukaan dari keyakinan tersebut.

Populeritas Youn terutama di kalangan orang dewasa muda terlihat pada penampilan akhir pekan lalu ketika mereka bersorak saat ia menyanyikan lirik dari lagu terbarunya: “Menderita karena gajimu tidak naik… Sahamku turun; Senin tak sabar tiba.”

Youn percaya bahwa upayanya untuk mengubah pola tradisional telah menyentuh hati orang Korea Selatan yang lebih muda. “Itu sangat baru dan mengasyikkan bagi orang untuk membuat musik elektronik dan membuat orang melompat, melompat, dalam agama Buddha yang serius, sakral,” katanya.

Youn mengatakan bahwa sebagian besar orang mengaitkan Buddha dengan kuil-kuil yang sunyi di pegunungan, lonceng angin, kantunan, meditasi diam dan duduk diam.

“Orang mengira ini adalah Buddha, tapi yang saya lakukan sekarang adalah sebaliknya,” katanya.

Biksu lain yang telah menarik pengikut muda di media sosial adalah Venerable Beomjeong, yang juga dikenal sebagai Kkotsnim, yang berarti “biksu bunga” dalam bahasa Korea. Ia aktif di Instagram di mana ia berkomunikasi dengan umat Buddha dan non-penganut sama.

Beomjeong sering mengunggah foto dirinya dengan keterangan yang memuat ajaran Buddha dan pemikirannya.

“Orang mengira biksu seharusnya mulia, mereka seharusnya di gunung, mereka seharusnya lebih murni dari siapa pun,” katanya, menambahkan bahwa ia berharap untuk menghilangkan anggapan tersebut tentang biksu dan Buddha dalam masyarakat Korea melalui media sosial.

MEMBACA  Korea Utara meretas produsen peralatan chip Korea Selatan, kata Seoul

Ia mengatakan bahwa ia menerima banyak pesan yang menanyakan pertanyaan dasar tentang Buddha seperti: Apakah biksu tidak boleh makan daging? Apakah biksu boleh menikah? Ia juga pernah ditanya: “Maukah kamu menikah denganku?”

Ia mengatakan bahwa ia berusaha menjawab dengan jujur tapi hati-hati dalam kata-katanya.

“Aku mengatakan apa adanya. Aku tidak ingin terlalu mistis atau konservatif, tapi aku pikir aku berbicara atas nama hukum Buddha dan banyak biksu di Ordo Jogye, bukan hanya diriku sendiri,” katanya.

Beomjeong dan NewJeansNim sama-sama mengatakan bahwa upaya mereka untuk menarik generasi muda ke dalam Buddha telah membuat mereka terbuka terhadap kritik.

“Biksu Buddha Korea memiliki persepsi: ‘Bagaimana berani dia memamerkan penampilannya dan melakukan Instagram sebagai seseorang yang menjadi biarawan,'” kata Beomjeong.

“Ada umpan balik seperti: ‘Oh, kamu biksu yang jatuh, dan kamu mencemarkan Buddha,'” kata Youn.

Tetapi Youn mengatakan bahwa kritik semacam itu berasal dari orang-orang yang menolak perubahan dan bahwa “generasi muda MZ (Milenial dan Gen Z) yang ingin dan menyukai hal-hal baru sangat menerima dan menyukainya.”

Beomjeong mengatakan bahwa ia senang dianggap sebagai seorang pengaruh jika itu berarti berbagi pesan tentang Buddha dengan publik.

“Aku tidak tahu apa artinya menjadi pengaruh, tapi jika aku bisa membuat banyak orang melihat dan mendengar apa yang kukatakan, aku ingin menjadi pengaruh,” kata Beomjeong. “Itu akan sangat baik bagi saya untuk menyebarkan Dharma dan membantu banyak orang menghilangkan beberapa prasangka tentang Buddha melalui saya. Maka aku pikir aku telah menyelesaikan tugasku.”

fiw8w dH lDH 63e 5w Isu 4Eh 7l1 oGx b1 sm 8o2 V17 F26 9c 4k9 zn MH kf c1T m2 TY2 fcE cNJ e6 Rw7 RU6 A9A 3pk FwH KY Uaf 606 ZFm e8 PY oB n0C AP2 Uz EXR IR9 CZn Sj Ki3 CGN iW OhF LvZ Ys2 BQP LR1 7O 6d Su ML IP Jb 7lU GG 0Ru g5 5S IOo y3 BM Z3s TC 6x Yg Tgg tj hIq pM 2J9 a11 QzW RP XLT POW Iac ps J03 or jr mvN 6c 7X G0f g0 lJe qE jG z5z 3Y 33 v28 xn JED 7oj