Gempa bumi berkekuatan 4.8 melanda bagian barat daya Korea Selatan, kata badan cuaca negara tersebut.

SEOUL, Korea Selatan (AP) – Sebuah gempa bumi berkekuatan 4.8 melanda sebuah kabupaten perikanan kecil di wilayah barat daya Korea Selatan pada hari Rabu, tapi pejabat setempat mengatakan tidak ada laporan cedera atau kerusakan besar yang langsung.

Gempa bumi, yang memiliki kedalaman perkiraan 8 kilometer (5 mil), merupakan yang terkuat yang terdeteksi di Korea Selatan tahun ini.

Jo Hae-jin, seorang pejabat di departemen pemadam kebakaran Provinsi North Joella, mengatakan pejabat menerima hampir 80 panggilan dari warga yang merasakan getaran. Dia mengatakan pejabat sejauh ini mengkonfirmasi tiga kasus kerusakan properti kecil di Buan pada hari Rabu pagi, termasuk dinding yang retak di gudang, jendela pecah dan ubin dinding yang pecah di dua rumah yang berbeda.

Badan cuaca Korea Selatan mengatakan orang-orang pasti merasakan getaran di wilayah barat daya Provinsi North Jeolla.

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-Soo, pejabat No. 2 negara setelah Presiden Yoon Suk Yeol, mengadakan pertemuan darurat di mana dia memerintahkan pejabat untuk menjaga kemungkinan gempa susulan dan membuat persiapan untuk mengungsikan warga dengan aman dan melindungi infrastruktur penting seperti pembangkit listrik dan jaringan transportasi.

MEMBACA  Gempa Besar Mengguncang Taiwan, DPR Meminta Kemlu Untuk Melakukan Pemeriksaan Proaktif Terhadap WNI: Jika Diperlukan Evakuasi