Foto Menunjukkan Terowongan dari Gaza Utara ke Israel, bukan dari kota selatan Rafah ke Mesir

Tangkapan layar dari postingan palsu di Weibo, ditangkap pada 9 Juni 2024

Postingan tersebut menyebar sebentar sebelum pengadilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Pengadilan Internasional (ICJ), memerintahkan Israel untuk menghentikan operasi militer di Rafah “segera”, sebuah putusan bersejarah yang kemungkinan akan meningkatkan tekanan internasional terhadap Israel lebih dari tujuh bulan dalam perang.

Pada hari kedua persidangan, pengacara Israel, Gilad Naom, mengatakan kepada pengadilan bahwa “Hampir 700 terowongan telah diidentifikasi di Rafah, dari mana sekitar 50 terowongan melintasi ke Mesir” (link diarsipkan).

“Terowongan ini digunakan oleh Hamas untuk memasok dirinya sendiri dengan senjata dan amunisi. Ini bisa berpotensi digunakan untuk menyelundupkan sandera atau anggota senior Hamas keluar dari Gaza.”

Tetapi foto yang diduga menunjukkan terowongan Hamas antara selatan Gaza dan Mesir sebenarnya menunjukkan sebuah lorong bawah tanah di dekat perbatasan sekitar 40 kilometer ke utara.

Terowongan Gaza Utara

Pencarian gambar terbalik di Google mengarah ke foto yang sama yang diterbitkan oleh Getty Images pada 7 Januari 2024, dan dikreditkan kepada Noam Galai (link diarsipkan).

Keterangan foto tersebut: “Pemandangan di dalam terowongan yang dilaporkan digunakan oleh Hamas pada 7 Oktober untuk menyerang Israel melalui perlintasan perbatasan Erez pada 7 Januari 2024 di Gaza Utara.

“Ketika IDF menekan ke Gaza sebagai bagian dari kampanye mereka untuk mengalahkan Hamas, mereka telah menyoroti jaringan terowongan yang luas milik kelompok militan sebagai lambang dari cara kelompok ini menyusupkan diri dan aktivitas militernya di area sipil.”

Dibawah ini adalah perbandingan tangkapan layar foto yang dibagikan secara salah (kiri) dan foto yang diterbitkan oleh Getty Images (kanan):

Perbandingan tangkapan layar foto yang dibagikan secara salah (kiri) dan foto yang diterbitkan oleh Getty Images (kanan)

MEMBACA  Anak Perempuan Berusia 8 Tahun, Satu-satunya yang Selamat saat 45 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus

Fotografer Noam Galai juga memposting foto tersebut di Instagram, sebagai bagian dari serangkaian gambar dari terowongan yang sama (link diarsipkan).

Ia menulis: “Dalam foto di sini Anda dapat melihat tentara Israel mengamankan terowongan teror yang digunakan oleh Hamas pada 7 Oktober untuk menyerang Israel melalui perlintasan perbatasan Erez.”

Tangkapan layar dari posting Instagram fotografer.

Angkatan militer Israel bersumpah untuk menghancurkan terowongan Gaza, yang menurut sebuah studi dari akademi militer AS West Point berjumlah sekitar 1.300 dan mencakup lebih dari 500 kilometer pada awal perang.

Mesir, mediator lama dalam konflik tersebut, menolak klaim terowongan penyelundupan yang berjalan di bawah zona penyangga.

AFP melaporkan pada tahun 2015 bahwa tentara Mesir telah menghancurkan 1.600 terowongan yang berjalan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Namun, hingga 11 Juni 2024, AFP belum dapat secara independen mengkonfirmasi apakah masih ada terowongan karena area tersebut dibatasi oleh militer Mesir.

AFP telah membantah informasi yang salah terkait dengan perang Israel-Hamas di sini.