Dewan IMF menyetujui pembayaran hampir $800 juta dari Argentina

Presiden Argentina Javier Milei bersumpah untuk menurunkan inflasi (Marvin RECINOS)
Dewan eksekutif IMF memberikan suara pada hari Kamis untuk menyetujui pembayaran hampir $800 juta untuk Argentina saat negara tersebut melanjutkan program reformasi ekonomi drastis di bawah presiden libertarian-nya, Javier Milei.
Seorang \”anarko-kapitalis\” yang menyatakan diri, Milei bersumpah untuk menghentikan penurunan ekonomi Argentina dan mengurangi defisit anggaran menjadi nol, dan telah memulai program untuk memangkas belanja publik dan menurunkan inflasi, yang masih berada pada tingkat tahunan lebih dari 275 persen.
“Dewan Eksekutif menilai program berada dalam jalur yang tepat, dengan semua kriteria kinerja kuantitatif hingga akhir Maret 2024 terpenuhi dengan margin,” kata Dana Moneter Internasional dalam sebuah pernyataan.
Keputusan dewan eksekutif IMF untuk menyetujui review kedelapan program pinjamannya dengan negara Amerika Latin ini akan memungkinkan pencairan dana sebesar lebih dari $793 juta, membawa total pencairan di bawah program yang ada menjadi lebih dari $41 miliar.
“Dewan menekankan bahwa untuk menjaga kemajuan yang kuat diperlukan peningkatan kualitas penyesuaian fiskal, memulai langkah-langkah menuju kerangka kebijakan moneter dan FX (foreign exchange) yang ditingkatkan, dan melaksanakan agenda struktural,” kata IMF.
“Upaya berkelanjutan untuk mendukung mereka yang rentan, memperluas dukungan politik dan memastikan pembuatan kebijakan yang gesit juga akan diperlukan,” tambahnya.
“Berita baik terus berlanjut,” tulis Milei di X, berbagi pernyataan IMF.
Persetujuan pencairan ini mengikuti pengumuman sebelumnya pada hari itu bahwa inflasi Argentina mencapai 4,2 persen pada bulan Mei, yang terendah dalam dua setengah tahun, menurut lembaga statistik INDEC.

MEMBACA  Luis Rubiales: Mantan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol mengatakan dalam wawancara TV bahwa ia menghadapi sidang atas ciuman 'karena saya seorang pria'