Pemegang saham Tesla setujui kesepakatan bayaran rekor Elon Musk dan pindah ke Texas

Pemegang saham Tesla telah memberikan suara untuk mereaplikasi paket gaji bagi chief executive Elon Musk yang pada awalnya bernilai $56 miliar dan untuk mengubah bentuk perseroan mobil listrik tersebut di Texas, memberikan kemenangan signifikan baginya saat ia berusaha untuk menguatkan kendali atas perusahaan tersebut.

Hasil awal yang diumumkan dalam rapat tahunan Tesla di Austin pada hari Kamis, akan memperkuat posisi perusahaan saat mencoba untuk membatalkan keputusan pengadilan Delaware pada bulan Januari yang membatalkan paket opsi saham tahun 2018 — yang merupakan yang terbesar dalam sejarah AS — karena kekhawatiran akan nilainya dan independensi dari dewan direksi.

Walaupun suara tersebut tidak mengesampingkan keputusan pengadilan, ratifikasi tersebut bisa menjadi kunci dalam meyakinkan hakim untuk membatalkan atau mengubah pendiriannya. Pemegang saham Tesla shares naik 3 persen pada hari Kamis setelah postingannya, namun kinerja saham belakangan ini kurang memuaskan. Nilainya turun 29 persen dalam setahun terakhir, membuatnya bernilai $571 miliar, lebih dekat sekarang dengan JPMorgan dan Walmart daripada rekan-rekan teknologi “Magnificent Seven” seperti Microsoft dan Nvidia, yang lebih dari $3 triliun.

Penurunan tersebut juga berarti bahwa opsi saham 2018 Musk sekarang bernilai $48 miliar dibandingkan dengan $56 miliar sebelumnya. Namun, hasil ini adalah suatu bentuk pembuktian bagi ketua Tesla yang sebelumnya sigap, Robyn Denholm, yang muncul sebagai suara kampanye media sosial penghubung pemegang saham dalam beberapa bulan terakhir.

Dibalik layar, Denholm memperingatkan manajer aset bahwa Tesla berisiko kehilangan Musk jika ia tidak menerima sahamnya. Orang Australia yang sebelumnya bekerja sebagai akuntan tersebut mengatakan opsi saham tersebut penting untuk menjaga motivasi Musk karena “gairah dan hobinya adalah perjalanan antariksa antarplanet,” kata salah seorang orang.

MEMBACA  Petani di Florida beralih ke pohon kuno dari India saat industri jeruk mengering.

Musk menjalankan SpaceX, perusahaan swasta paling berharga di dunia yang memiliki monopoli hampir pada roket yang bisa digunakan kembali. Usaha lainnya termasuk platform media sosial X, perusahaan start-up implantasi otak Neuralink, dan grup kecerdasan buatan xAI. Ia secara terbuka mengancam akan mengembangkan produk kecerdasan buatan di luar Tesla jika sahamnya tidak meningkat, mengatakan bahwa ia memerlukan setidaknya 25 persen untuk melindungi perusahaan dari aktivis atau serbuan pengambilalihan.

“Kebebasan adalah kunci bagi masa depan Tesla . . . [dan] untuk menyelesaikan itu, sangat penting bagi Elon untuk berada di depan,” kata Tasha Keeney, direktur analisis investasi dan strategi institusional di Cathie Wood’s Ark Investment Management.

“Kami berinvestasi dalam inovasi yang mengganggu, mencapai sesuatu yang terlihat mustahil untuk dicapai berarti Anda harus memiliki kompensasi yang sesuai dengan tujuan yang sulit tersebut,” tambahnya.

Meskipun data pemungutan suara akhir kemungkinan akan dirilis pada hari Jumat, sudah ada satu kemenangan besar. Vanguard, pemegang saham terbesar Tesla dengan 7,3 persen saham, membalikkan sikapnya tentang gaji, setelah menentangnya pada tahun 2018, menurut seseorang yang akrab dengan hasilnya. BlackRock, yang terbesar kedua, juga mendukung kedua resolusi itu.

Pemegang saham terkemuka lainnya, termasuk Nordea Asset Management dan California Public Employees’ Retirement System, secara terbuka menentang pengesahan kembali.

Tahap selanjutnya dari saga gaji ini adalah sidang di Delaware awal bulan depan, ketika hakim, Kathaleen McCormick, akan mempertimbangkan permintaan biaya $5,2 miliar yang diajukan oleh para pengacara pemenang. Setelah putusannya, Tesla dapat mengajukan banding atas keputusan gaji tersebut ke Mahkamah Agung Delaware.

Sementara Tesla dapat dengan cepat mengajukan dokumen untuk mereinkorporasi di Texas, tidak diharapkan akan berdampak pada keputusan gaji karena pengadilan setempat masih harus menghormati putusan Delaware tersebut.

MEMBACA  Petunjuk dan Jawaban Koneksi NYT Hari Ini - Bantuan untuk 2 Juni, #357

Hambatan-hambatan yang tersisa tidak merusak mood perayaan di Austin, di mana para hadirin berbaris untuk menandatangani bendera “Jangan ganggu pemegang saham retail Tesla”.

Musk menjawab pertanyaan selama lebih dari satu jam tentang berbagai topik mulai dari sepatunya hingga apakah anak-anak berusia enam tahun boleh mengunjungi gigafactory Tesla. Salah seorang pemegang saham tampak gemetar ketika ia bertanya kepada “idolanya”.

Musk juga mengklaim telah memiliki dua “manusia pembunuh” yang mengancam nyawanya dalam 12 bulan terakhir dan berbicara tentang panggilan “mendadak” dari Donald Trump, yang katanya adalah penggemar Cybertruck dan yang dikaitkan dengannya untuk peran penasihat jika mantan presiden AS tersebut terpilih kembali pada bulan November.

Pujian juga mengalir di media sosial.

“Selamat Elon atas mendapatkan gaji yang dijanjikan dan atas inkorporasi baru Anda di Texas,” tulis gubernur Republik Texas, Greg Abbott, di X. “Selamat datang di negara yang tidak memiliki pajak penghasilan pribadi maupun korporasi.”

Penyertaan laporan tambahan oleh Patrick Temple-West dan Sujeet Indap