Berapa banyak yang dihabiskan setiap negara NATO untuk militer pada tahun 2024? | Berita NATO

PENJELASAN

32 anggota aliansi militer terkuat di dunia akan menghabiskan $1,47 triliun tahun ini.

NATO sedang mengadakan hari terakhir dari puncak tiga hari di Washington, DC, untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-75.

Pada hari Rabu, aliansi militer terkuat di dunia secara resmi menyatakan bahwa Ukraina berada pada jalur “tidak dapat diubah” menuju keanggotaan NATO dan berjanji untuk memberikan bantuan militer sebesar setidaknya $43 miliar kepada Kyiv.

Pada tahun 2006, para menteri pertahanan aliansi setuju untuk mengalokasikan minimal 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka untuk belanja pertahanan guna memastikan kesiapan militer aliansi.

Saat ini, dua pertiga anggotanya (23 dari 32) telah memenuhi komitmen ini, dan secara kolektif akan menghabiskan $1,47 triliun untuk pertahanan tahun ini. Ini meningkat dari hanya 10 negara yang memenuhi panduan 2 persen pada tahun 2023 dan tiga negara yang memenuhi komitmen pada tahun 2014.

Siapa 32 anggota NATO?

NATO didirikan pada tahun 1949 oleh 12 negara anggota – Belgia, Kanada, Denmark, Prancis, Islandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Tujuannya adalah untuk menghambat ekspansi Soviet dan mendorong integrasi politik di Eropa.

Selama 75 tahun terakhir, keanggotaannya telah berkembang menjadi 32 anggota dengan Finlandia dan Swedia menjadi negara terbaru yang bergabung pada tahun 2023 dan 2024, secara berturut-turut.

Berapa banyak yang dibelanjakan setiap anggota NATO?

Pada bulan Februari, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan: “Pada tahun 2024, sekutu NATO di Eropa akan menginvestasikan total gabungan sebesar $380 miliar dalam pertahanan. Untuk pertama kalinya, ini setara dengan 2 persen dari gabungan PDB mereka.”

Amerika Serikat tetap menjadi pengeluar militer terbesar di dunia. Dalam dolar, AS mewakili sekitar dua pertiga dari belanja pertahanan tahunan negara-negara NATO, dengan menganggarkan sekitar $967 miliar.

MEMBACA  Eisai Memperkuat Bisnis Investasi Bersama yang Bertujuan Mempercepat Inovasi Penemuan Obat dan Pendirian Platform Ekosistem Oleh Investing.com

Ini setara dengan sekitar 3,4 persen dari ekonomi AS sebesar $28,7 triliun.

Empat pengeluar terbesar berikutnya dalam dolar adalah Jerman ($97,7 miliar), Inggris ($82,1 miliar), Prancis ($64,3 miliar), dan Polandia ($34,9 miliar).

Infografis di bawah ini menunjukkan rasio belanja militer NATO oleh AS dibandingkan dengan anggota NATO lainnya yang direpresentasikan dalam harga konstan dolar AS tahun 2015.

Pada tahun 2014, sekutu NATO di Eropa dan Kanada menginvestasikan $250 miliar, atau sekitar 1,43 persen dari PDB kolektif mereka, untuk pertahanan. Angka itu telah meningkat secara stabil selama satu dekade terakhir dan diperkirakan akan mencapai $430 miliar, atau 2,02 persen, tahun ini.

Sebagai bagian dari PDB, Polandia (4,1 persen), Estonia (3,4 persen), AS (3,4 persen), Latvia (3,2 persen), dan Yunani (3,1 persen) menghabiskan paling banyak sementara Spanyol (1,3 persen), Slovenia (1,3 persen), Luksemburg (1,3 persen), Belgia (1,3 persen), dan Kanada (1,4 persen) menghabiskan paling sedikit.

Dibandingkan dengan tahun 2014, Latvia, Lituania, dan Hungaria memiliki peningkatan persentase terbesar dalam belanja pertahanan dengan Latvia dan Lituania meningkatkan belanja mereka lebih dari 300 persen dan Hungaria meningkatkan belanja pertahanan sebesar 225 persen.