Apa hasil dari Eropa dan lonjakan sayap kanan jauh memberitahu kita

4 jam yang lalu

Oleh Katya Adler, Editor Eropa BBC

Reuters

Pendukung partai sayap kanan jauh National Rally Prancis bereaksi setelah kemenangan mereka

Di Brussels, saat pertemuan para pemimpin UE yang lalu, Emmanuel Macron kadang-kadang dituduh mencoba mencuri perhatian.

Dia benar-benar berhasil melakukan itu pada malam Minggu. Meskipun mungkin bukan dengan cara yang dia inginkan.

Sementara suara untuk Parlemen Eropa masih dihitung, Mr Macron mendominasi headline.

Kekalahannya dalam pemilu oleh nasionalis kanan keras Prancis telah diharapkan. Keputusannya untuk membubarkan parlemen nasional Prancis sebagai akibatnya, datang sebagai kejutan.

Dia telah bermain dengan ide itu tahun lalu, setelah kalah telak dalam pemilu umum terakhir Prancis tapi sedikit yang mengharapkan langkah ini sekarang.

Ini adalah taruhan besar. Dari posisi yang lemah.

Emmanuel Macron menggambarkan dirinya sebagai seorang sentris dan seorang Eropa yang bersemangat.

Pemilu umum mendadak ini, yang berlangsung dalam dua putaran pada 30 Juni dan 7 Juli, bisa membuatnya harus bekerja sama dengan seorang perdana menteri Prancis dari kanan jauh Eropa skeptis.

Marine Le Pen, yang biasa digambarkan sebagai musuh politiknya, menyatakan pada hari Minggu bahwa partainya siap untuk memimpin.

Ini pernah terjadi di Prancis bahwa presiden, yang merupakan politisi paling berkuasa di negara itu, dan perdana menteri, berasal dari partai politik yang berbeda.

Tapi jika perdana menteri baru berasal dari kanan jauh, itu akan menjadi yang pertama bagi Prancis.

Marine Le Pen telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir untuk mencoba memperluas daya tarik gerak politiknya dan untuk melembutkan citranya yang ekstremis.

Dia dan para pendukungnya berharap kemenangan signifikan ini di tingkat UE (partainya National Rally mengumpulkan lebih dari dua kali lipat jumlah suara dari partai Renaissance Presiden Macron) akan berdampak besar dalam pemilu mendadak di tanah air.

MEMBACA  Eksekutif General Dynamics menjual lebih dari $6,2 juta saham menurut Investing.com

Mimpinya adalah bahwa keberhasilan itu kemudian akan membawanya, atau prodigee yang sangat populer, Jordan Bardella yang berusia 28 tahun, langkah besar lebih dekat untuk akhirnya menjadi presiden Prancis – sesuatu yang pernah dia coba dan gagal capai beberapa kali sebelumnya. Pemungutan suara presiden berikutnya di Prancis dijadwalkan pada 2027.

Reuters

Poster kampanye resmi kedua kandidat pemilihan presiden Prancis pada tahun 2022

Tetap dengan pemilu ini untuk Parlemen Eropa, kanan keras dan kanan nasionalis membuat kemajuan di banyak bagian UE, dengan para pemilih khawatir tentang migrasi, inflasi, dan biaya reformasi lingkungan.

Tapi apakah mereka akan benar-benar dapat mempengaruhi kebijakan UE di masa depan tidak jelas.

Mayoritas kursi di ruang UE di mana undang-undang blok tersebut dibahas, dimodifikasi, disahkan, atau ditolak, tetap kokoh di tangan partai sentris.

Untuk mempengaruhi kebijakan UE, partai kanan keras dari seluruh blok harus bersatu, untuk memberi mereka pengaruh.

Dan itu adalah tantangan. Mereka memiliki prioritas nasional yang berbeda dan beberapa perbedaan yang dalam, seperti sejauh mana mendukung Ukraina melawan Rusia.

Salah satu masalah yang memengaruhi kehidupan semua warga UE, yang sudah dipengaruhi oleh kanan keras, adalah reformasi lingkungan. Itu adalah prioritas triliunan euro bagi UE yang selama ini ambisius ingin menjadi pemimpin dunia dalam tindakan iklim.

Tapi partai hijau kehilangan 20 kursi besar dalam pemungutan suara Parlemen Eropa ini.

Pembayar pajak UE, dihadapkan dengan krisis biaya hidup, semakin khawatir, bahkan resisten terhadap aturan lingkungan baru, menempatkan mereka di bawah tekanan untuk membeli sistem pemanas baru untuk rumah mereka atau mobil yang kurang mencemari.

Petani di seluruh UE telah menggelar protes massal tentang aturan lingkungan yang mereka labelkan tidak adil dan merugikan.

MEMBACA  Marinette dan Menominee Veteran dalam Kebutuhan merayakan Hari Veteran Perang Vietnam Nasional

Kanan keras di seluruh Eropa dengan jelas menggunakan keluhan mereka untuk menyajikan diri mereka sebagai suara rakyat, melawan \”elit yang jauh\” di Brussels dan pemerintah nasional.

Hasilnya: di bawah tekanan menjelang pemungutan suara Parlemen Eropa ini, sejumlah peraturan lingkungan UE dilemahkan atau dicabut, termasuk salah satunya yang mengatur aturan pestisida. Pelemahan tujuan hijau ini bisa menjadi indikasi hal-hal yang akan datang.

Pikiran terakhir: Saat mencoba membuat prediksi yang kuat tentang jenis kekuatan yang akan, atau tidak akan, diberikan oleh kanan nasionalis di UE ke depan, label seringkali tidak membantu.

Beberapa nasionalis kanan keras menjadi semakin mainstream untuk memikat lebih banyak pemilih dan semakin banyak politisi tengah-kanan telah meniru bahasa kanan jauh pada isu-isu sensitif seperti migrasi dan lingkungan, dalam upaya untuk mempertahankan para pendukung.

Secara keseluruhan, partai tengah-kanan memenangkan jumlah kursi terbanyak dan membuat jumlah keuntungan terbesar dalam Parlemen Eropa.

Anda mungkin tidak melihat headline itu begitu sering meskipun. Itu kurang menarik perhatian daripada perdebatan tentang kenaikan kanan jauh.

\”