Serikat pekerja Samsung memulai ‘mogok kerja tanpa batas’

Anggota serikat pekerja terbesar Samsung telah mogok kerja tanpa batas waktu karena pembicaraan telah gagal mengenai gaji dan bonus.

Mogok oleh National Samsung Electronics Union (NSEU) pada akhirnya bisa membuat 31.000 pekerja, hampir seperempat dari total karyawan perusahaan di Korea Selatan, keluar dari tempat kerja, meskipun jumlah saat ini yang mogok jauh lebih sedikit.

Sekitar 6.000 pekerja melakukan mogok mulai hari Senin, tetapi diharapkan akan kembali bekerja pada hari Kamis. Namun, NSEU mengatakan perusahaan telah enggan untuk bernegosiasi mengenai perselisihan yang semakin meningkat mengenai kompensasi, sehingga membuat mogok tersebut menjadi tanpa batas waktu. Serikat pekerja tidak mengatakan berapa banyak anggota yang akan ambil bagian dalam mogok tanpa batas waktu, tetapi mengakui kepada Reuters bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan pemahaman kepada anggota tentang isu-isu ketenagakerjaan.

Selain gaji yang lebih tinggi, serikat pekerja juga meminta satu hari cuti tahunan tambahan untuk pekerja serikat dan perubahan pada sistem bonus karyawan.

Samsung mengatakan tidak ada gangguan produksi akibat berhentinya kerja para pekerja, menambahkan bahwa mereka “tetap berkomitmen untuk terlibat dalam negosiasi dengan serikat pekerja secara jujur” dalam sebuah pernyataan. Serikat pekerja, di situs webnya, mengatakan bahwa mereka “yakin akan kemenangan kita”.

Walau semua anggota NSEU bergabung dalam mogok, hal tersebut masih jauh dari pasti, yang mewakili hanya sebagian kecil dari total karyawan global perusahaan. Samsung memiliki lebih dari 267.000 karyawan di seluruh dunia, dengan 120.000 di Korea Selatan saja.

Tindakan buruh merupakan hal baru bagi Samsung, yang selama ini telah dituduh praktik anti-serikat. Mogok satu hari pada bulan Juni merupakan mogok kerja pertama yang dialami perusahaan tersebut.

MEMBACA  Ponsel Galaxy Samsung akan segera dapat digunakan sebagai webcam PC untuk Microsoft Teams.

Pengumuman kasus mogok NSEU datang saat Samsung mengadakan acara Unpacked terbarunya di Paris, yang melihat peluncuran perangkat pelacakan kesehatan Galaxy Ring, generasi baru ponsel lipat Galaxy Z, dan barisan baru smartwatch Galaxy, termasuk model Ultra terbaru.

Berlangganan newsletter Fortune Next to Lead untuk mendapatkan strategi mingguan tentang bagaimana mencapai kantor pusat. Daftar gratis.