Samsung akan meluncurkan Bixby yang ditingkatkan tahun ini dengan kecerdasan buatan miliknya sendiri

TM Roh, kepala divisi mobile Samsung, membahas fitur kecerdasan buatan sebagai bagian dari Galaxy AI di acara Galaxy Unpacked di Paris, Prancis pada 10 Juli 2024.

Arjun Kharpal | CNBC

PARIS — Samsung akan meluncurkan versi upgrade dari asisten suara Bixby tahun ini berdasarkan model kecerdasan buatan miliknya sendiri, kata kepala bisnis mobile perusahaan itu kepada CNBC.

Asisten digital kembali menjadi sorotan berkat popularitas ChatGPT dari OpenAI. TM Roh, kepala divisi mobile Samsung, mengatakan kepada CNBC bahwa perusahaan akan memperkenalkan Bixby yang lebih dikembangkan lagi tahun ini yang menggunakan model bahasa besar milik raksasa teknologi asal Korea Selatan itu, atau, LLM.

“Kami akan memajukan Bixby dengan penerapan teknologi Gen AI,” kata Roh dalam bahasa Korea melalui penerjemah.

Bixby diluncurkan pada tahun 2017 dengan smartphone Galaxy S8 milik Samsung. Asisten suara ini memiliki berbagai fungsi termasuk terjemahan langsung dan rekomendasi restoran. Alat Bixby Vision memungkinkan seseorang menggunakan kamera ponsel mereka untuk memindai apa pun yang ada di depan mereka dan kemudian Bixby akan menawarkan informasi tentang itu.

CNBC sebelumnya melaporkan bahwa Samsung sedang mengerjakan upgrade Bixby, tetapi ini adalah pertama kalinya perusahaan tersebut telah mengonfirmasi jadwal peluncurannya.

Gen AI, atau kecerdasan buatan generatif, mengacu pada kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan konten seperti jawaban atas pertanyaan atau gambar. Sebuah LLM adalah model kecerdasan buatan, yang dilatih dengan jumlah data yang sangat besar, yang mendasari kecerdasan buatan generatif.

Namun, Samsung akan tetap mempertahankan strateginya untuk memungkinkan beberapa asisten suara pada perangkatnya, kata Roh. Misalnya, asisten kecerdasan buatan milik Google tersedia pada perangkat terbaru Samsung.

MEMBACA  Jadwal Kereta Api Lokal Solo-Jogja Hari Ini, Jumat 1 Maret 2024, Periksa di Sini

Konfirmasi Roh terhadap upgrade Bixby-nya datang hanya sebulan setelah Apple mengumumkan bahwa asistennya Siri akan mendapatkan upgrade kecerdasan buatan. Siri akan dapat menggunakan ChatGPT dari OpenAI saat diperlukan untuk menjawab pertanyaan lebih banyak.

Upgrade Bixby adalah bagian dari dorongan lebih luas Samsung untuk memasarkan fitur kecerdasan buatan pada rangkaian perangkatnya. Pada hari Rabu, perusahaan meluncurkan dua perangkat lipat baru — Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 — dan memperkenalkan beberapa alat kecerdasan buatan baru dalam upaya untuk mendorong orang agar meng-upgrade ke ponsel pintar premium yang lebih banyak.

“Kami memperkuat dan membawa lebih banyak kemampuan kecerdasan buatan ke produk-produk kami,” kata Roh.

“Ketika konsumen menggunakan lebih banyak kemampuan kecerdasan buatan, mereka sebenarnya bisa merasakan kenyamanan dan manfaat yang mereka bawa. Saya sangat yakin bahwa kecerdasan buatan Galaxy ini, kecerdasan buatan mobile adalah motivasi dan pendorong yang kuat untuk pembelian produk baru.”