Orang Eropa menggunakan KTT NATO untuk membangun hubungan dengan afiliasi Donald Trump

Unlock newsletter US Election Countdown secara gratis

Delegasi Eropa ke pertemuan puncak pemimpin Nato di Washington pekan ini sedang mengadakan pertemuan dengan rekan kebijakan luar negeri dari Donald Trump, karena kecemasan meningkat di dalam aliansi militer tentang prospek kembali terpilihnya Presiden Joe Biden.

Biden tertinggal dalam jajak pendapat dan di bawah tekanan intens untuk mundur dari perlombaan ke Gedung Putih setelah penampilan debat yang buruk bulan lalu memicu kekhawatiran mendalam di partainya mengenai usianya dan kesesuaiannya untuk jabatan.

Pemimpin, menteri, dan pejabat senior dari beberapa pemerintahan Eropa, terutama dari pemerintahan Eropa Timur dan Nordik, telah mengatur pertemuan pekan ini dengan tokoh-tokoh terkait Trump seperti Keith Kellogg, mantan kepala staf di Dewan Keamanan Nasional, dan mantan sekretaris negara Mike Pompeo yang diketahui oleh orang yang akrab dengan upaya jangkauan tersebut kepada Financial Times.

Pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela pertemuan puncak Nato pekan ini, yang awalnya diiklankan sebagai kesempatan bagi tuan rumah Biden untuk menyajikan dirinya sebagai kepala aliansi barat yang bersatu, tetapi sekarang menjadi terlindungi oleh desakan dari anggota partainya agar dia meninggalkan kampanye kembali terpilihnya.

Trump, seorang kritikus Nato yang vokal, telah membuat banyak ibukota Eropa ketakutan dengan pernyataannya yang menunjukkan bahwa jika dia kembali memenangkan Gedung Putih pada November, AS mungkin tidak akan membela semua sekutu Nato-nya. Dia juga menimbulkan kemungkinan untuk menghentikan bantuan militer ke Ukraina jika Kyiv menolak perundingan perdamaian dengan Moskow.

Pada Selasa, Trump menuntut bahwa negara-negara Eropa memberikan sekitar $100 miliar kepada Ukraina untuk “menyeimbangkan” dukungan AS untuk Kyiv.

MEMBACA  Perusahaan Siyata Mobile mengamankan $2.2 juta dalam pesanan baru oleh Investing.com

Trump mengklaim kredit atas kekuatan Nato saat ini dalam unggahan di platform Truth Social-nya, mengatakan “miliaran dolar” mengalir ke aliansi setelah dia mendorong anggotanya untuk memberikan kontribusi lebih. Sekutu Nato juga tidak memikul beban mereka dengan Ukraina, katanya.

“Sekarang kita memiliki masalah yang sama. AS membayar sebagian besar uang untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Eropa setidaknya harus SEIMBANG! Mereka berutang lebih dari 100 miliar untuk melakukannya. Joe yang Curang bahkan tidak pernah meminta mereka untuk melakukannya,” tulisnya.

Negara-negara Eropa bersama-sama telah berkomitmen setidaknya €102 miliar untuk Ukraina sejak 2022, lebih dari alokasi AS sebesar €74 miliar, menurut Institut Kiel untuk Ekonomi Dunia. Uni Eropa pada Februari menyetujui paket tambahan €50 miliar.

Kedutaan asing di Washington semakin fokus untuk membangun kontak dalam kemungkinan pemerintahan Trump di masa depan seiring dengan memanasnya siklus pemilihan. Diplomat-diplomat itu waspada agar tidak terkejut setelah mereka terkejut dengan kemenangannya pada 2016.

“Terlepas dari apa yang kita pikirkan tentang sikap mereka [terhadap Eropa], kita perlu berbicara dengan mereka,” kata salah satu orang yang diberi informasi tentang jangkauan ke orang-orang terkait Trump, menambahkan bahwa membangun kontak sebelum November sekarang menjadi pendekatan yang masuk akal.

Banyak diplomat dan analis telah melihat ke America First Policy Institute, sebuah lembaga pemikir yang ramah Trump di mana Kellogg mengepalai program keamanannya, untuk sinyal-sinyal tentang bagaimana Trump mungkin memimpin dalam periode keduanya.

Kellogg mengatakan kepada FT dalam sebuah pernyataan: “Kami telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan berbagai perdana menteri, penasihat keamanan nasional, menteri pertahanan, menteri luar negeri, dan duta besar.”

Kellogg dan Fred Fleitz baru-baru ini menulis laporan yang menguraikan akhir perang Ukraina yang akan menekan Kyiv dan Moskow ke mejademi perundingan dan menciptakan kehebohan di Washington dan di ibu kota Eropa.

MEMBACA  Selandia Baru vs Afghanistan di Piala Dunia T20: Forma, pertemuan langsung, berita tim | Berita Piala Dunia T20 ICC untuk Pria

Dalam percakapan pribadi seputar pertemuan puncak, banyak pejabat Eropa telah menyuarakan kekesalan atas bagaimana kampanye pemilihan telah mengaburkan ambisi Nato untuk pertemuan, terutama mengingat ketidakmampuan mereka untuk mempengaruhi situasi yang pada akhirnya dapat memiliki dampak yang besar pada keamanan masa depan mereka.

“Masa depannya telah menyelubungi seluruh pekan ini,” kata seorang diplomat senior Eropa, merujuk pada kesehatan dan kandidat Biden. “Ini kacau.”