Indonesia siap menjadi tuan rumah acara olahraga internasional, kata menteri

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo telah menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah beberapa kejuaraan internasional pada tahun 2025. Dia mengatakan bahwa acara-acara ini termasuk World Surf League, World Rally Championship, World Abilitysport Games, Kejuaraan Dunia Senam, dan Ultimate Fighting Championship (UFC).

“Izin menggelar kejuaraan dunia yang biasa kami miliki, seperti MotoGP di Mandalika, Aquabike, dan Power Boat di Danau Toba, serta MXGP tahun depan juga akan terus diselenggarakan,” kata dia setelah pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada hari Selasa.

Ariotedjo mengatakan bahwa World Surf League 2025 akan diselenggarakan di tujuh lokasi, termasuk Bali dan Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, Kejuaraan Dunia Senam akan diadakan di Jakarta dan World Rally Championship di Sumatera Utara.

“UFC juga direncanakan akan debut di Indonesia pada tahun 2025. Seperti yang sudah diketahui, penyelenggara UFC telah mengunjungi Indonesia sejak akhir 2023,” tambahnya.

Ariotedjo mengatakan bahwa Indonesia juga siap menjadi tuan rumah World Abilitysport Games 2025, mirip dengan Paralimpiade, yang akan diikuti oleh peserta di kursi roda dari berbagai negara.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa penyelenggaraan acara olahraga internasional di Indonesia pada tahun 2025 harus berorientasi pada penguatan ekonomi masyarakat.

Dia mengatakan bahwa anggaran yang diperlukan untuk mengorganisir acara internasional di Indonesia tahun depan adalah Rp500 miliar hingga Rp1 triliun.

“Presiden meminta kami untuk mengadakan acara olahraga berkualitas dalam kerangka pariwisata olahraga. Acara internasional ini pasti mendorong ekonomi, tetapi harus diadakan seefisien dan seefektif mungkin,” katanya.

Mengacu pada pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah seri MotoGP di Mandalika, dia mengatakan potensi ekonomi yang dihasilkan dari acara itu mencapai Rp500 miliar.

MEMBACA  Jangan Makan 5 Rempah Ini saat Perut Kosong, Tidak Sehat untuk Ususmu

Berita terkait: MotoGP Indonesia mempromosikan Mandalika sebagai tujuan olahraga: Thohir
Berita terkait: Percaya Indonesia lolos ke Piala Dunia FIFA 2026: menteri

Translator: Andi Firdaus, Resinta Sulistiyandari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024