Michael Gove mengungkapkan rencana untuk meningkatkan pembangunan rumah di tanah bekas di Inggris.

Buka Akses Gratis ke Editor’s Digest

Michael Gove telah merinci kebijakan baru yang bertujuan untuk meningkatkan pasokan rumah di lahan bekas di kota-kota besar di Inggris, karena pemerintah menghadapi tekanan politik atas kegagalan mencapai target perumahan.

Sekretaris Penyamaan Peluang pada hari Selasa mengatakan departemennya akan berkonsultasi tentang proposal yang bertujuan untuk mempermudah izin untuk membangun di situs-situs yang sebelumnya dikembangkan di 20 kota terbesar di Inggris jika otoritas setempat tidak mencapai target perumahan.

Pemerintah juga akan berkonsultasi tentang perubahan untuk menghilangkan kendala perencanaan untuk “perluasan baru atau konversi loteng besar” di rumah-rumah yang sudah ada, dan memperkenalkan undang-undang yang memungkinkan lebih banyak bangunan komersial diubah menjadi properti residensial tanpa persetujuan perencanaan.

Gove mengatakan kebijakan baru ini akan “mengatasi kekurangan di kota-kota utama kami – di mana rumah-rumah baru sangat dibutuhkan”.

Pemerintah telah semakin mendapat tekanan untuk membuktikan bahwa mereka dapat mengatasi kurangnya pasokan persediaan perumahan yang telah berkontribusi pada kesulitan orang dalam membeli rumah, peningkatan rekor dalam biaya sewa, dan masalah tunawisma.

Tetapi Marc Vlessing, CEO Pocket Living, pengembang yang telah mendorong kebijakan baru untuk mempermudah pembangunan di situs perkotaan kecil, mengatakan: “Sulit sekali melihat bagaimana ini akan membuat perbedaan nyata… Ini hanya perbaikan kecil.”

Gove tetap setia pada target pemerintah untuk membangun 300.000 rumah baru setiap tahun di Inggris pada pertengahan 2020-an. Jumlah hunian baru bersih tetap sekitar 230.000 tahun lalu, menurut angka resmi.

Tahun lalu pemerintah memberikan konsesi kepada anggota parlemen Tory yang menentang pembangunan, termasuk melonggarkan aturan yang mengharuskan otoritas setempat memenuhi kebutuhan perumahan setempat mereka.

MEMBACA  Apple Watch menghilangkan fitur oksigen darah untuk menghindari larangan impor.

Gove telah fokus pada penyediaan rumah di lahan yang sebelumnya dikembangkan, yang dikenal sebagai situs “brownfield”, yang kurang sensitif secara politik daripada membangun di “lapangan hijau” atau daerah sabuk hijau. Namun, para ahli industri mengatakan bahwa bahkan jika lahan brownfield digunakan sepenuhnya, itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan perumahan jangka panjang.

Proposal yang diumumkan pada hari Selasa akan berarti otoritas perencanaan di 20 kota terbesar di Inggris “akan diwajibkan mengikuti ‘asumsi brownfield’, jika pembangunan rumah turun di bawah level yang diharapkan”, kata departemen tersebut.

Pemerintah mengatakan asumsi tersebut akan mempermudah mendapatkan izin untuk membangun di situs-situs ini. Namun, masih akan ada tantangan yang harus dihadapi oleh para pengembang.

Departemen tersebut mengatakan gagasan perubahan kebijakan ini berasal dari tinjauan rencana perumahan London yang Gove pesan akhir tahun lalu, dan akan dipublikasikan pada hari Selasa.