Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2024 Tersedia Hari Ini

loading…

Berikut adalah tata cara pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBP 2024 yang sudah dibuka hari ini, Selasa (13/2/2024). Foto/Puslapdik.

JAKARTA – Berikut adalah tata cara pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBP 2024 yang sudah dibuka hari ini, Selasa (13/2/2024). Pendaftaran KIP kuliah jalur prestasi ini akan ditutup pada 27 Februari 2024.

Pendaftaran program pembiayaan pemerintah untuk calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik dengan persyaratan ekonomi ini resmi dibuka hari ini.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2024 Dibuka Hari Ini, Berikut Persyaratannya

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa digunakan untuk calon mahasiswa jalur nasional seperti jalur prestasi (SNBP), jalur tes (SNBT), mandiri, dan juga calon mahasiswa di perguruan tinggi swasta.

Saat ini laman resmi KIP Kuliah sudah mengumumkan pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur SNBP 2024 sudah dibuka 13 Februari 2024 dan ditutup 27 Februari 2024. Prosesnya dimulai dengan pendaftaran akun siswa KIP Kuliah mulai 12 Februari 2024 hingga 31 Oktober 2024.

Baca juga: Berapa Minimal Gaji Orang Tua Buat Daftar KIP Kuliah 2024? Ini Penjelasannya

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah Merdeka untuk seluruh jalur masuk (SNBP, SNBT, dan Mandiri) dilakukan secara
online melalui laman KIP Kuliah Merdeka yaitu https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2024

1. Siswa secara mandiri melakukan Pendaftaran Akun di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif
3. Ketiga data di atas lalu akan divalidasi dulu oleh sistem KIP Kuliah. Jika berhasil maka sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang aktif.
4. Siswa masuk ke laman KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk
menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNBP/SNBT/Mandiri)
5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih melalui
jalur SNBP/SNBT/Mandiri;
6. Bagi calon penerima KIP Kuliah Merdeka yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, dapat dilakukan
verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah
Merdeka.

MEMBACA  Mampukah identitas perusahaan memperbaiki kekurangan Gen AI? Startup IAM ini berpikir begitu

Keunggulan KIP Kuliah adalah calon peserta akan dibebaskan dari biaya pendaftaran di seleksi masuk jalur UTBK SNBT yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau menerima program bantuan sosial sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 4/PMK.02/2023.

Baca juga: 4 Kategori Siswa yang Berhak Mendapatkan KIP Kuliah Tahun 2024, Siapa Saja?

Selain itu ada bantuan biaya pendidikan atau biaya kuliah yang akan dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi. Selain itu ada bantuan biaya hidup yang dihitung berdasarkan besaran indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi yang terbagi ke dalam 5 klaster.

5 klaster bantuan pendidikan KIP Kuliah 2024 itu tersebut terbagi atas besaran per bulannya yakni Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000.

Bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa itu sendiri untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun.

Demikian informasi mengenai persyaratan pendaftaran KIP Kuliah yang sudah dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP 2024. Segera lakukan pendaftaran ya.

(nnz)