Jika Anda Telah Menginvestasikan $1.000 dalam Saham Super Micro Computer 5 Tahun yang Lalu, Inilah Berapa Banyak yang Anda Miliki Hari Ini

Kinerja saham Super Micro Computer (NASDAQ: SMCI) selama setahun terakhir telah menarik perhatian para investor.

Perusahaan ini merakit server komputer untuk dijual, banyak di antaranya digunakan untuk menggerakkan aplikasi kecerdasan buatan (AI). Ledakan permintaan akan server-server ini membantu perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan (dan saham) yang cukup dikenal di bidang ini. Para investor yang membeli saham ini sejak awal telah melihat keuntungan besar.

Hal ini terutama terjadi pada investor yang membeli saham ini lima tahun yang lalu sebelum hype AI meningkat. Supermicro, seperti yang biasa disebut, adalah contoh terbaru bagaimana terobosan teknologi yang krusial dapat sepenuhnya mengubah sebuah perusahaan (dan sahamnya).

Kinerja lima tahun Supermicro

Investasi sebesar $1,000 dalam Supermicro lima tahun yang lalu akan bernilai $42,460 hari ini. Itu merupakan pengembalian tahunan rata-rata sebesar 112%!

Tetapi Supermicro telah ada lebih dari lima tahun. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1993 dan membutuhkan 14 tahun untuk meluncurkan penawaran saham perdana (IPO) pada tahun 2007. Pada tahun 2007, sedikit investor yang mungkin pernah mendengar tentang Supermicro. Antara IPO pada tahun 2007 dan 2019, harga sahamnya naik sekitar 174%. Pada akhir tahun 2019, sahamnya diperdagangkan seharga $24 per saham.

Perusahaan (dan sahamnya) mulai berkembang di tahun 2020-an, dengan harga saham Supermicro melonjak 240% dari 2020 hingga 2022 dan menyelesaikan tahun tersebut dengan harga $82.10. Titik parabolik datang pada tahun 2023 ketika para investor menemukan bahwa chip AI dari Nvidia mengisi server-servernya. Sejak awal tahun 2023, harga sahamnya naik sekitar 848%! Dan itu bahkan setelah penurunan harga sebesar 37% sejak pertengahan Maret!

Meskipun kenaikan harga sahamnya luar biasa, rasio harga-ke-laba (P/E) adalah 45, yang cukup masuk akal mengingat kinerja harga saham saham pertumbuhan tersebut.

MEMBACA  Xsolla Mengungkapkan Web Shop 2.0, Solusi Unggulan untuk Pembelian Online, untuk Mendorong Penjualan Langsung yang Menguntungkan bagi Pengembang Game

Supermicro adalah salah satu bintang dari gejolak AI saat ini. Kenaikan besar ini adalah bukti dari perpindahannya dari perusahaan server yang tidak dikenal menjadi saham AI yang menarik. Yang terbaik dari semuanya, para investor mungkin belum terlambat. Sentimen investor yang kuat dan rasio P/E yang relatif rendah menunjukkan bahwa Supermicro bisa terus menghasilkan pengembalian yang bisa didukung pasar.

Haruskah Anda menginvestasikan $1,000 dalam Super Micro Computer sekarang?

Sebelum Anda membeli saham Super Micro Computer, pertimbangkan hal ini:

Tim analis Motley Fool Stock Advisor baru saja mengidentifikasi apa yang mereka yakini sebagai 10 saham terbaik untuk para investor beli sekarang… dan Super Micro Computer bukan salah satunya. 10 saham yang masuk dalam daftar tersebut bisa menghasilkan pengembalian besar dalam beberapa tahun mendatang.

Pertimbangkan ketika Nvidia masuk dalam daftar ini pada 15 April 2005… jika Anda menginvestasikan $1,000 pada saat rekomendasi kami, Anda akan memiliki $740,688!

Stock Advisor memberikan para investor panduan yang mudah diikuti untuk sukses, termasuk panduan dalam membangun portofolio, pembaruan reguler dari para analis, dan dua rekomendasi saham baru setiap bulan. Layanan Stock Advisor telah lebih dari empat kali lipatkan pengembalian S&P 500 sejak tahun 2002.

Cerita berlanjut

Lihat 10 saham »*

*Pengembalian Stock Advisor per 3 Juni 2024

Will Healy tidak memiliki posisi dalam salah satu saham tersebut. Motley Fool memiliki posisi di dan merekomendasikan Nvidia. Motley Fool memiliki kebijakan pengungkapan.

Jika Anda telah menginvestasikan $1,000 dalam Saham Super Micro Computer 5 Tahun Lalu, Berikut Berapa Banyak yang Akan Anda Miliki Hari Ini aslinya diterbitkan oleh The Motley Fool