Yamaha NMax Turbo Siap Dirilis, Honda Bersiap Bertarung!

Prediksi motor Yamaha Nmax Turbo. FOTO/ Youtube A Nursalim

JAKARTA – Meskipun era kendaraan listrik telah dimulai, namun dengan Yamaha siap menghadirkan mesin turbo akan mengubah peta pasar sepeda motor. Hal ini terbukti bukan hanya Yamaha saja yang menyiapkan mesin turbo, akan tetapi saingan terberat Yamaha yakni Honda.

Seperti dilansir dari AMCN, Meskipun Honda belum menunjukkan prototipe atau mengumumkan rencana resmi, beberapa desain mesin supercharged telah muncul dalam paten selama beberapa tahun terakhir. Desain ini terutama berfokus pada mesin kembar paralel 1084cc yang digunakan pada Honda Africa Twin.

Berbeda dengan model H2 supercharged Kawasaki yang menggunakan supercharger sentrifugal dengan dorongan yang meningkat seiring putaran mesin, semua desain Honda menggunakan blower perpindahan positif. Blower ini menghasilkan dorongan yang relatif konstan dari idle hingga redline.

Perbedaan utama terletak pada cara kerja supercharger. Supercharger sentrifugal bekerja seperti kipas, di mana dorongan angin semakin kencang seiring putarannya. Sedangkan desain perpindahan positif lebih mirip pompa, di mana volume udara yang didorong tetap konstan pada setiap putaran.

Untuk motor seperti Africa Twin, torsi low-end yang dihasilkan oleh supercharger perpindahan positif akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan tenaga puncak yang lebih tinggi yang mungkin ditawarkan oleh supercharger sentrifugal atau turbocharger.

Berikut beberapa keuntungan potensial dari Honda Africa Twin supercharged:

Peningkatan torsi low-end: Supercharger perpindahan positif dapat memberikan torsi yang lebih besar pada putaran rendah, membuat motor lebih mudah dikendalikan di medan off-road dan meningkatkan akselerasi dari lampu merah.

Tenaga yang lebih besar: Supercharger dapat meningkatkan tenaga keseluruhan motor, membuatnya lebih bertenaga untuk melewati tanjakan atau mengangkut beban yang lebih berat.

MEMBACA  Motor China GWM Siap Memperkenalkan Motor 2.000cc 8 Silinder

Pengiriman tenaga yang lebih halus: Supercharger dapat menghasilkan pengiriman tenaga yang lebih halus dan linear dibandingkan dengan mesin naturally aspirated, memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.