Harga Konsumen Diperkirakan Tetap Stabil Saat Fed Menimbang Dampak Inflasi ‘Bergelombang’ pada Jalur Suku Bunga

Pada hari Rabu, para investor akan mencerna salah satu data paling penting yang akan membentuk kebijakan suku bunga Federal Reserve di masa depan: Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Mei.

Laporan inflasi, yang akan dirilis pukul 8:30 pagi ET, akan datang tepat sebelum keputusan kebijakan bank sentral pada pukul 2 siang ET. Diperkirakan akan menunjukkan inflasi headline sebesar 3,4%, sesuai dengan kenaikan harga tahunan bulan April, menurut perkiraan dari Bloomberg.

Dalam satu bulan sebelumnya, harga konsumen diperkirakan telah naik 0,1%, melambat dari kenaikan bulan April sebesar 0,3% secara bulanan. Hal ini juga akan menjadi kenaikan bulanan terkecil sejak Oktober 2023.

Penurunan harga energi kemungkinan akan memberikan tekanan turun lebih lanjut pada CPI headline, menurut Bank of America.

\”Harga energi kemungkinan turun pada bulan Mei secara musiman karena penurunan harga bensin. Hal ini kemungkinan merupakan kelegaan bagi konsumen setelah harga bensin mengalami kenaikan pada bulan April dan Maret,\” tulis ekonom BofA Stephen Juneau dan Michael Gapen dalam sebuah catatan kepada klien minggu lalu. \”Dengan harga minyak mentah turun, harga bensin kemungkinan akan terus menurun dalam jangka pendek.\”

Dalam basis \”core\”, yang menghilangkan biaya yang lebih volatile seperti makanan dan bensin, harga bulan Mei diperkirakan telah naik 3,5% dibandingkan tahun lalu – sedikit melambat dari kenaikan tahunan sebesar 3,6% yang terlihat pada bulan April, menurut data Bloomberg.

Harga core diperkirakan telah naik 0,3% secara bulanan pada bulan Mei, sesuai dengan bulan April.

Inflasi core telah tetap tinggi karena biaya tempat tinggal yang lebih tinggi dan layanan inti seperti asuransi dan perawatan medis. Namun, BofA mengharapkan kategori-kategori tersebut \”melangkah sedikit ke arah yang benar.\”

MEMBACA  Minyak turun untuk sesi keempat berturut-turut akibat kekhawatiran inflasi di AS menurut Reuters

\”Inflasi tempat tinggal kemungkinan sedikit lebih kuat bulan ini karena kenaikan harga penginapan di luar rumah,\” kata Juneau dan Gapen. \”Namun, layanan inti di luar tempat tinggal seharusnya menunjukkan sedikit moderasi karena kami mengharapkan kenaikan yang lebih lembut dalam beberapa kategori layanan.\”

Seiring waktu, para ekonom mengatakan mereka \”mengharapkan kemajuan yang lebih signifikan pada inflasi layanan,\” berkat moderasi dalam asuransi kendaraan bermotor, sewa, dan sewa setara pemilik. Sewa setara pemilik adalah sewa hipotetis yang akan dibayar oleh pemilik rumah untuk properti yang sama.

Tim di Goldman Sachs, yang dipimpin oleh Jan Hatzius, setuju bahwa \”penurunan inflasi lebih lanjut\” masih dalam proses tahun ini, mengutip \”penyeimbangan di pasar otomotif, sewa perumahan, dan pasar tenaga kerja.\”

Namun, \”kami mengharapkan kompensasi dari inflasi pengejaran dalam perawatan kesehatan dan asuransi mobil serta dari pertumbuhan sewa rumah satu keluarga yang terus melampaui pertumbuhan sewa multifamily.\”

Goldman memperkirakan inflasi core CPI tahunan sebesar 3,5% dan inflasi PCE core sebesar 2,8% pada Desember 2024.

Ketua Federal Reserve Board Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers di Federal Reserve di Washington, 1 Mei 2024. (AP Photo/Susan Walsh, File) (ASSOCIATED PRESS)

Inflasi telah tetap tinggi di atas target 2% Federal Reserve secara tahunan. Dan meskipun laporan CPI ini tidak akan memiliki efek yang berlebihan pada keputusan Fed yang akan datang, waktu peluncurannya mungkin menambahkan lebih banyak spektakel di sekitar rilisnya.

Pejabat Fed telah mengategorikan jalur turun ke 2% sebagai \”berliku-liku,\” sementara data ekonomi terkini lainnya telah memperkuat narasi Fed yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama mengenai jalur suku bunga.

MEMBACA  Atikoh Ganjar Diungkapkan Curhat Emak-emak saat Berkeliling di Pasar Tempel Way Dadi

Pada hari Jumat, Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan pasar tenaga kerja menambahkan 272.000 pekerja nonfarm bulan lalu, jauh lebih banyak dari tambahan 180.000 yang diharapkan oleh para ekonom. Upah juga melampaui perkiraan sebesar 4,1%, meskipun tingkat pengangguran naik sedikit menjadi 4% dari 3,9%.

Secara khusus, pengukuran inflasi yang lebih disukai oleh Fed, indeks harga PCE inti, tetap stabil. Perubahan tahunan dalam PCE inti, yang closely watched oleh Fed, tetap pada 2,8% untuk bulan April, sesuai dengan Maret.

\”Jika laporan sesuai dengan harapan kami, kami akan mempertahankan harapan kami bahwa Fed akan melakukan pemotongan satu kali tahun ini pada bulan Desember,\” kata BofA. \”Kami merasa tidak mungkin data inflasi akan cukup melunak dalam beberapa bulan mendatang untuk memungkinkan Fed melakukan pemotongan sebelum Desember. Risiko utama untuk pemotongan lebih awal adalah perlambatan pertumbuhan lapangan kerja yang lebih cepat dari yang kami proyeksikan atau penurunan inflasi tempat tinggal yang lebih tajam.\”

Investor sekarang mengantisipasi rentang satu hingga dua pemotongan 25 basis poin pada 2024, turun dari enam pemotongan yang diharapkan pada awal tahun, menurut data Bloomberg.

Hingga hari Selasa, pasar memperkirakan sekitar 48% kemungkinan Federal Reserve mulai memotong suku bunga pada pertemuan bulan September, menurut data dari CME Group.

Alexandra Canal adalah Senior Reporter di Yahoo Finance. Ikuti dia di X @allie_canal, LinkedIn, dan kirim email ke [email protected].

Klik di sini untuk berita terbaru pasar saham dan analisis mendalam, termasuk acara yang mempengaruhi saham

Baca berita keuangan dan bisnis terbaru dari Yahoo Finance