Diamondback Energy Setuju Membeli Endeavor dalam Transaksi Minyak AS senilai $26 miliar

Stay informed with free updates
Simply sign up to the Oil & Gas industry myFT Digest — delivered directly to your inbox.

Diamondback Energy telah setuju untuk membeli Endeavor Energy Resources dalam sebuah kesepakatan senilai $26 miliar, mengalahkan ConocoPhillips dalam perlombaan untuk salah satu produsen minyak swasta paling dicari di Amerika. Merger ini, yang diumumkan pada hari Senin, akan mengubah Diamondback yang berbasis di Midland menjadi salah satu pemain terbesar di daerah Permian Basin yang luas di Texas dan New Mexico, ladang minyak terbesar di AS. Diamondback, yang memiliki nilai sekitar $27 miliar, telah bersaing selama beberapa minggu dengan Conoco yang jauh lebih besar untuk membeli produsen minyak serpih tersebut.

Kesepakatan ini adalah yang terbaru dalam serangkaian aktivitas merger dan akuisisi skala besar di wilayah shale AS ketika perusahaan-perusahaan mencari untuk mendapatkan lahan pengeboran terbaik yang tersisa. ExxonMobil mengumumkan pada bulan Oktober kesepakatan senilai $60 miliar untuk membeli Pioneer Natural Resources, pemain terbesar di Permian. Ini diikuti dengan pengumuman Chevron beberapa waktu kemudian tentang akuisisi senilai $53 miliar terhadap Hess, yang memiliki aset di shale Bakken North Dakota dan saham dalam penemuan minyak terbesar dalam dekade terakhir, di lepas pantai Guyana, Amerika Selatan. Bulan lalu, Chesapeake Energy setuju untuk membeli Southwestern Energy senilai $7,4 miliar untuk menciptakan produsen gas alam terbesar di negara ini.

Endeavor didirikan oleh miliarder Autry Stephens pada tahun 2000, muncul dari bisnis yang ia bangun dari sebuah rig tunggal pada tahun 1979. Bersama dengan CrownRock dan Mewbourne Oil, perusahaan ini tumbuh menjadi salah satu operator swasta terkemuka di negara ini. Perusahaan ini telah berada di pasar secara intermittently selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada calon pembeli yang pernah menawarkan jumlah yang cukup untuk memuaskan Stephens.

MEMBACA  Capital One setuju untuk membeli Discover Financial seharga $35 miliar

Seperti pemain swasta lainnya, Endeavor telah meningkatkan produksi secara tajam dalam beberapa tahun terakhir ketika pesaing publik menahan diri dalam pengeboran di bawah tekanan dari Wall Street untuk mengembalikan uang kepada pemegang saham. Pada akhir tahun lalu, perusahaan ini memproduksi sekitar 400.000 barel setara minyak per hari, lebih banyak daripada banyak pemain publik.

Lonjakan produksi dari kelompok minyak swasta seperti Endeavor telah membantu mendorong produksi AS ke level rekor. Negara ini memompa 13,3 juta barel minyak per hari pada bulan November, bulan terakhir untuk data yang tersedia dari Energy Information Administration, lebih banyak daripada negara lain dalam sejarah.