Pameran Seni Internasional Pemuda “Future World” 2024 Berakhir Sukses di Tajikistan

Dushanbe, Tajikistan, (ANTARA/PRNewswire)- Pameran Seni Internasional Pemuda 2024 “Dunia Masa Depan” resmi diresmikan di Museum Nasional Tajikistan di Dushanbe. Acara ini, yang diselenggarakan oleh Komite Urusan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Tajikistan, Pusat Komunikasi Antarbenua China dari Kantor Informasi Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok, dan Pusat Media Kementerian Luar Negeri Tajikistan, dijadwalkan oleh Yunnan SCO Culture and Sports Co., Ltd., Shanghai Art Fair International Exhibition Co., Ltd., dan Komite Penyelenggara Pameran Seni Internasional Pemuda “Dunia Masa Depan”. Acara ini mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Tajikistan di Tiongkok, Kedutaan Besar Tiongkok di Tajikistan, dan UNESCO. Tujuannya adalah untuk membangun jembatan bagi pertukaran pemuda di antara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), mempromosikan pemahaman tentang keberagaman budaya, dan memperdalam pengetahuan tentang Tiongkok di kalangan pemuda global melalui kreasi seni.

Tamu terhormat, termasuk Safarzoda Anvar dari pemerintah Tajik; Ji Shumin, Duta Besar Tiongkok untuk Tajikistan; Gulahamzoda Zulfikar Ahmad, Ketua Komite Urusan Pemuda dan Olahraga Tajikistan; Rekan dari Biro Kerja Sama Internasional Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok; dan Ahmedzoda Zolfia Kabir, Wakil Presiden Akademi Presiden Tajikistan, bersama dengan lebih dari 800 peserta, ikut serta dalam acara tersebut.

Pameran Lukisan “Dunia Masa Depan”: Memamerkan Kreativitas Pemuda

Sebelum upacara pembukaan, tamu dan perwakilan media mengunjungi Pameran Lukisan “Dunia Masa Depan”. Pameran ini menampilkan lebih dari 200 karya seni dari seniman muda dari 26 negara, menggabungkan format fisik dan digital. Bagian-bagian termasuk “Keluarga SCO,” “Sungai Peradaban,” “Menerangi Teknologi,” “Hidup Tanpa Batas,” dan “Olimpiade Makmur.” Seniman muda mengekspresikan wawasan dan kreativitas mereka yang unik tentang topik seperti perdamaian, ekologi, pembangunan, dan peradaban, menyampaikan visi tentang dunia masa depan yang lebih baik. Perwakilan pemuda Tajikistan memandu audiens melalui pameran, berbagi cerita dan inspirasi di balik karya seni.

MEMBACA  Amin Berbagi Pengalaman di Kantor dengan Wakil Presiden Terpilih

Upacara Pembukaan dan Pertunjukan Budaya: Sebuah Perayaan Pemuda dan Seni

Pada upacara pembukaan, Zafarsho Ibrohimzoda, Direktur Museum Nasional Tajikistan, menyambut peserta, menekankan bahwa ini merupakan salah satu acara paling penting yang pernah diadakan di museum ini. Safarzoda Anvar menekankan hubungan jangka panjang antara Tajikistan dan Tiongkok, mencatat bahwa acara ini memberikan dasar yang kokoh untuk pertukaran seni dan budaya lebih lanjut. Gulahamzoda Zulfikar Ahmad berbicara tentang perkembangan kuat hubungan Tajik-Tiongkok selama tiga dekade terakhir, menyatakan bahwa pemuda adalah kekuatan besar untuk kemajuan nasional, dan penyelenggaraan sukses pameran “Dunia Masa Depan” menandai lebih lanjut dalam kerjasama dalam pengembangan pemuda.

Duta Besar Ji Shumin mencatat bahwa pertukaran budaya pemuda yang berkelanjutan disebabkan oleh perhatian tinggi yang diberikan kepada pekerjaan pemuda oleh para pemimpin dan pemerintah kedua negara, berdasarkan sejarah kerjasama persahabatan yang panjang. Dia menyatakan harapannya bahwa generasi muda ini, yang hidup di era emas hubungan Tajik-Tiongkok, akan memberikan kontribusi positif untuk kerja sama persahabatan antara kedua negara. Rekan dari Biro Kerja Sama Internasional Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok, menekankan bahwa pemuda adalah saksi dan pelopor masa depan. Dia menyoroti bahwa pameran “Dunia Masa Depan”, yang diselenggarakan menjelang KTT SCO, berfungsi sebagai jembatan komunikasi dan pemahaman di antara pemuda negara anggota SCO, khususnya antara Tiongkok dan Tajikistan.

Setelah pidato, pertunjukan budaya yang penuh warna yang diciptakan bersama oleh pemuda Tiongkok dan Tajikistan menjadi pusat perhatian. Pertunjukan termasuk musik instrumental tradisional Tajik, tarian rakyat, dan lagu solo, memperlihatkan warisan budaya Tajikistan yang kaya. Pemuda Tiongkok memukau audiens dengan tarian solo berjudul “Hujan di Hutan Bambu,” pertunjukan seni bela diri “Alam Semesta Dinamis,” dan tarian kelompok “Dua Belas Bintang Chang’an,” yang mendapat tepuk tangan meriah dari audiens. Pertunjukan ini menyoroti bakat dan kreativitas pemuda sambil mengungkapkan aspirasi dan harapan mereka untuk masa depan.

MEMBACA  Doakan Haji 2024 Sukses, Santri dan Alumni MCH Mengadakan Khataman Al Quran Selama 5 Hari

“Reading SCO, Cultural Creative Fair”: Sebuah Pesta Budaya dan Inovasi

“Reading SCO, Cultural Creative Fair” juga memberikan pengalaman budaya yang unik bagi audiens. Pameran buku menampilkan berbagai buku budaya Tiongkok yang menarik dan informatif, pengalaman membaca interaktif, dan produk media baru. Buku seperti “Bahasa Musik” memperkenalkan anak-anak pada musik, dan “Xinjiang Travelogue” karya penulis Kirgiz Aydarbek Salmanbetov menarik perhatian luas dengan presentasinya yang trilingual dalam bahasa Tionghoa, Rusia, dan Kirgiz. Produk budaya dan kreatif di pameran, termasuk kotak-kotak buta bertema, magnet kulkas, dan cermin tembaga, sangat populer di kalangan pemuda, yang menikmati pengalaman langsung seperti arkeologi dan polesan cermin.

Proyek Pameran Seni Internasional Pemuda “Dunia Masa Depan” diinisiasi oleh China Intercontinental Communication Center pada tahun 2023. Sejak awal, telah berhasil menyelenggarakan dua pameran di markas besar UNESCO selama Festival Film Internasional “Warisan Sinematik” pada November 2023 dan Simposium Global tentang Konsep Dialog Antarbudaya dan Pembelajaran Bersama pada April 2024. Acara ini secara bertahap menjadi acara artistik tingkat tinggi dengan kategori yang luas, diakui oleh pemuda, dan memiliki pengaruh internasional yang signifikan.

Penyelenggaraan sukses Pameran Seni Internasional Pemuda “Dunia Masa Depan” 2024 tidak hanya memamerkan bakat seni pemuda tetapi juga memperdalam pemahaman dan persahabatan antara pemuda China dan Tajikistan, menyuntikkan vitalitas baru ke dalam pertukaran budaya SCO. Di masa depan, “Dunia Masa Depan” akan terus mempromosikan pertukaran dan kerjasama budaya pemuda global, memungkinkan lebih banyak pemuda untuk meningkatkan dialog melalui bahasa seni dan berkontribusi untuk membangun dunia masa depan yang damai, makmur, dan beragam.

Sumber: China Intercontinental Communication Center

Reporter: PR Wire
Editor: PR Wire
Hak Cipta © ANTARA 2024

MEMBACA  Tuduhan kerusuhan Kai Cenat dibatalkan setelah berjanji membayar untuk acara pembagian di Union Square yang berakhir buruk.