Kinerja manufaktur yang ditingkatkan dapat meningkatkan ekonomi regional

Industri Manufaktur dan Dampaknya pada Peningkatan Pendapatan Daerah

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa peningkatan kinerja industri manufaktur memiliki dampak langsung pada peningkatan pendapatan daerah. “Industri manufaktur harus dikelola dengan baik bersama-sama agar pertumbuhannya dapat terus meningkat. Industri manufaktur juga meningkatkan ekonomi regional dan nasional,” jelasnya di Jakarta pada hari Kamis.

Beliau mengatakan bahwa daerah-daerah yang pendapatannya mengalami peningkatan signifikan termasuk Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada kuartal pertama 2024, sektor manufaktur menyumbang 34,99 persen terhadap ekonomi Jawa Tengah, mencatat pertumbuhan sebesar 1,79 persen year on year. Sementara itu, di Yogyakarta, sektor ini menyumbang 12,07 persen terhadap ekonomi, naik 5,02 persen year on year.

Menurut Kartasasmita, kinerja baik sektor manufaktur terkait dengan dukungan dari sumber daya manusia yang kompeten, yang dapat memastikan bahwa produktivitas dan daya saing sektor terus meningkat.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Industri, Masrokhan, mengatakan bahwa untuk meningkatkan sumber daya manusia industri di dua daerah tersebut, kementerian mengadakan Pameran Vokasi Industri untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta di Surakarta pada 16-17 Mei 2024. Dia menambahkan bahwa acara tersebut diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompeten untuk mewujudkan industri yang kuat dan kompetitif.

“Pada Pameran Vokasi Industri, telah ditandatangani 29 nota kesepahaman kerja sama untuk memperkuat sinergi dalam membangun pendidikan vokasi industri,” katanya.

Menurut data Kementerian Perindustrian, industri manufaktur menyerap 19,35 juta pekerja per Agustus 2023, atau 13,83 persen dari total penduduk usia kerja. Indonesia juga termasuk dalam 10 besar kontributor produk manufaktur dunia, menjadikannya kekuatan manufaktur di ASEAN.

Berita terkait: Jokowi berharap bandara terbaru Gorontalo meningkatkan ekonomi regional
Berita terkait: Tiga langkah untuk mengantisipasi dampak tahun politik pada ekonomi: Jokowi
Berita terkait: Investasi hulu minyak dan gas bisa mendongkrak ekonomi regional: menteri

MEMBACA  BP2MI meningkatkan koordinasi terhadap WNI yang hilang di Korea Selatan

Translator: Ahmad Muzdaffar, Raka Adji
Editor: Azis Kurmala
Hak cipta © ANTARA 2024