Toko Aplikasi Alternatif Segera Hadir di iPhone di UE

Undang-Undang Pasar Digital (DMA) resmi mulai berlaku di UE bulan lalu. Itu berarti Big Tech harus mulai mematuhi regulasi baru ini yang bertujuan untuk memacu persaingan di platform inti perusahaan-perusahaan ini.

Dalam kasus Apple, salah satu hasil terbesar dari DMA adalah mengizinkan “pasar alternatif,” secara dasarnya pesaing App Store, di iPhone.

Apa yang akan datang bagi pengguna iPhone di UE

Seperti yang ditunjukkan oleh The Verge, saat ini hanya ada satu pasar alternatif pihak ketiga di iOS yang pengguna di UE dapat unduh saat ini — pasar bisnis ke bisnis untuk perusahaan mendistribusikan aplikasi internal mereka sendiri yang disebut Mobivention.

Namun, masih banyak lagi yang akan datang.

Epic Games, perusahaan di balik game Battle Royale yang sangat populer, Fortnite, telah membagikan rencananya untuk segera meluncurkan pasar alternatif mereka sendiri di iPhone.

Selain itu, Epic Games telah mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan model distribusi ini untuk mengembalikan Fortnite ke iOS bagi pengguna di UE. Game tersebut telah hilang dari App Store Apple selama hampir empat tahun setelah pengembang Fortnite dan pembuat iPhone tersebut mengalami perselisihan publik yang sangat terkenal terkait biaya App Store dan model bagi hasil.

SetApp oleh MacPaw juga akan datang ke iPhone di UE. Pengguna Mac mungkin sudah familiar dengan SetApp, semacam Netflix untuk aplikasi Mac. Layanan langganan ini mengenakan biaya $9,99 per bulan dan memungkinkan pengguna mengunduh dan menggunakan salah satu dari lebih dari 200 aplikasi Mac pihak ketiga yang menjadi bagian dari programnya selama mereka berlangganan. SetApp berencana membawa layanan langganan iOS serupa ke iPhone melalui pasar alternatifnya.

MEMBACA  Penawaran aplikasi Microsoft Office terbaik: diskon 82%

Namun, seperti yang dicatat oleh TechCrunch dan The Verge, pasar alternatif bernama AltStore kemungkinan akan menjadi yang pertama tiba di iPhone.

AltStore, oleh pengembang Riley Testut, telah ada selama bertahun-tahun sebagai “pasar alternatif” sebelum konsep tersebut secara resmi ada. Testut menemukan cara untuk mengizinkan pengguna iPhone di seluruh dunia untuk memasang AltStore, secara dasarnya menginstalnya langsung ke perangkat mereka melalui PC atau Mac mereka. Testut menemukan cara kreatif untuk membuat pasar alternatif App Store publiknya berfungsi di iPhone tanpa didistribusikan melalui App Store resmi Apple, dengan cara yang mirip dengan cara bisnis menginstal dan menggunakan aplikasi perusahaan internal di perangkat iOS karyawan.

AltStore dilengkapi dengan aplikasi pra-instal seperti Delta, emulator Nintendo Testut dan contoh sempurna dari aplikasi yang kemungkinan besar tidak akan pernah disetujui oleh Apple untuk didistribusikan di App Store.

AltStore Testut saat ini sedang menjalani proses tinjauan pasar alternatif Apple dan akan siap diluncurkan segera setelah Apple menyetujui AltStore.

Setelah Apple menyetujui, AltStore akan tersedia untuk diunduh “resmi” di UE. Pasar alternatif ini akan memiliki dua aplikasi siap digunakan saat diluncurkan: emulator game Delta yang disebutkan sebelumnya, yang akan tersedia secara gratis, dan manajer clipboard yang disebut Clip.

Testut akan meminta pengguna membayar biaya kecil untuk Clip, dan tampaknya bahwa aplikasi ini akan digunakan untuk menguji model langganan aplikasi seluler yang sangat baru dan unik. Menurut Testut, pengguna akan membayar Clip melalui sumbangan $1 atau lebih melalui platform monetisasi pencipta Patreon.

Patreon memungkinkan pencipta menyiapkan model langganan agar para pengikutnya dapat membayar biaya bulanan untuk konten eksklusif. Menurut Testut, AltStore akan memiliki Patreon terintegrasi langsung ke dalamnya sebagai platform pembayaran untuk aplikasi berbayar. Jika semuanya berjalan lancar, Testut berencana mengizinkan pengembang lain mendistribusikan aplikasi mereka sendiri di AltStore dan memonetisasi mereka menggunakan model sumbangan Patreon

MEMBACA  Bagaimana iPhone yang Didukung oleh Kecerdasan Buatan Gemini dari Google Bekerja

Satu hal yang menghambat lebih banyak pasar alternatif

Dengan DMA berlaku selama sekitar sebulan sekarang, mungkin terasa mengejutkan bahwa kita belum melihat banjir pasar alternatif yang dibuka di iPhone bagi pengguna UE.

Namun, ada alasan bagus mengapa kita belum melihat hal itu.

Saat mengumumkan pasar alternatif, Apple juga memperkenalkan biaya “Teknologi Inti” baru untuk pengembang yang ingin mendistribusikan melalui pesaing App Store ini. Alih-alih membayar 15 hingga 30 persen dari pendapatan aplikasi kepada Apple seperti yang mereka lakukan di App Store, pengembang sekarang akan membayar €0,50 untuk setiap instalasi tahunan pertama aplikasi mereka di atas 1 juta unduhan. Ini termasuk aplikasi gratis, yang berarti bahwa pengembang yang membuat aplikasi gratis yang sangat populer dapat berutang uang kepada Apple atas unduhan tersebut — biaya bisnis yang sebelumnya tidak ada di App Store resmi Apple. Dan setiap pengembang yang ingin mendistribusikan aplikasi melalui pasar alternatif harus mematuhi syarat baru Apple yang termasuk biaya ini.

UE sedang menyelidiki Apple atas syarat dan biaya baru ini untuk melihat apakah mereka benar-benar melanggar DMA.

Jadi, kita pasti akan segera melihat sejumlah pasar alternatif di iPhone di UE. Tetapi berdasarkan hasil penyelidikan UE tersebut, kita harus menunggu dan melihat berapa banyak yang benar-benar muncul.