Kolaborasi Jamkrindo dalam Program Kebun Gizi

Kamis, 04 April 2024 – 03:10 WIB

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk membantu memenuhi gizi masyarakat di Desa Bajur, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Foto dok Jamjrindo

jpnn.com, LOMBOK – PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) bekerja sama dengan Rumah Zakat berkolaborasi dalam program kebun gizi untuk membantu memenuhi gizi masyarakat di Desa Bajur, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Kelembagaan dan Layanan Jamkrindo Abdul Bari mengatakan program kebun gizi ini sangat penting dalam membangun ketahanan pangan nasional.

“Semoga dengan adanya program ini dapat membantu program pemerintah dalam memprioritaskan peningkatan ketersediaan akses, serta kualitas konsumsi pangan, sehingga kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan dapat dirasakan manfaatnya langsung di masyarakat” ujar Bari.

Program yang dilakukan oleh Jamkrindo dan Rumah Zakat ini melibatkan peran aktif masyarakat desa, di mana masyarakat desa akan mendapatkan pendampingan sejak awal hingga nanti panen, termasuk penyediaan green house, bibit dan kebutuhan lainnya.

“Proses implementasi kebun gizi melibatkan masyarakat setempat yang dari awal sampai masa panen, sehingga ilmu yang diperoleh harapannya dapat dibagikan dan dilanjutkan untuk masyarakat yang lebih luas,” tutur Bari.

Chief Program officer Rumah Zakat Muhammad Sobirin mengungkapkan dalam program ini pangan yang ditanam ialah melon.

Pemilihan melon dirasa sangat tepat mengingat masa panen melon yang relatif singkat, memanfaatkan lahan terbatas secara efisien dan harga melon yang relatif tinggi di pasaran.

“Buah melon memiliki nilai tambah produk, Buah melon dapat diolah menjadi produk makanan dan minuman yang bernilai tambah seperti jus, sirup, manisan, dan suplemen makanan. Hal ini dapat meningkatkan nilai tambah produk dan meningkatkan potensi pasar bagi petani melon,” terangnya.

MEMBACA  Polres Siak Meningkatkan Kekompakan dengan KPU dan Bawaslu untuk Pemilu yang Aman dan Damai.

Untuk kesuksesan program, Jamkrindo dan rumah zakat melibatkan berbagai pihak unsur desa antara lain kepala dusun, tokoh masyarakat, kader posyandu, kader gizi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News